Pengaruh Latihan Lari Segitiga terhadap Kemampuan Menggiring Bola dalam Permainan Sepak Bola pada Siswa Putra Kelas XI SMA Negeri 1 Hu’u

  • Samsudin Samsudin STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan lari segitiga terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa putra Kelas XI SMA Negeri I Hu’u. Metode dan Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Experiment atau yang disebut juga dengan Teatment By Subjects Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 104 orang, dan jumlah sampel dalam penelitian ini 20 orang. Pengambilan sampel menggunakan dengan cara Propotional Random Sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik dengan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-test yang diperoleh dalam penelitian ini adalah lebih besar daripada t-tabel. Kesimpulan dalam penelitian ini ’Ada pengaruh latihan lari segitiga terhadap kemampuan menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa putra Kelas Xl SMA Negeri I Hu’u.

Keywords: Lari Segitiga, Menggiring Bola, Permainan Sepak Bola

References

Aip Syarifuddin. 1997. Belajar Aktif Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, untuk Sekolah dasar kelas I sampai kelas IV. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Aneka Cipta
Bambang Widjanarko dan Ismaryati. 1994. Pendidikan Atletik. Jakarta: Depdikbud
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2006. Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah Pemuda dan Olah Raga, Tuntunan Mengajar Atletik: Proyek Pembinaan Permainan dan Pembibitan Olahraga. Jakarta: Pembinaan Permainan dan Pembibitan
Hadi, Sutrisno. 2000. Statistik I. Yogyakarta: Andi Offis.
Hadimsyah Noor. 1995. Kepelatihan Dasar. Jakarta: Depdikbud
Harsono. 1998. Coaching dan Aspek- Aspek Psicologis dalam Coaching. Semarang: IKIP.
Lalu Rahman (2017) Pengertian Sepak Bola Lengkap (Teknik, Pemain, Lapangan, Lama Permainan Sepak Bola). Dari http://www.sumberpengertian.co/pengertian-sepak-bola. Diambil pada tanggal 5 Juni 2018.
Michael Putra (2018) Permainan Sepak Bola – Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Peraturan, Makalah. Dari https://www.sayanda.com/permainan-sepak-bola/. Diambil pada tanggal 7 Juni 208.
Missmerichaa (2012) Sarana dan Prasarana dalam Sepakbola. Dari Https://Missmerichaa.Wordpress.Com/2012/08/05/Sarana-Dan-Prasarana-Dalam-Sepakbola-2/. Diambil pada tanggal 25 Juli 2018.
Moleong, Lexy, J. 1998. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rusli Lutan. 2001. Belajar Keterampilan Motorik, Pengantar Teori dan Metode, Jakarta: PT Remaja Rosdakarya
Romimpaday. 1996. Lari, Lompat dan Lempar. Jakarta: PT Pembangunan RI
Sajoto. 1998. Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Semarang: Dahara Prize.
Sarbe Boepomo. 1990. Bahan Penataran Atletik Nomor Lempar. Ujung Pandang: Panitia Penataran Pelatih, Atlit Ujung Pandang.
Suci Pranyangsih (2015) Hakekat Menggiring Bola (Dribbling).. Dari https://contohdanfungsi.blogspot.com/2015/10/pengertian-hakekat-menggiring-bola.html. Diambil pada hari kamis tangal 27 juni 2018.
Suharno. 1995. Ilmu Coaching Umum. Yogyakarta: FIK IKIP Yogyakarta
Soegito, dkk. 1994. Materi Pokok Pendidikan Atletik: Jakarta: Depdikbud
Sudarminto. 1992. Kinesiologi. Jakarta: Depdikbud.
Tamsir Riyadi. 1995. Petunjuk Atletik. Yogyakarta.: FPOK IKIP Mataram
Widiastuti, (2011) Tes dan pengukuran Olahraga. Jakara: Gramedia
Published
2018-06-30
Abstract viewed = 372 times
PDF downloaded = 851 times