Pengaruh Aktivitas Fisik dan Perilaku Sedentari pada Kesehatan Mental Anak-anak
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh serta hubungan aktivitas fisik dan perilaku sedentari pada kesehatan mental anak-anak. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan studi korelasional. Populasi dan sampel penelitian ini khusus untuk anak-anak kelas 3-5 SD atau 8-10 tahun di Wilayah Kecamatan Cakung Jakarta Timur yang berjumlah 102 siswa dipilih dengan teknik purposive random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi kuesioner aktivitas fisik (PAQ-C), perilaku sedentari (ASAQ), dan kesehatan mental (DASS-21). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai aktivitas fisik dan perilaku sedentari < 0.05 artinya memiliki pengaruh terhadap ketiga variabel kesehatan mental anak-anak yaitu depresi, kecemasan dan stres. Penelitian di masa depan dapat dilakukan dengan populasi yang lebih besar untuk melihat kesehatan mental lebih dalam dan luas lagi, menggunakan metode serta instrumen penelitian yang berbeda, juga meneliti keterhubungan dengan jenis kelamin maupun usia responden.
References
Ardianto, P. (2018). Gejala Kecemasan Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 9(2), 87–91. https://doi.org/10.23887/jibk.v9i2.18000
Balitbangkes. (2018). Laporan Riskesdas 2018 Nasional. Lembaga Penerbit Balitbangkes.
Bélair, M. A., Kohen, D. E., Kingsbury, M., & Colman, I. (2018). Relationship between leisure time physical activity, sedentary behaviour and symptoms of depression and anxiety: Evidence from a population-based sample of Canadian adolescents. BMJ Open, 8(10), 1–8. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2017-021119
Biddle, S. J. H., Ciaccioni, S., Thomas, G., & Vergeer, I. (2019). Physical activity and mental health in children and adolescents: An updated review of reviews and an analysis of causality. Psychology of Sport and Exercise, 42(May 2018), 146–155. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2018.08.011
Bokau, M. S., Albert, A., & Pajung, C. B. (2023). Hubungan sedentary behavior (perilaku kurang gerak) dengan obesits pada peserta didik di SD GMIM Koka. Lentera: Multidisciplinary Studies, 1(3), 155–164.
Busono, H. B. B., Herpandika, R. P., & Pratama, B. A. (2024). Pengaruh Aktivitas Fisik Terhadap Indeks Massa Tubuh (IMT) Dan Kesehatan Kardiorespirasi Pada Anak SDN Jajartunggal III/452 Surabaya. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(3), 344–351. https://doi.org/10.46838/spr.v4i3.455
Carson, V., Kuzik, N., Hunter, S., Wiebe, S. A., Spence, J. C., Friedman, A., … Hinkley, T. (2015). Systematic review of sedentary behavior and cognitive development in early childhood. Preventive Medicine, 78, 115–122. https://doi.org/10.1016/j.ypmed.2015.07.016
Center for Disease Control and Prevention. (2022). Children’s Mental Health.
Endrawan, I., & Martinus, M. (2023). Level of Physical Fitness of Elementary School Students in Class V. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 12–16. https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.52
Fadhilah, Y. N., Tanuwidjaja, S., & Saepulloh, A. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Kejadian Obesitas Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 113 Banjarsari Kota Bandung Tahun 2019-2020. Jurnal Riset Kedokteran, 1(2), 80–84. https://doi.org/10.29313/jrk.v1i2.449
Firth, J., Rosenbaum, S., Stubbs, B., Gorczynski, P., Yung, A. R., & Vancampfort, D. (2016). Motivating factors and barriers towards exercise in severe mental illness: A systematic review and meta-analysis. Psychological Medicine, 46(14), 2869–2881. https://doi.org/10.1017/S0033291716001732
Hasanah, M. (2017). Pengaruh Gadget terhadap Kesehatan Mental Anak. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 207–214.
Hoare, E., Milton, K., Foster, C., & Allender, S. (2016). The associations between sedentary behaviour and mental health among adolescents: A systematic review. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 13(1). https://doi.org/10.1186/s12966-016-0432-4
Irawan, E., Satriawan, R., & Amar, K. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Tapa Gala Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Siswa SDN Sumi 1 Di Masa Pandemi COVID-19. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 3(2), 77–88. https://doi.org/10.35724/mjpes.v3i02.3545
Kemenkes R. I. (2015). Rencana Strategis Kementrian Kesehatan Tahun 2015-2019. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.
Kibtyah, M., Naqiya, C., Niswah, Z., & Dewi, S. P. R. (2023). Dampak Kecanduan Game Online Terhadap Kesehatan Mental Remaja Dan Penanganannya Dalam Konseling Islam. Counseling As Syamil, 3(1), 25–38.
Kolimechkov, S., Petrov, L., & Alexandrova, A. (2017). Physical Activity Assessment Using A Modified PAQ-C Questionnaire. Sofia, Bulgaria: NSA Press.
Langingi, N. L., Kondoj, C. S., & Kaparang, G. F. (2022). Waktu Layar Gawai Dengan Tingkat Kecemasan Anak. Journal of Telenursing, 4(1), 384–392.
Maddock, J. E., & Janssen, I. (2021). Physical Activity and Screen Time in Children and Adolecents in The US. BMC Public Health, 21(1), 1–10.
Meila, A. S. B., Bachtiar, F., Condrowati, C., & Nazhira, F. (2022). Hubungan antara Aktivitas Fisik dengan Indeks Massa Tubuh pada Remaja. Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 4(2), 80–84. https://doi.org/10.22219/physiohs.v4i2.22587
Morgan, P. J., Young, M. D., Lloyd, A. B., Wang, M. L., Eather, N., Miller, A., … Pagoto, S. L. (2017). Involvement of fathers in pediatric obesity treatment and prevention trials: A systematic review. Pediatrics, 139(2). https://doi.org/10.1542/peds.2016-2635
National Institute of Mental Health. (2022). Child and Adolescent Mental Health.
Neto, F. A., Eto, F. N., Sabrina, T., Pereira, S., Carletti, L., & Bisi, C. (2014). Active and sedentary behaviours in children aged 7 to 10 years old : the urban and rural contexts , Brazil. BMC Public Health, 1–10.
Rodriguez-Ayllon, M., Cadenas-Sánchez, C., Estévez-López, F., Muñoz, N. E., Mora-Gonzalez, J., Migueles, J. H., … Esteban-Cornejo, I. (2019). Role of Physical Activity and Sedentary Behavior in the Mental Health of Preschoolers, Children and Adolescents: A Systematic Review and Meta-Analysis. Sports Medicine, 49(9), 1383–1410. https://doi.org/10.1007/s40279-019-01099-5
Salahudin, S., Satriawan, R., Muhammad, M., & Furkan, F. (2023). The Role of Swimming in Maintaining Body Health From an Islamic Perspective. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 17–23. https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.54
Salsa Bellanisa, S. B., Adhia Garina, L., & Islami, U. (2023). Aktivitas Fisik dan Kebiasaan Sedenter Memengaruhi Kesehatan Mental pada Anak di Masa Pandemi COVID-19. Bandung Conference Series: Medical Science, 3(1), 878–886. https://doi.org/10.29313/bcsms.v3i1.6803
Satriawan, R. (2021). Peran Orangtua dalam Pembelajaran Penjas pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Kendo Kota Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga, 11(2), 26–32. https://doi.org/10.37630/jpo.v11i2.958
Shrestha, N., Grgic, J., Wiesner, G., Parker, A., Podnar, H., Bennie, J. A., … Pedisic, Z. (2018). Effectiveness of interventions for reducing non-occupational sedentary behaviour in adults and older adults: a systematic review and meta-analysis. British Journal of Sports Medicine, 53(19), 1206–1213. https://doi.org/10.1136/bjsports-2017-098270
World Health Organization. (2020). Physical Activity.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.