Pengaruh Modifikasi Pembelajaran dan Jenis Kelamin Terhadap Hasil Belajar Permainan Bola Voli

  • Mahatma Raison Pribadi STKIP Kie Raha Ternate

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dari pengaruh modifikasi pembelajaran dan jenis kelamin terhadap hasil belajar permainan  bola voli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah siswa dan siswi  kelas VII SMPN. 7 Ternate berjumlah 100 orang baik Laki-laki maupun perempuan. Sampel diperoleh secara acak dan dibagi kedalam dua kelompok eksperimen. Terdiri dari 40 orang siswa (18 laki-laki, 22 perempuan) yang kelompok A. (9 putra, 11 putri) diberi perlakuan dengan modifikasi media pembelajaran, sedangkan kelompok B. (9 laki-laki, 11 perempuan) diberi perlakuan dengan modifikasi aturan permainan bola voli. Variabel dalam penelitian ini meliputi satu variabel bebas yang menjadi ruang lingkup subyek penelitian, yaitu (1) modifikasi pembelajaran dan satu variabel terikat,  yaitu (1) hasil belajar permainan bola voli. Data modifikasi media pembelajaran dan modifikasi aturan permainan bola voli di peroleh melalui lima macam tes keterampilan bermain bola voli dari. Strand dan Willson (1993), yaitu:  (1) tes servis (2) tes pasing bawah (3) tes pasing atas (4) tes spike dan  (5) tes block. Data di analisis dengan menggunakan uji-F pada taraf signifikan  = 0,05. Penelitian ini menyimpulkan (1) Modifikasi media pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan bila dibandingkan dengan modifikasi aturan permainan bola voli, (2) Antara modifikasi media pembelajaran dengan jenis kelamin terdapat interaksi yang signifikan, (3) bagi siswa laki-laki modifikasi media pembelajaran memberikan pengaruh yang lebih signifikan bila dibandingkan dengan modifikasi aturan permainan bola voli (4) bagi siswa perempuan modifikasi media pembelajaran memberikan pengaruh yang lebih signifikan bila dibandingkan dengan modifikasi aturan permainan bola voli.

Keywords: Modifikasi Pembelajaran dan Jenis Kelamin, Hasil Belajar, Permainan Bola Voli

References

Adang Suherman, dan Yoyo Bahagia, (2000), Prinsip – prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga. Departemen Pendidikan Nasional.
Adang Suherman, (2009) Revitalisasi Pengajaran Dalam Pendidikan Jasmani: CV. Bintang Warli Artika Bandung.
Adang Suherman, (2000), Dasar-Dasar Penjaskes. Deparemen Pendidikan Deparemen Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Nasional dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Agus Mahendra. (2001). Pembelajaran Senam di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Ditjen Dikdasmen.
Agus S Suryobroto, (2001) Teknologi Pembelajaran Penjas, Yogyakarta: FIK UNY. Jurnal Pendidikan Jasmani indonesia.
Aif Syarifuddin dan Muhadi, (1996). Pendidikan Jasmani. Jakarta : Dirjendikti.
Amung Ma’mun dan Toto Subroto,( 2001). Pendekatan Keterampilan Taktis dalam Permainan Bola Voli. Jakarta : Dirjen Olahraga.
Anwar, Moch. Idochi. (2004). Administrasi Pendidikan dan Manjemen Biaya Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.
Anwar, Moch. Idochi. (2004). Administrasi Pendidikan dan Manjemen Biaya Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.
Argasasmita, Husein. (2005). Proses Pembinaan Olahraga Prestasi di Indonesia: Tinjauan dari Kacamata Sosiologi Olahraga. (Online). Tersedia: www. kebumen. p endidikan. g o. i d. ( 10 Januari 2007 )
Arikunto (1998). Manajemen pengajaran Secara manusia. Jakarta: Rineke Cipta.
Beutelstahl, Dieter, (2005). Belajar Bermain Bola Voli. Bandung : Pioner Jaya. Cipta.
Copyright © (2010) APLIKASI DATA DAN INFORMASI PP DAN KPA. All Rights Reserved.Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. source : http://primaya.blogspot.com.
Daya Meier. (2002). The Accelerated learning: Hand Book, Bandung: Kaifa.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Standar Kompetensi: Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Dinas.
Depdikbud. (1977). Tes Keterampilan Bermain Bola Voli. Jakarta: Pusat kesegaran Jasmani dan Rekreasi, Depdikbud.
Depdiknas. (2003). Model Pembelajaran Pendidikan jasmani Sekolah dasar . Jakarta : Bagian Proyek Peningkatan Mutu Pelajaran IPA (SEQIP). Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.
Depdiknas. (2006). Kurikulum 2004 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mata pelajaran Pendidikan Jasmani Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Depdiknas. (2006). Undang- undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen: Jakarta: PB. PGRI.
Dimyati dan Mudjiono.( 2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka.
Fattah, Nanang. (2000). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: CV- Archieta.
Gerhard Durr Wachter: Belajar dan Berlatih Sambil Bermain: PT Gramedia, Jakarta 1982.
Griffin L. L., Mitchel, Stephen A., and Oslin, Judith L. (1997). Teaching Sport Concepts and Skills: A Tactical Games Approach. United States of America: Human Kinetics.
Harsono, (1991). Fungsi dan Profesionalisme Pendidikan Jasmani di Sekolah Serta Sumbangsihnya Dalam Membentuk Manusia Seutuhnya. Makalah. Bandung: University Press IKIP Bandung, Penerimaan Jabatab Guru Besar.
Harsono, (1997). Buku pedoman Pembinaan dan Pengembangan olahraga Usia Dini, jakarta, Kantor Menpora Proyek Pembinaan olahraga.
Hoedaya. (2009). Empati Dalam Kehidupan Bermasyarakat: Tinjauan Potensi Pendidikan Jasmani Dalam Pendidikan Watak.
Hujair AH Sanaky. (2007). Pedoman Mengajar Dasar Gerak Atletik, Yogya: FIK UNY. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.
Hujair AH Sanaky. (2009) Media Pembelajaran, Jakarta Depdiknas Yrama Widya.
Irsada (1999/2000), Bola voli. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan dasar dan menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III Tahun 1999/2000
Kalpin (2010). Pengaruh Permainan Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar dan Kognitif pada anak Usia Taman Kanak-kanak. Bandung: UPI tidak diterbitkan.
Lutan , Rusli, (1996), Perencanaan dan strategi Pembelajaran Penjaskes. Jakarta: Depdikas.
Machfud Irsyada: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP SETARA D – III Tahun 1999/200.
Mel Silberman (2001) memberdayakan MGMP Sebuah Keniscayaan. Artikel . http/www. Artikelus/art 05-14.html.
Metzler, Michael W. (2000). Instructional Model for Physical Education. Boston: Allyn and Bacon.
Metzler, Michael W. (2006). Instructional Models For Phisical Education ( Second Edition). United States of America: Holcomb Hathaway pubs.
Modifikasi Pembelajaran, http/blok spot. Com. Id
Mulyasa. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nurhadi (2002). 7 Kompetensi Guru menyenangkan dan profesional. Jogjakarta: Power Books (IHDINA).
Nursito (2000). Kiat menggali Keaktivitas. Yogyakarta: Mitra Gama Widya. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Rusli Lutan, (2001), Mengajar Pendidikan Jasmani, Pendekatn Pendidikan Gerak Di Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Rusli lutan, (2001), Strategi Mengajar Penjaskes. Departemen pendidikan Nasional, Jakarta.
Siedentop. (1990). Introduction to physical Education, Fitnes, and Sport. California: Mayfield Publishing Company.
Subroto & Yunyun: Permainan Bola Voli. Modul fakultas pendidikan olahraga Universitas Pendidikan Indonesia. Makalah dalam Koprehensif Nasional Pendidikan Jasmani dan olahraga Bandung, IKIP Bandung.
Sudjana, Nana, (1984). Pedoman Praktis mengajar. Bandung: Proyek Pembinaan Perguruan Agama, Depag. Jakarta.
Sujana (2002). Desain Dan Analisis EKSPERIMEN: “TARSITO” BANDUNG.
Sukandi U, et al. (2001). Belajar Aktif dan Terpadu. Bandung: CV. ANDIRA.
Sukintaka: (2004) Teori Pendidikan jasmani.
Toho Cholik Mutohir. (2006). Jejak Langkah Anak Bangsa Menjelajah Dunia Olahraga. Jakarta: Kemenpora.
Toho Cholik Mutohir. (2011). Gambaran Pelaksanaan Pendidikan Jasmani. http://ahmesabe.wordpress.com/gambaran-pelaksanaan-pendidikan-jsmani.
Wiwik D Pratiwi (2010) source : http://primaya.blogspot.com
Yoyo Bahagia dan Adang Suherman, MA: Prinsip-prinsip Pengembangan dan Modifikasi Cabang Olahraga Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Bagian Proyek Penataran Guru SLTP SETARA D – III Tahun 1999/200.
Yunyun, Juliantine dan Subroto (2012), Belajar dan Pembelajaran Penjas. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia.
Published
2018-06-30
Abstract viewed = 393 times
PDF downloaded = 305 times