Hubungan Keterampilan Motorik, Teknik Dasar Futsal dengan Motivasi Beprestasi
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpo.v13i2.1136Keywords:
Keterampilan Motorik, Teknik Dasar Futsal, Motivasi Berprestasi, Ekstrakurikuler FutsalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan motorik, teknik dasar futsal dengan motivasi berprestasi siswa pada ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 4 Samarinda. Desain penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan desain korelasional dimana penelitian ini mencari hubungan antara keterampilan motorik, teknik dasar futsal dengan motivasi berprestasi siswa pada ekstrakurikuler di SMP Negeri 4 Samarinda. dengan menggunakan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan dengan kriteria 30 anggota ekstrakurikuler di SMP Negeri 4 Samarinda. Dari hasil penilitian tersebut dapat peneliti simpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan motorik dengan motivasi berprestasi bagi siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 4 Samarinda dan tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara teknik dasar futsal dengan motivasi berprestasi bagi siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 4 Samarinda.
References
Darussalam, I. (2023). Hubungan Keterampilan Motorik, Teknik Dasar Futsal dengan Motivasi Berprestasi Siswa Ekstrakurikuler Futsal di SMP Negeri 4 Samarinda.
Endrawan, I. B., Satriawan, R., & Amar, K. (2020). The Relationship of Running Agility and Speed with the Ability to Dribble the Student Participants in the Extracurricular Futsal Activities. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 8(2011), 68–72. https://doi.org/10.13189/saj.2020.080712
Ishak, M., Hasmarita, S., & Anugrah, C. S. (2022). TINGKAT KETERAMPILAN DASAR BERMAIN FUTSAL PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Holistic Journal of Sport Education, 2(1), 10–20.
Komarudin, K. (2018). Tingkat Kemampuan Motorik Siswa Peserta Ekstrakurikuler Futsal di Sekolah Dasar Masjid Syuhada Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. PGSD Penjaskes, 7(5).
Mahardhika, N. A., Jusuf, J. B. K., & Priyambada, G. (2018). Dukungan orangtua terhadap motivasi berprestasi siswa SKOI Kalimantan Timur dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 14(2), 62–68.
Priyambada, G., Prayoga, A. S., Utomo, A. W. B., Saputro, D. P., & Hartono, R. (2022). Sports App: Digitalization of Sports Basic Movement. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 10(1), 85–89.
Sapinah, P., & Hendrayana, Y. (2022). KORELASI KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK DAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 7(2), 1–10.
Satriawan, R. (2018). Profil Kesegaran Jasmani Atlet Bolavoli Kabupaten. Jurnal Pendidikan Olahraga, 1–6.
Satriawan, R. (2021). Peran Orangtua dalam Pembelajaran Penjas pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Kendo Kota Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga, 11(2), 26–32.
Satriawan, R. (2022). Perbedaan Empati Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga dan yang Tidak Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga. Jurnal Pendidikan Olahraga, 12(2), 13–17.
Setiawan, M. D., & Santoso, N. (2019). TINGKAT KETERAMPILAN DASAR BERMAIN FUTSAL PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMK CIPTA KARYA PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 8(7).
Susanto, E., Bayok, M., & Satriawan, R. (2022). Talent Identification Predicting in Athletics : A Case Study in Indonesia, (3).
Wardaningrum, M., & Nopembri, S. (2019). Peranan Orang Tua Dalam Mendukung Prestasi Olahraga Futsal Siswa Madrasah Ibtidaiah Negeri Tawanganom Magetan Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Tahun 2018. PGSD Penjaskes, 8(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan Olahraga yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan Olahraga bersifat akademik. Jurnal Pendidikan Olahraga tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.