Identifikasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Peserta Didik: Case Study
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) peserta didik kelas atas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik sekolah dasar kelas atas yang berjumlah 61 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuisioner yang terdiri dari atas 40 pernyataan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam persentase. Perilaku hidup bersih dan sehat peserta didik kelas atas atas dikelompokkan ke dalam 5 kategori, yaitu kategori perilaku sangat baik, perilaku baik, perilaku cukup baik, perilaku kurang baik, perilaku sangat kurang baik. Hasil penelitian mengenai perilaku hidup bersih dan sehat bagi peserta didik kelas atas, sebagai berikut: 7 peserta didik (11,48%) dalam kategori perilaku sangat baik, 17 peserta didik (27,87%) dalam kategori perilaku baik, 19 peserta didk (31,14%) dalam kategori perilaku cukup baik, 13 peserta didik (21,31%) dalam kategori perilaku kurang baik, 5 peserta didik (8,20%) dalam kategori perilaku sangat kurang baik. Berdasarkan hasil penelitain dapat disimpulkan perilaku hidup bersih dan sehat peserta didik kelas atas lebih dominan ke perilaku baik dan perilaku cukup baik.
References
Aminah, S., Huliatunisa, Y., & Magdalena, I. (2021). Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JKFT, 6(1), 18. https://doi.org/10.31000/jkft.v6i1.5214
Anhusadar, L. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609
Anhusadar, L., & Islamiyah, I. (2021). Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Anak Usia Dini di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.555
Berliana, N. (2016). Hubungan Peran Orangtua, Pengaruh Teman Sebaya Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Endurance, 1(2), 75–80. https://doi.org/10.22216/jen.v1i2.984
Endrawan, I., & Martinus, M. (2023). Level of Physical Fitness of Elementary School Students in Class V. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 12–16.
Gandhi, R. T., Lynch, J. B., & del Rio, C. (2020). Mild or Moderate Covid-19. New England Journal of Medicine, 383(18), 1757–1766. https://doi.org/10.1056/nejmcp2009249
Julianti, R., & Nasirun, H. M. (2018). Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 11–17.
Karo, M. B. (2012). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ) Strategi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19, 1–4.
Mustar, Y. S., & , Indra Himawan Susanto, A. P. B. (2018). Pendidikan Kesehatan: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar, 2(2), 89–95.
Nasiatin, T., & Hadi, I. N. (2019). Determinan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri. Faletehan Health Journal, 6(3), 118–124. https://doi.org/10.33746/fhj.v6i3.111
Rahman, H., & Patilaiya, H. La. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 251. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.2512
Resmini, R. N., Rozzi, F. F., Futri, A. Y., & ... (2021). Edukasi Kesehatan Perilaku Hidup Bersih Pada Masa Pandemi Covid-19. … Masyarakat LPPM UMJ, 1–5.
Rusdi, M. S., Efendi, M. R., Rustini, R., Afriyani, A., Putri, L. E. P., Kamal, S., & Surya, S. (2021). Edukasi Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 47–51. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i1.123
Salahudin, S., Satriawan, R., Muhammad, M., & Furkan, F. (2023). The Role of Swimming in Maintaining Body Health From an Islamic Perspective. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 17–23.
Sasmarianto, S., & Kamarudin, K. (2023). Motor Ability of Elementary School Students in Upper Class. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 6–11.
Satriawan, R. (2021). Peran Orangtua dalam Pembelajaran Penjas pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Kendo Kota Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga, 11(2), 26–32. https://doi.org/10.37630/jpo.v11i2.958
Sulistyow, L. S. (2011). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kementerian Kesehatan RI (1st ed.). Jakarta: Kemenkes RI.
Sunardi, J., & Kriswanto, E. S. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 156–167. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i2.35082
Syahreni, E. (2011). Mengembangkan Perilaku Sehat Pada Anak Usia 2-4 Tahun, 1–30.
Tabi’in, A. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat(Phbs) Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Covid 19. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 58. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3620
Tentama, F. (2018). Penerapan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Demi Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 13. https://doi.org/10.12928/jp.v1i1.309
Wati, P. D. C. A., & Ridlo, I. A. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di Kelurahan Rangkah Kota Surabaya. Jurnal PROMKES (Vol. 8). https://doi.org/10.20473/jpk.v8.i1.2020.47-58
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.