Analisis Gerak Motorik Kasar pada Permainan Lompat Tali terhadap Prestasi Siswa Putra dalam Lompat Jauh pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Palibelo

  • Shutan Arie Shandi STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh gerak motorik kasar pada permainan lompat tali terhadap prestasi siswa putra dalam lompat jauh pada kelas VIII SMP Negeri 2 Palibelo Kabupaten Bima. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Palibelo Kabupaten Bima pada semua siswa putra kelas VIII dengan jumlah populasi 56 orang siswa putra. Sampel yang di ambil adalah seluruh populasi yang ada yaitu sebanyak 56 orang siswa putra. Adapun tehnik pengumpulan data adalah menggunakan observasi, dokumentasi dan tes perbuatan. Untuk mengetahui pengaruh gerak motorik kesar pada permainan lompat tali terhadap prestasi siswa putra dalam lompat jauh diperlukan sarana dan prasana yang lengkap dan baik. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah rumus statistik regresi linear sederhana, diperoleh persamaan Y = a + b (47,509 0,311), a = 47,509 artinya bersamanya nilai konstanta variabel prestasi lompat jauh (Y) tampa ada pengaruh dari fariabel gerak motorik kasar pada permainan lompat tali (X) sedangkan b = 0,311 artinya angka ini menunjukan bahwa setiap penurunan atau peningkatan sebesar satu satuan jenjang kriteria variabel gerak motorik kasar pada permainan lompat tali (X) akan memberikan pengaruh peningkatan atau penurunan terhadap penurunan variabel prestasi lompat jauh (Y) sebesar 0,31 satuan jenjang kriteria, sehingga semakin cepat gerak motorik kasar pada permaianan lompat tali seseorang (siswa), maka semakin tinggi lompatannya dalam melakukan lompat jauh. maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan KP kontribusi atau pengaruh sebesar 49%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh gerak motorik kasar pada permainan lompat tali terhadap prestasi siswa putra dalam lompat jauh pada kelas VIII SMP Negeri 2 Palibelo Kabupaten Bima tahun pelajaran 2012/2013.

Keywords: Motorik Kasar, Lompat Jauh

References

Arikunto, Suharsimi, 1988. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis: Aneka Cipta Jakarta.
Ending, Ramadan BA, 1982. Pendidikan Olahragadan Kesehatan 2: Angkasa Bandung.
Jess, Jerver, 1987. Belajardan Berlatih Atletik, Pioner Jaya Bandung.
Hadi, Sutrisno, 1984. Statistik Jilid 2: Yogyakarta Fakultas Psikologi UGM.
Hadi, Sutrisno, 1995. Analisis Regresi Yogyakarta: Andi.
Harsono, 1988. Coaching dan Aspek – Aspek Psikologi Dalam Coaching: P2LPTK Jakarta.
HP, Suharno, 1985. Ilmu Kepelatihan Olahraga: Yogyakarta.
Kosasih. Engkos, 1985. Olahraga Teknikdan Program Latihan: Akadmika Presindo Jakarta.
Riyadi, Tamsir, 1985. Petunjuk Atletik Yogyakarta: Dosen FPOK IKIP Yogyakarta.
Rusdyanto, 1988. Pembagian Kesegaran Jasmani Dengan Menggunakan Aerobik.
Said, Hasnan, 1977. Penilaian Kesegaran Jasmani ACRSPFT: Depdikbud Jakarta.
Sajoto, Mochammad, 1988. Pembina Kondisi Fisik Dalam Olahraga: Depdikbud Dikti Jakarta.
Suetejo, Pramoe, 1986. Diktat Atletik dan Pengetahuan Olahraga: Malang.
Suharsono, 1988. Choaching dan Aspek Psikologi: Depdikbud Dirjen Dikti Jakarta.
Sungkono, Bambang, Tahan, 1985. Statistik Sebagai Analisis Data Penelitian Anova Anarek, Anakova: FP MIPA IKIP Malang.
Sahadi, Answarudin, S.Pd, Cetakan II, 2011. Latihan Dasar Atletik: PT. Wadah Ilmu, Hak Cipta @ Dilindungi Undang – Undang.
Published
2018-06-30
Abstract viewed = 262 times
PDF downloaded = 1206 times