Penerapan Pembelajaran PJOK dilihat dari Perspektif Guru (Linier dan Non Linier)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat guru-guru di Kabupaten Brebes tentang dua pendekatan utama manajemen pembelajaran profesional: PJOK linier dan non-linier. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan informasi melalui survei, wawancara, observasi, dan catatan. Sampel dalam penelitian ini adalah guru PJOK di SMP dan Sederajat se-Kecamatan Brebes yang berjumlah 9 orang. Hasil penelitian diketahui bahwa skor dari kuesioner yang menggunakan rentang skala sebagai acuan, diperoleh skor 3,66 untuk guru linier dan 3,45 untuk guru non linier, skor tersebut termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil observasi dan dokumentasi bahwa kualitas penerapan pembelajaran dan pengelolaan administrasi oleh guru linier dan non linier menunjukan variasi yang signifikan. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran dan mengelola administrasi tidak selalu berkorelasi langsung dengan status linier dan non linier, melainkan lebih bergantung pada kemampuan individu masing–masing guru.
References
Bagiastuti, N. K., Ayu, I., Werdika, K., & Sri, N. (2020). Model Pengembangan Rekognisi Pembelajaran Lampau Untuk Memperkuat Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, 6(2), 554–562.
Endrawan, I., & Martinus, M. (2023). Level of Physical Fitness of Elementary School Students in Class V. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 12–16. https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.52
Gultom, T. (2020). Penilaian Kinerja Guru Mengenai Profesionalisme Guru Di Smp Negeri 2 Pangaribuan Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2020, 2(3), 29–43.
Hudah, M., & Fitriawan, C. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievemen Division ( STAD ) dan Jigsaw terhadap Minat dan Hasil Belajar Bola Basket pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pecangaan, 1(3), 52–56.
Kanca, I. N. (2018). Menjadi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, 21–27.
Kusumawardhana, B. (2018). Perbandingan Metode Recovery Aktif dan Metode Corstability, 1(2).
Lafendry, F. (2020). Kualifikasi dan Kompetensi Guru dalam Dunia Pendidikan, 3, 1–16.
Mayorry, C. V., & Wijono. (2021). Survei Tingkat Motivasi Berprestasi Atlet Puslatda Jawa Timur Cabang Olahraga Bola Voli Pantai, 124–128.
Puji Utami, P. (2022). Strategi Pembelajaran PKN, (September), 1–187.
Raibowo, S., & Nopiyanto, Y. E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan pada SMP Negeri Se-Kabupaten Mukomuko melalui Pendekatan Model Context, Input, Process & Product (CIPP), 6(2), 146–165.
Rhiskita, T., Beauty, C., Rachman, A., & Tuasikal, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Permainan Sirkuit Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK, 6(2), 499–507.
Roesdiyanto, R. (2017). Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Dalam Komptensi Inti Pemahaman Tujuan Pembelajaran dan Memilih Materi Pembelajaran Sesuai Dengan Tingkat Perkembangan Peserta Didik). Seminar Pendidikan Nasional, Vol. 1, No.
Ryan, T., & Poirier, Y. (2014). Secondary Physical Education Avoidance and Gender : Problems and Antidotes, (July 2012).
Saichudin. (2014). Stres Oksidatif Pemicu Utama Kematian Sel Purkinje Otak Kecil ( Cerebellum ), 5–11.
Saitya, I. (2022). Pentingnya Perencanaan Pembelajan pada Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, 1(1), 9–13.
Sawianti, I. (2019). Pengaruh Sarana Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru, 1–7.
Septia, D., Permadi, P., & Nurhidayati, F. (2017). Survei Sarana Prasarana dan Ketersediaan Guru Pendidikan Jasmani Oahraga dan Kesehatan di SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung, 5, 868–871.
Sugiyono. (2010). metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d.
Sumantri, R. J., Afandi, R., Wati, Y. E. R., Mudayat, M., & Syarif, A. (2023). Improving Volleyball Bottom Passing Learning Results Through Playing Ball Throwing. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 24–30.
Taqwim, R. I., & Winarno, M. E. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmanni, Olahraga dan Kesehatan, 395–401.
Uysal, D. (2018). Negative Feelings of Turkish Student, (January). https://doi.org/10.5281/zenodo.1469726
Zuhri, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Kelengkapan RPP tahun 2019 melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan di MIN 7 Gunungkidul.
Zulfitri, H. (2019). Pendidikan Profesi Guru ( PPG ) sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru, 19, 130–136.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.