Hubungan Keterampilan Motorik, Teknik Dasar Futsal dengan Motivasi Beprestasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan motorik, teknik dasar futsal dengan motivasi berprestasi siswa pada ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 4 Samarinda. Desain penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan desain korelasional dimana penelitian ini mencari hubungan antara keterampilan motorik, teknik dasar futsal dengan motivasi berprestasi siswa pada ekstrakurikuler di SMP Negeri 4 Samarinda. dengan menggunakan teknik purposive sampling atau sampel bertujuan dengan kriteria 30 anggota ekstrakurikuler di SMP Negeri 4 Samarinda. Dari hasil penilitian tersebut dapat peneliti simpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan motorik dengan motivasi berprestasi bagi siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 4 Samarinda dan tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara teknik dasar futsal dengan motivasi berprestasi bagi siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 4 Samarinda.
References
Darussalam, I. (2023). Hubungan Keterampilan Motorik, Teknik Dasar Futsal dengan Motivasi Berprestasi Siswa Ekstrakurikuler Futsal di SMP Negeri 4 Samarinda.
Endrawan, I. B., Satriawan, R., & Amar, K. (2020). The Relationship of Running Agility and Speed with the Ability to Dribble the Student Participants in the Extracurricular Futsal Activities. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 8(2011), 68–72. https://doi.org/10.13189/saj.2020.080712
Ishak, M., Hasmarita, S., & Anugrah, C. S. (2022). TINGKAT KETERAMPILAN DASAR BERMAIN FUTSAL PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Holistic Journal of Sport Education, 2(1), 10–20.
Komarudin, K. (2018). Tingkat Kemampuan Motorik Siswa Peserta Ekstrakurikuler Futsal di Sekolah Dasar Masjid Syuhada Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. PGSD Penjaskes, 7(5).
Mahardhika, N. A., Jusuf, J. B. K., & Priyambada, G. (2018). Dukungan orangtua terhadap motivasi berprestasi siswa SKOI Kalimantan Timur dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 14(2), 62–68.
Priyambada, G., Prayoga, A. S., Utomo, A. W. B., Saputro, D. P., & Hartono, R. (2022). Sports App: Digitalization of Sports Basic Movement. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 10(1), 85–89.
Sapinah, P., & Hendrayana, Y. (2022). KORELASI KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL DENGAN KEMAMPUAN MOTORIK DAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 7(2), 1–10.
Satriawan, R. (2018). Profil Kesegaran Jasmani Atlet Bolavoli Kabupaten. Jurnal Pendidikan Olahraga, 1–6.
Satriawan, R. (2021). Peran Orangtua dalam Pembelajaran Penjas pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Kendo Kota Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga, 11(2), 26–32.
Satriawan, R. (2022). Perbedaan Empati Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga dan yang Tidak Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga. Jurnal Pendidikan Olahraga, 12(2), 13–17.
Setiawan, M. D., & Santoso, N. (2019). TINGKAT KETERAMPILAN DASAR BERMAIN FUTSAL PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMK CIPTA KARYA PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 8(7).
Susanto, E., Bayok, M., & Satriawan, R. (2022). Talent Identification Predicting in Athletics : A Case Study in Indonesia, (3).
Wardaningrum, M., & Nopembri, S. (2019). Peranan Orang Tua Dalam Mendukung Prestasi Olahraga Futsal Siswa Madrasah Ibtidaiah Negeri Tawanganom Magetan Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Tahun 2018. PGSD Penjaskes, 8(2).
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.