Hubungan antara Percaya Diri dengan Hasil Belajar Guling Depan Siswa SD

  • Hasni Hasni universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Jeane Betty Kurnia Jusuf Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Januar Abdilah Santoso Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Abstract

Teknik guling depan terlihat sederhan, namun tidak semua siswa dapat melakukanya. Banyak faktor yang mempengaruhi guling depan seperti faktor psikologi dan keterampilan motorik. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan tingkat percaya diri siswa dengan hasil belajar senam lantai teknik guling depan pada siswa SDN 008 Samarinda Seberang. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional, dan instrumen penelitiannya adalah kuesioner dan rubik terhadap kinerja kemampuan guling depan. Subjek pada penilitian ini adalah siswa SDN 008 Samarinda Seberang dengan populasi berjumlah 654 siswa, sampel pada penelitian ini siswa kelas III. Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pearson correlation sebesar 0,896, dimana didalam pedoman derajat hubungan menunjukkan bahwa kedua data berkorelasi sempurna dengan arah hubungan yang positif dan dapat diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 42,694 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka variable percaya diri (X) berpengaruh terhadap variable hasil belajar guling depan (Y). Dapat disimpulkan bahwa tingkat percaya diri siswa memiliki pengaruh positif dan sig nifikan terhadap hasil belajar teknik guling depan dalam senam lantai. Dengan demikian perlu adanya program yang mendukung pengembangan percaya diri siswa sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar menajdi lebih baik.

Keywords: Percaya Diri, Hasil Belajar, Guling Depan

References

Amar, K., Farida, E., & Satriawan, R. (2020). Tingkat Kebugaran Jasmani Masyarakat Kabupaten Bima Ditinjau Dari Sport Development Index. Smart Sport, 17(1).

Az’zahrah. (2022). Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Bimbingan Dan Konseling.

Daryanto, Z. P., & Effendi, A. R. (2023). Futsal Playing Skill Level of Futsal Extracurricular Participants. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 1–5.

Dian Permana, A. F. P. (2021). Psikolog Olahraga Pengembangan Diri dan Prestasi. books.google.com

Eka fitri Novita Sari. (2024). Aspek Pembelajaran dan Metode Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Adi Wijayanto, Sapto Wibow, & D. A. Q. Eka Fitri Novita Sari Nurkadri, Eds.). books.google.com

Endrawan, I., & Martinus, M. (2023). Level of Physical Fitness of Elementary School Students in Class V. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 12–16. https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.52

Gunawan. (n.d.). Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri Hubungan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Pada Siswa Kelas X.

IN Azizah, D. W. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa.

Irwan. (2020). Etika dan Perilaku Kesehatan. Absolute Publishing. books.google.com

Januar Santoso. (2022). Peran Penjas Dalam Implementasi Program Full Day School (FDS) Dilihat Dari Tingkat Kehadiran dan Prestasi Belajar Siswa. JPM: Jurnal Pendidikan Modern.

Jeane Betty Kurnia Jusuf, Nanda Alfian Mahardhika, Januar Abdilah Santoso, Bimo Alexander, & Ahmad Nuruhidin. (2023). The Relationship Between Student Learning Interest, Achievement Motivation and Student Parents ’ Support for UMKT Sports Education During the Pandemic on Student Learning Outcomes. Borneo Educational Journal (Borju), 5(1), 145–165. https://doi.org/10.24903/bej.v5i1.1272

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori &Terapan, 7(1), 2087–1708.

Prihandrijani E. (2016). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Dukungan Sosial Terhadap Flow Akademik Pada Siswa Sma “X” Di Surabaya. Repository.

Reza, E. A., Syafei, M. M., & Achmad, I. Z. (2021). Tingkat Rasa Percaya Diri Siswa pada Pembelajaran Senam Lantai. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 4(2), 142–149. https://doi.org/10.31539/jpjo.v4i2.1832

Ricardo. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa . JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 1–92.

Riffa Nurlita Fallah, R. S. N. R. (2024). Motivasi Orangtua Memilih Lembaga Bimbingan Belajar Anak Hebat (Ahe). Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran.

Sabarrudin, Silvianetri, Y. N. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Salahudin, S., Satriawan, R., Muhammad, M., & Furkan, F. (2023). The Role of Swimming in Maintaining Body Health From an Islamic Perspective. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 17–23. https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.54

Sasmarianto, S., & Kamarudin, K. (2023). Motor Ability of Elementary School Students in Upper Class. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 6–11.

Satriawan, R. (2019). The Effect of Physical Fitness on The Grade Point Average of Students of Physical Education at STKIP Taman Siswa Bima. Malaysian Journal of Movement, Health & Exercise, 8(2), 131–137.

Satriawan, R. (2022). Perbedaan Empati Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga dan yang Tidak Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga. Jurnal Pendidikan Olahraga, 12(2), 13–17.

Solihin N. (2023). Menjadi Guru Informatif Di Era Teknologi Terkini. Jurnal Mathlaul Fatah.

Sumantri, R. J., Afandi, R., Wati, Y. E. R., Mudayat, M., & Syarif, A. (2023). Improving Volleyball Bottom Passing Learning Results Through Playing Ball Throwing. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 24–30.

Tanjung Z. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Riset Tindakan Indonesia.

W Kusrini. (2013). Hubungan Dukungan Sosial Dan Kepercayaan Diri Dengan Prestasi Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Boyolali.

Published
2024-06-30
Abstract viewed = 25 times
PDF downloaded = 12 times