Pengaruh Alat Bantu Papan Pelampung terhadap Keterampilan Renang Gaya Bebas
Abstract
Renang Salah satu komponen pelajaran olahraga di sekolah dasar, memiliki manfaat luas dalam pengembangan fisik, psikologis, dan sosial siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana penggunaan papan pelampung berdampak pada keterampilan renang gaya bebas pada siswa sekolah dasar di Club GSS Samarinda. Namun, banyak siswa di sekolah dasar ini masih kurang dalam keterampilan renang gaya bebas. Jenis penelitian ini kuantitatif, populasi terdapat 50 siswa sampel penelitian terdiri dari 30 siswa menggunakan penelitian purposive sampling, pada penelitian ini menggunakan intrumen tes keterampilan renang gaya bebas 25 meter melalui pretest dan posttest. Nilai rata-rata kemampuan siswa 12.53 (±2.030) pada pretest menjadi 23.70 (±2.366) pada posttest. Uji korelasi menunjukkan hubungan signifikan antar variabel dengan koefisien korelasi sebesar 0.810. Hasil uji t menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest, dengan nilai signifikansi 0.000. Uji efektivitas dengan skor N-Gain menunjukkan kategori "sedang" dengan nilai rata-rata 0,6473 dan kategori "cukup efektif" dengan nilai rata-rata 64,73%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan papan pelampung meningkatkan keterampilan renang gaya bebas siswa sekolah dasar secara signifikan. Alat bantu ini memudahkan siswa dalam belajar mengatur posisi tubuh, gerakan kaki dan tangan, serta teknik pengambilan napas.
References
Ariyadi, & Mahardhika. (2022). Penerapan manajemen latihan cabang olahraga pencak silat di Sekolah Khusus Olahragawan Internasional Kalimantan Timur: Indonesia. *Borneo Studies and Research, 4*(1), 330-335.
Apriliyanto, B., & Hartoto. (2017). Pengaruh penerapan alat bantu pull buoy dan papan luncur terhadap hasil belajar renang gaya bebas (crawl stroke). *Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 5*(2).
Sanjaya, D., & Rediani, N. (2022). Berbantuan video model latihan renang gaya bebas terhadap penguasaan gaya bebas dan kecepatan renang siswa sekolah dasar. *Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6*(2), 297–305.
Jeminel. (2023). Efektifitas hasil belajar teknik gerak kaki pada renang gaya dada menggunakan media bantu papan pelampung. *Jurnal Pendidikan Tambusai, 7*(1), 1765-1775.
Putra, R. L., & Rahmat, A. (2024). Meningkatkan kepercayaan diri melalui pembelajaran renang: Sebuah penelitian systematic literature review. *Joker (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 5*(1), 2723-584.
Mirhan, O., Betty, J., & Jusuf, K. (2016). Hubungan antara percaya diri dan kerja keras dalam olahraga dan keterampilan hidup. *Jurnal Olahraga Prestasi, 12*(1), 86.
Murwantoko, M., Diniarti, E., & Triyanto, T. (2019). Isolation, characterization and pathogenicity of Edwardsiella tarda a causative disease on freshwater fish in Yogyakarta. *Jurnal Perikanan Universitas Gadjah Mada, 21*(1), 2502-5066.
Abduh, M. R., & Riswanto, A. (2019). Pengaruh latihan swimming board terhadap peningkatan teknik renang gaya bebas club Garuda Laut Palopo. *Jurnal Universitas Muhammadiyah Palopo, 1*-12.
Rezki, R., Jatra, R., & Sm, N. R. (2019). Analisis teknik renang gaya bebas pada mahasiswa mata kuliah renang. *Journal Sport Area, 4*(1), 259.
Rizkiyansyah, A., & Mulyana. (2019). Pengaruh media papan luncur dan pull buoy pola metode drill terhadap hasil belajar teknik dasar renang gaya bebas. *Jurnal Kepelatihan Olahraga, 11*(2), 2086-339.
Rohman, U. (2019). Penerapan metode latihan interval dalam meningkatkan kecepatan renang gaya bebas 50 meter. *Jurnal Ilmiah Spirit Sport, Pendidikan, Ilmu & Riset, 19*(1), 1411-8319.
Syanjaya, T., Abdilah Santoso, J., Aji Ramadhan, P., & Syahrial, M. R. (2023). Penggunaan alat bantu untuk meningkatkan keterampilan dasar renang gaya bebas (studi pada siswa SMP Islam Bunga Bangsa Samarinda). *IJCE, Indonesia Journal of Community Engagement, 5*(1), 1-38.
Triantoro, B., & Nugroho, W. (2023). Pengaruh latihan menggunakan media pull buoy dan hand fin terhadap kecepatan renang gaya bebas atlet. *Jurnal Seminar Nasional Keindonesiaan Fakultas Pendidikan IPS dan Keolahragaan, 1985-1996*.
Wardhani, R. (2022). Pengaruh kekuatan otot terhadap kecepatan renang gaya bebas club Renang Bintang Khatulistiwa Pontianak. *SPJ: Sport Pedagogy Journal, 1*(1), 103-109.
Prawira, A. Y., Prabowo, E., & Febrianto, F. (2021). Model pembelajaran olahraga renang anak usia dini: Literature review. *Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7*(2), 300–308.
Yetti, Y. (2022). Penggunaan alat bantu papan pelampung dan bantuan teman dalam upaya meningkatkan keterampilan gerak dasar renang gaya punggung pada peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Siak Hulu. *Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6*(3), 736–744.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.