Analisis Minat Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Atletik Lari Sprint Kabupaten Bima
Abstract
Hasil penelitian menunjukan bahwa minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atletik kelas III, IV, V, VI SDN Inpres Diha berada pada kategori sedang. Adapun metode yang digunakan pada penelititian ini yaitu analisis instrumen observasi serta instrumen angket yang di isi oleh siswa yang dimana kedua instrumen ini menggunakan skala likert. Dalam penelitian ini memfokuskan pada minat siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler lari jarak pendek. Berdasarkan hasil pengisian angket ditemukan siswa yang berada pada kategori tinggi sebanyak 42%, kategori sedang sebanyak 57% sementara kategori rendah 0%. Sedangkan hasil pengisian instrumen observasi diperoleh siswa yang berada pada kategori tinggi sebanyak 14%, kategori sedang sebanyak 85% dan kategori rendah 0%.
References
Astuti, L. S. (2017). Penguasaan Konsep IPA Ditinjau dari Konsep Diri dan Minat Belajar Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 40–48. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1293
Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia. Publikasi Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270
Dzulfikri, A., & Kusworo, B. (2017). Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa di Surabaya. JKMP (Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik), 5(2), 183–200. https://doi.org/10.21070/jkmp.v5i2.1310
Nopiyanto, Y. E., Syafrial, S., & Sihombing, S. (2019). Hubungan Panjang Tungkai Dan Daya Ledak Otot Tungkai Dengan Hasil Lari Sprint 100 Meter. Kinestetik, 3(2), 256–261. https://doi.org/10.33369/jk.v3i2.9012
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Prativi, G. O , Soegiyanto, S. (2013). Pengaruh Aktivitas Olahraga Terhadap Kebugaran Jasmani. Journal of Sport Sciences and Fitness, 2(3), 32–36.
Rufaidah, A. (2015). PENGARUH INTELEGENSI DAN MINAT SISWA TERHADAP PUTUSAN PEMILIHAN JURUSAN. II(2), 139–146.
Salahudin, S., Subhan, S., & Mariamah, M. (2022). KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Indonesian Journal of Education and Learning, 5(2), 90–98.
Sari, M., Rachman, H., Juli Astuti, N., Win Afgani, M., & Abdullah Siroj, R. (2022). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 10–16. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1953
Suhaedi, D. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint 60 Meter Melalui Pendekatan Bermain Dengan Alat. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(2), 64. https://doi.org/10.33222/juara.v1i2.20
Suherman, Adang & Bahagia, Y. (2012). Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga.
Sustiyo Wandi Tri Nurharsono, A. R. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga Di Sma Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524–535.
Udin, S., & M.Or, I. (2020). Pengaruh Latihan Lari Angkat Paha Terhadap Prestasi Lari Sprint 100 Meter Pada Siswa Putra Kelas Viii Smp Negeri 3 Woha Kabupaten Bima. JSES : Journal of Sport and Exercise Science, 3(1), 09. https://doi.org/10.26740/jses.v3n1.p09-13
Zakiyah, Q. Y., & Munawaroh, I. S. (2018). Manajemen Ekstrakurikuler Madrasah. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 3(1), 41–51. https://doi.org/10.15575/isema.v3i1.3281
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.