Pengaruh Metode Part and Whole (PnW) terhadap Hasil Latihan Renang Gaya Bebas
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) tingkat kemampuan renang gaya bebas siswa SMP IT BBS. 2) apakah metode part and whole berpengaruh secara signifikan terhadap hasil latihan renang gaya bebas siswa SMP IT BBS. 3) seberapa besar sumbangan efektif metode part and whole terhadap hasil latihan renang gaya bebas siswa SMP IT BBS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMP IT BBS sebanyak 231 siswa. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik purposive yaitu dengan kriteria tertentu sehingga jumlah sampel penelitian sebanyak 32 siswa SMP IT BBS. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan pretest dan posttest. Pengambilan data yang dilakukan mengunakan instrument tes renang gaya bebas 25 meter dengan item-item tes yang ditentukan serta menggunakan bantuan dua expert judgment. Metode PnW efektif dalam meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas dengan membagi keterampilan kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih mudah dipelajari. Dari perspektif kognitif, metode ini mengurangi beban kognitif dan memfasilitasi pembelajaran bertahap. Dari perspektif motorik, metode ini memperkuat keterampilan dasar sebelum digabungkan. Diketahui bahwa mean pretest mendapat nilai 11,5938, mean postest dengan nilai 25,9375, nilai minimum pretest 06,00 dan nilai minimum posttest 20,00, berdasarkan dari hasil analisis terdapat signifikansi 0,000, yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan antara pretest dan posttest, data dinyatakan signifikan bila hasil lebih kecil dari 0,05. Pada hasil latihan renang gaya bebas peningkatan dibuktikan dengan perhitungan persentase 76%. Secara keseluruhan, PnW memberikan peningkatan signifikan pada keterampilan renang siswa SMP dibandingkan siswa SD.
References
Alfian Mahardhika, N., Betty, J., Jusuf, K., & Priyambada, G. (2018). Dukungan Orangtua Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SKOI Kalimantan Timur Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani. In Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia (Vol. 14, Issue 2).
Budiarto mega teguh, Wijayanti pradnyo, & Susanah. (2023). Menilai Kualitas Soal Setara Akm Komponen Literasi Numerik Buatan Guru Smp Di Kabupaten Madiun Berdasarkan Konten, Konteks, Level Kognitif, Dan Variasi Soal. Menilai Kualitas Soal Setara Akm Komponen Literasi Numerik Buatan Guru Smp Di Kabupaten Madiun Berdasarkan Konten, Konteks, Level Kognitif, Dan Variasi Soal.
Bungawati Bungawati. (2022). Peluang dan Tantangan Kurikulum Merdeka Belajar Menuju Era Society 5.0. Peluang Dan Tantangan Kurikulum Merdeka Belajar Menuju Era Society 5.0.
darmawan ibnu, winarno.M, & kurniawan agung. (2017). Penerapan Metode Part-whole untuk Meningkatkan Ketrampilan Senam Ketangkasan Gerakan Round-off pada Siswa Kelas XI RPL-3 SMK Negeri 5 Malang. Penerapan Metode Part-Whole Untuk Meningkatkan Ketrampilan Senam Ketangkasan Gerakan Round-off Pada Siswa Kelas XI RPL-3 SMK Negeri 5 Malang.
Darussalam, I. (2023). Hubungan Keterampilan Motorik, Teknik Dasar Futsal dengan Motivasi Berprestasi Siswa Ekstrakurikuler Futsal di SMP Negeri 4 Samarinda.
Daryanto, Z. P., & Effendi, A. R. (2023). Futsal Playing Skill Level of Futsal Extracurricular Participants. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 1–5.
Edi Wahyudi, M. (2022). Pengembangan model TABATA training untuk meningkatkan kecepatan renang 50 meter gaya kupu-kupu. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(4), 1191. https://doi.org/10.29210/020232151
Endrawan, I. B., Martinus, Satriawan, R., & Amar, K. (2020). The relationship of running agility and speed with the ability to dribble the student participants in the extracurricular futsal activities. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 8(6), 68–72. https://doi.org/10.13189/saj.2020.080712
Febrita Yolanda, & Ulfah Maria. (2019). Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.
Firmansyah, B., & Hartoto, S. (2023). Pengaruh Metode Part And Whole Drill Jarak Pendek Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Kupu-Kupu. 11. https://doi.org/10.32682/bravos.v11i2/3072
Friyadi, T. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Part and Whole untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Materi Kebugaran Jasmani. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(3), 639–653. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i3.200
Friyadi Tedy. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Part and Whole untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Materi Kebugaran Jasmani. Penerapan Metode Pembelajaran Part and Whole Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Materi Kebugaran Jasmani.
Hasmarita, S. (2022). The Effect of Overall Method and Part Method on Table Tennis Forehand Service Skills. In Journal of Physical and Outdoor Education (Vol. 4, Issue 1).
Hernama Hendra, & Maharani Anggita. (2023). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Smp. Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Smp.
Hidayat Suharto, T., Metode Latihan Dan Kecemasan, P., Eksperimen Siswa Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta Utara, S. S., & Hidayat Suharto STIKIP Setia Budhi Rangkasbitung, T. (2017). Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga (Vol. 16, Issue 2).
H’mida cyrine, degrene olivier, souissi nafaa, rekik ghazi, trabelsi khaled, jarraya mohamed, luiqi bragazzi nicola, & khacharem aimen. (2020). Learning a Motor Skill from Video and Static Pictures in Physical Education Students—Effects on Technical Performances, Motivation and Cognitive Load. Environ Res Public Health.
Jaelani Abdurrahman, Ilhamuddin Ilhamuddin, & Syamsuadi Ahmad. (2023). Deskripsi Kemampuan Menyelesaikan Masalah Spasial Siswa Smp Berdasarkan Gaya Kognitif Impulsif Dan Reflektif. Deskripsi Kemampuan Menyelesaikan Masalah Spasial Siswa Smp Berdasarkan Gaya Kognitif Impulsif Dan Reflektif.
Kartiningtya, E., Betty, J., & Jusuf, K. (2024). Hubungan Motivasi Belajar Dan Dukungan Orangtua Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp It Nurul Ilmi Tenggarong The Relationship Between Learning Motivation And Parental Support With Student Learning Outcomes In Grade Viii Smp It Nurul Ilmi Tenggarong. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JOSITA
Kharis Ahmad. (2022). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas III. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III.
Maiti Misratun, Habib.M, & Pardi Husnial. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif, Impulsif, Dan Gender. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif, Impulsif, Dan Gender.
Maryani Tevi. (2020). Pengaruh Partisipasi Pemakai Sistem Informasi, Kemampuan Pemakai Sistem Informasi, Ukuran Organisasi, Program Pelatihan Dan Pendidikan Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Pengaruh Partisipasi Pemakai Sistem Informasi, Kemampuan Pemakai Sistem Informasi, Ukuran Organisasi, Program Pelatihan Dan Pendidikan Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi.
Novitasari Septiana. (2018). Peningkatan Keterampilan Renang Gaya Bebas Menggunakan Metode Part And Whole Pada Atlet Pemula Usia 10-13 Tahun Club Renang Tirta Nirwana Kota Malang. Peningkatan Keterampilan Renang Gaya Bebas Menggunakan Metode Part And Whole Pada Atlet Pemula Usia 10-13 Tahun Club Renang Tirta Nirwana Kota Malang.
Pertiwi Maharani. (2017). Hubungan Motivasi Intrinsik Dengan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Smp. Hubungan Motivasi Intrinsik Dengan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Smp.
Priyambada, G., Prayoga, A. S., Utomo, A. W. B., Saputro, D. P., & Hartono, R. (2022). Sports App: Digitalization of Sports Basic Movement. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 10(1), 85–89.
Rahayu.S. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Media Gambar Pada Siswa Menengah Pertama. Peningkatan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Media Gambar Pada Siswa Menengah Pertama.
Rahmadini diveti arsa, & Hartoto setiyo. (n.d.). Pengaruh Metode Pembelajaran Part and Whole Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas (Crawl) Pengaruh Metode Pembelajaran Part And Whole Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas (Crawl) (Studi pada siswa kelas VII SMP AL-Falah Surabaya) Diveti Arsa Rahmadini*, Setiyo Hartoto. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive
Renato Adrian, Cholid. A, & Suharti. (2022). Pengembangan Program Latihan Freeletics Terhadap Indeks Massa Tubuh (Imt) Dan Vo2max di Komunitas Freeletics Kota Surabaya. Pengembangan Program Latihan Freeletics Terhadap Indeks Massa Tubuh (Imt) Dan Vo2max Di Komunitas Freeletics Kota Surabaya.
Rusmayani Putu Eka. (2021). Penerapan Model Siklus Belajar 7E untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Penerapan Model Siklus Belajar 7E Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP.
Salahudin, S., Satriawan, R., Muhammad, M., & Furkan, F. (2023). The Role of Swimming in Maintaining Body Health From an Islamic Perspective. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 17–23.
Santoso1, J. A., Alamanda2, K. P., Rahmawati3, Y., Muhammadiyah, U., & Timur, K. (2019). Sport Enterpreneur: Usaha Kursus Renang Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Sport Enterpreneur: Usaha Kursus Renang Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.
Sasmarianto, S., & Kamarudin, K. (2023). Motor Ability of Elementary School Students in Upper Class. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 6–11.
Satriawan, R. (2021). Peran Orangtua dalam Pembelajaran Penjas pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Kendo Kota Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga, 11(2), 26–32.
Sumantri, R. J., Afandi, R., Wati, Y. E. R., Mudayat, M., & Syarif, A. (2023). Improving Volleyball Bottom Passing Learning Results Through Playing Ball Throwing. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 24–30.
Suryaningsih Lestari. (2017). Perbandingan Kemampuan Motorik Siswa Smp Yang Mengimplementasikan Kurikulum 2006 Dan Kurikulum 2013 (Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri Se-Kec. Menganti, Kab. Gresik). Perbandingan Kemampuan Motorik Siswa Smp Yang Mengimplementasikan Kurikulum 2006 Dan Kurikulum 2013 (Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri Se-Kec. Menganti, Kab. Gresik).
Susanto, E., Bayok, M., Satriawan, R., Festiawan, R., Kurniawan, D. D., & Putra, F. (2023). Talent Identification Predicting in Athletics: A Case Study in Indonesia. Ann Appl Sport Science, 11(1), 1102–1112.
Suwarto. F. (2017). Hubungan Antara Ketahanan Fisik Mental Spiritual Dan Kemampuan Mengelola Stres Serta Tingkat Kepercayaan Diri Dengan Motivasi Kerja. Hubungan Antara Ketahanan Fisik Mental Spiritual Dan Kemampuan Mengelola Stres Serta Tingkat Kepercayaan Diri Dengan Motivasi Kerja.
Swiartha Agus Wahyu, Agus Adi Saputra, Kanca.I.N, & Wijaya Made Agus. (2023). Hasil Belajar PJOK Materi Passing Atas Bolavoli Peserta Didik Kelas IX E Meningkat Melalui Metode Part And Whole Berbantuan Feedback Visual. Hasil Belajar PJOK Materi Passing Atas Bolavoli Peserta Didik Kelas IX E Meningkat Melalui Metode Part And Whole Berbantuan Feedback Visual
Trimizi, T., Iman, I., & Elfry, E. (2020). Pengaruh Part Whole Method Terhadap Teknik Dasar Passing Bawah Bola Voli. Jurnal Pendidikan Jasmani Khatulistiwa, 1(1), 19. https://doi.org/10.26418/jpjk.v1i1.43579
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.