Pengaruh Latihan Imagery terhadap Keterampilan Sepak Tahan (Passing and Stopping) (Studi Eksprimen pada Klub Sepakbola Pantai Raja Kabupaten Kampar)

  • Alficandra Universitas Islam Riau
  • Joni Alpen Universitas Islam Riau
  • Sasmarianto Universitas Islam Riau

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di lapangan terlihat masih rendahnya keterampilan passing dan Stopping Permainan sepakbola Klub Sepakbola Pantai Raja Kabupaten Kampar. Hal ini dimungkinkan karena kurang tepatnya metode latihan yang digunakan oleh pelatih dalam proses latihan.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh latihan imageri terhadap keterampilan passing dan Stopping Permainan sepakbola Klub Sepakbola Pantai Raja Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah semua pemain sepakbola Klub Sepakbola Pantai Raja Kabupaten Kampar berjumlah 15 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah semua populasi dijadikan sampel atau disebut juga dengan total sampling yang berjumlah 15 orang. Tes yang digunakan adalah tes Passsing dan stopping. Data dianalisis menggunakan tatistic uji-t dependend sample. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh latihan imageri yang signifikan terhadap Keterampilan Passing dan Stopping pemain sepakbola, dari rata-rata (mean) sebesar 62.26. Kemudian dilakukan perlakuan eksperimen dengan latihan imagery selama 12 kali pertemuan, setelah itu dilakukan tes akhir (pos-test) yaitu tes keterampilan passing dan stopping dengan skor keseluruhan post-test yaitu sebesar 1078 dengan rata-rata (mean) sebesar 71.86, dengan hasil  = 11.22 yang bearti lebih besar dari taraf signifikan  5% = 2.14. dengan kesimpulan, Ho ditolak, dan Ha diterima.

Keywords: latihan imagery, sepak tahan, sepakbola

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Budiwanto, Setyo. 2012. Metodologi Latihan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.
Darwis dkk. 1985. Buku pelajaran sepakbola. Padang: Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Institut Keguruan Ilmu Pendidikan Padang.
_________. 1999. Sepak Bola. Padang: FIK UNP Padang.
Gunarsa, Singgih, D. 1987. Psikologi Olahraga. Jakarta: PT. BPK. Gunung Mulia.
Harsono. 1988. Choaching dan Aspek-Aspek Choaching. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
_________. 1993. Prinsip-Prinsip Latihan. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Penataran.
Irawadi. Hendri. 2011. Kondisi Fisik dan Pengukurannya. Padang; FIK. UNP.
Published
2017-12-30
Abstract viewed = 186 times
PDF downloaded = 177 times