Studi Keadaan Sarana dan Prasarana Penunjang Aktifitas Pendidikan Jasmani Olahraga Sekolah Dasar Negeri 02 Kota Bima Tahun 2017/2018

  • Furkan STKIP Taman Siswa Bima
  • Shutan Arie Shandi STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Sekolah Dasar Negeri 02 Kota Bima Tahun 2017/2018. Yang menjadi sampel penelitian ini adalah guru penjaskesrek SDN 02 Kota Bima. Adapun data yang diambil adalah data tentang keadaan sarana/prasarana untuk ketiga cabang olahraga untuk ketiga cabang attletik, cabang senam dan cabang permainan serta ditambah dengan keadaan lapangan olahraga/tempat bermain siswa. Setelah data didapat kemudian dianalisis atau diolah untuk dibandingkan dengan standar sarana olahraga dengan menggunakan barometer Permendiknas No.24 Tahun 2007 untuk menentukan berapakah kekurangan sarana/prasarana yang ada di SDN 02 Kota Bima Tahun 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi lapangan olah raga/tempat bermain yang ada adalah 61,68% atau masih kekurangan luas rata-rata 31,38% dari standar, sehingga kondisi lapangan olahraga/tempat bermain dalam kategori baik. Sedangkan untuk kondisi ketiga cabang olahraga atletik, senam dan permainan adalah hanya 31,19% artinya masih kekurangan rata-rata 68,81%, sehingga kondisi sarana/prasarana ketiga cabang alahraga (atletik, senam, permainan) dalam kategori kurang. Untuk memenuhi kekurangan sarana dan prasarana pengajaran pendidikan jasmani Sekolah Dasar Negeri 02 Kota Bima Tahun 2017/2018 sangat tergantung pada kemanpuan dari sekolah tersebut serta adanya bantuan dari pemerintah.

Keywords: Sarana Prasarana, Pendidikan Jasmani

References

Adang Suherman. 1999/2000. Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP setara D-III.
Aip Syarifuddin dan Muhadi. 1991/1992. Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdikbud. Dirjendikti. Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.
Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
M. Furqon H. 2007. Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan(KTSP) Mata Pelajaran Pndidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Surakarta: JPOK UNS.
Nana Sudjana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Ratal Wirjosantoso. 1984. Supervisi Olahraga Pendidikan. Jakarta: Universitas Indonesia.
Soedarminto. 1993. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. Surakarta: UNS Press.
Soekatamsi dan Srihati Waryati. 1996. Prasarana dan Sarana Olahraga.Surakarta: UNS Press.
Soepartono. 1999/2000. Sarana dan Prasarana Olahraga. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyanto. 1995. Metodologi Penelitian. Surakarta: UNS Press.
Suharsimi Arikunto. 1989. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Sukintaka. 2004. Fisiologi Pembelajaran dan Masa Depan Pendidikan Jasmani Bandung: Yayasan Nuansa Cendekia.
UNS Press. 2007. Pedoman Akademik Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Surakarta: UNS.
Published
2018-06-30
Abstract viewed = 234 times
PDF downloaded = 329 times