Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Teknis terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing & Stoping

  • Kamarudin Universitas Islam Riau

Abstract

Penelitian ini hendak mengkaji mengenai pengaruh pendekatan pembelajaran teknis terhadap hasil belajar keterampilan passing&stoping. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai alternatif solusi dalam rangka pengembangan kualitas pembelajaran sepakbola. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra semester 1 penjas FKIP UIR sebanyak 160 orang. Jumlah sampel sebanyak 16 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Waktu penelitian yaitu selama 2 bulan, jumlah perlakuan 16 kali pertemuan, dengan frekuensi 1 minggu 3 kali. Instrumen yang dipilih penulis adalah tes keterampilan passing stoping dalam sepakbola. untuk mahasiswa pendidikan jasmani FKIP UIR tes keterampilan sepakbola (tes awal dan akhir keterampilan passing&stoping). Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan: Pendekatan pembelajaran menggunakan pendekatan teknis memberikan pengaruh terhadap keterampilan passing&stoping mahasiswa penjas FKIP UIR.

Keywords: Pendekatan Pembelajaran Teknis, Hasil Belajar Keterampilan Passing & Stoping

References

Arikunto, Suharsimi (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Griffin, L, Mithcell dkk (1997). Mengajar Konsep Olahraga dan Keterampilan: Pendekatan
Taktis, Kinetika Manusia, Champaign, Illinois.
Giriwijoyo, H.Y.S. (2010). Ilmu Faal Olahraga. Bandung: FPOK UPI.
Hidayat, R. Imam. (2003). Pps upi bandung biomekanika pendekatan system pembelajaran
gerak. Bandung.
Suparlan, A. (2009). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Taktis dan Teknis Berdasarkan Pada Kemampuan Keterampilan Awal yang Berbeda Terhadap Keterampilan Bermain Soft Ball. Tesis. Prodi POR Pascasarjana UPI.
Yudiana, Yunyun. (2010). Implementasi Model Pendekatan Taktis dan Teknis Dalam Pembelajaran Permainan Bolavoli Pada Pendidikan Jasmani Sswa SMP (Tinjauan Perbedaan Keterampilan Teknik Dasar dan Bermain Bolavoli, serta Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMPN 4 Kota Bandung). Disertasi. Prodi POR Pascasarjana UPI
Published
2017-06-30
Abstract viewed = 25 times
PDF downloaded = 37 times