Peningkatan Pembelajaran Permainan Dribble Bola Basket dengan Model Kooperatif Learning pada Peserta Didik Tuna Rungu

Authors

  • Ahmad Atiq Universitas Tanjungpura
  • Muhammad Abdul Haris Universitas Tanjungpura
  • Abim Fadliansyah Universitas Tanjungpura
  • Iin Tirtaria Universitas Tanjungpura
  • Fatria Sundari Universitas Tanjungpura
  • Fakriza Issyad Rianto Universitas Tanjungpura
  • Lianta Lianta Universitas Tanjungpura
  • Ade Wahyu Dwi Nada Universitas Tanjungpura
  • Sefty Fauzan Wijaya Universitas Tanjungpura
  • Serli Febriani Universitas Tanjungpura
  • Meilinatia Meilinatia Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpo.v14i2.1609

Keywords:

Dribble Bola Basket, Kooperatif Learning

Abstract

Peningkatan pembelajaran permainan dribble bola basket dengan model kooperatif learning pada peserta didik tuna rungu di Sekolah Luar Biasa Dharma Asih Pontianak masih membutuhkan perhatian khusus dan proses pembeljaran apalgi ini adalah salah satu anak berkebutuhan khusus yang harus di perhatikan secara khsusus dan tergolong belum faham pada saat melkukan dribble bola basket karena kurangnya dan bahkan pada saat diberi intruksi tidak bisa menenrima secara langsung serta tidak mampu melakukan dribble bola basket dengan pola gerak secara betul dan berkelanjutan pada saat pembelajaran dengan adanya model kooperatif peseta didik lebih efektif dan mampu melakukan secara baik guna untuk meningkatkan proses pembelajaran yang lebih kualitas. Metode dan bentuk penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini mengunakan penelitian tindakan kelas olahraga dari subyek 18 peserta didik pada saat melakukan pembelajaran dimana hasil penelitian yang bisa di klasifikasikan terdiri dari dengan tema pembelajaran permainan dribble bola basket dengan model kooperatif learning pada peserta didik tuna rungu di Sekolah Luar Biasa Dharma Asih Pontianak I terdapat peserta didik sudah tuntas berjumlah 10 dengan persentasi 55 % siswa yang belum tuntas 8 dengan persentasi 45 % maka di lanjutkan ke tahap siklus II dan jumlah peserta didik 18 tuntas 100% pembeljaran kooperatif sangat menunjang peserta didik dalam rangka peningkatan pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya.

References

Adiningtyas, W. P., Tomi, A., & Yudasmara, D. S. (2020). Survei Pembinaan Ekstrakurikuler Bolabasket pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Sport Science and Health, 2(1), 32–38.

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Juherna, E., Purwanti, E., Melawati, M., & Utami, Y. S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter pada Disabilitas Anak Tunarungu. Jurnal Golden Age, 4(1), 12–19.

Martinus & Ibagus Endrawan. (2023). Level of Physical Fitness of Elementary School Students in Class V. Champions : Education Journal of Sport, Health, and Recreation, Health, and Recreation, 1(3), 11–16.

Novriliani, E. (2021). Tingkat Keterampilan Bola Basket Pada Siswa Ekstrakulikuler Bola Basket. Jurnal Edukasimu, 1(3).

Pratama, A., & Yuliandra, R. (2020). Analysis Tingkat Kesegaran Jasmani Anggota Ukm Bolabasket Universitas Teknokrat Indonesia. Journal Of Physical Education, 1(1), 25–32.

Pratama, M. R. W. U., & Yuliandra, R. (2021). Persepsi Anggota Ekstrakurikuler Bola Basket terhadap Penggunaan Aplikasi Papan Strategi Berbasis Android. Journal Of Physical Education, 2(2), 1–7.

Pridani, I., Insanistyo, B., Arwin, A., & Defliyanto, D. (2018). Meningkatkan keterampilan lay up permainan bola basket dengan penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe student team achievments divisions (stad) siswa kelas x mipa sma negeri 1 bengkulu tengah. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2(2), 226–232.

Rahmah, F. N. (2018). Problematika anak tunarungu dan cara mengatasinya. Quality, 6(1), 1–15.

Riyan Jaya Sumantri; Ridwan Afandi; Yuning Eka Rahma Wati; Mudayat; Ahmad Syarif. (2023). Improving Volleyball Bottom Passing Learning Results Through Playing Ball Throwing. Champions : Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 24–30.

Sasmarianto & Kamarudin. (2023). Motor Ability of Elementary School Students in Upper Class. Champions : Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 6–12.

Satriawan, R. (2021). Peran Orangtua dalam Pembelajaran Penjas pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Kendo Kota Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga, 11(2), 26–32.

Sofyan, D., Arhesa, S., & Al Fazri, M. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Learning Tipe Team Games Tournament terhadap Hasil Belajar Passing Bola Basket. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 679–702).

Susanto, E., Bayok, M., Satriawan, R., Festiawan, R., Kurniawan, D. D., & Putra, F. (2023). Talent Identification Predicting in Athletics: A Case Study in Indonesia. Ann Appl Sport Science, 11(1), 1102–1112.

Tat, B. A., Hudin, R., & Nardi, M. (2021). Metode pembelajaran dalam mengembangkan interaksi sosial anak tunarungu. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(1), 21–32.

Winarsih, M. (2010). Pembelajaran Bahasa Bagi Anak Tunarungu. Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(XIII), 103–113.

Downloads

Published

2024-04-30