Keterlaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Madrasah Aliyah

  • Samsudin Samsudin STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah keterlaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di Madrasah Aliyah Imam Al Ufairah Diha kecamatan Belo kabupaten Bima. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa baik pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di Madrasah Aliyah Imam Al Ufairah Diha kecamatan Belo kebupaten Bima. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang menggambarkan bagaimana keterlaksanaan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di MA Imam Al Ufairah Diha. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 guru dan 1 kepala sekolah. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, lembar wawancara. Adapun metode analilis data menggunakan tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik reduksi data dan display data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di MA Imam Al Ufairah Diha dari segi persiapan sudah cukup baik, sedangkan dalam tahap pelaksanaan dan evaluasi masih tergolong kurang baik. Selain itu, peran guru kelas yang juga bertugas sebagai Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan belum mampu menunjukkan performa yang baik dalam pelaksanaannya

Keywords: Keterlaksanaan Pembelajaran, Pendidikan Jasmani

References

Alfani, M.A. (2023) ‘No Title’, Prespektif Pebelajar Terhadap Pembelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga Berbasis Blended Learning, 8(1), pp. 6–12.

Imaduddin, S.P.. (2023) ‘MA Imam Al Ufairah Diha’.

Irmansyah, J. et al. (2020) ‘Pendidikan jasmani , olahraga , dan kesehatan di sekolah dasar : deskripsi permasalahan , urgensi , dan pemahaman dari perspektif guru Physical education , sports , and health in elementary schools : description of problems , urgency , and understanding of teacher perspectives’, 16(2), pp. 115–131.

Iswanto, A. et al. (2021) ‘PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI YANG EFEKTIF DAN BERKUALITAS’, 27(1), pp. 13–17.

Lestari, D.F. (2020) ‘PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIVITAS JASMANI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BAGI SISWA SEKOLAH DASAR’, 8(1), pp. 7–12.

Munirah (2021) ‘SISTEM PENDIDIKAN DI INDONESIA: antara keinginan dan realita’, pp. 233–245.

Mustafa, P.S., 2 and Wasis Djoko Dwiyogo (2021) ‘Kurikulum Pendidikan Jasmani , Olahraga , dan Kesehatan di Indonesia Abad 21’, (July 2020). Available at: https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268.

Paramitha, S.T. and Anggara, L.E. (2018) ‘Revitalisasi Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini melalui Penerapan Model Bermain Edukatif Berbasis Alam’, Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), p. 41. Available at: https://doi.org/10.17509/jpjo.v3i1.10612.

Razaq, A.R. (2014) ‘INTERAKSI PEMBELAJARAN EFEKTIF UNTUK BERPRESTASI’, 05(2), pp. 15–26.

Sujana, I.W.C. (2019) ‘FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA’, (April), pp. 29–39.

Published
2024-02-02
Abstract viewed = 77 times
PDF downloaded = 75 times