Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Teaching Games for Understanding dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Lompat Jauh

  • Mujriah Mujriah Universitas Pendidikan Mandalika Mataram
  • Indri Susilawati Universitas Pendidikan Mandalika Mataram

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Teaching Games For Understanding (TGfU) terhadap motivasi belajar lompat jauh siswa SDN Petak Praya Barat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest pada satu kelompok. Sebanyak 41 siswa dijadikan sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui tes motivasi belajar yang dilakukan sebelum (pretest) dan setelah (posttest) pemberian perlakuan TGfU. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 103.0256 pada pretest menjadi ke posttest 1129.4871 pada posttest. Uji normalitas dengan Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Uji homogenitas variansi menunjukkan bahwa data tidak homogen. Uji-T paired sample t test menghasilkan nilai signifikan (sig.) sebesar 0.000, yang lebih kecil dari 0.05, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran TGfU terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan TGfU efektif dalam meningkatkan motivasi belajar lompat jauh siswa. Disarankan agar model pembelajaran TGfU diterapkan secara luas dalam kurikulum pendidikan jasmani, dengan dukungan pelatihan guru dan variasi metode pembelajaran untuk memaksimalkan keterlibatan dan motivasi siswa. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi lebih dalam dampak jangka panjang dan adaptasi model TGfU untuk berbagai jenis olahraga.

Keywords: Model Pembelajaran TGFU, Motivasi Belajar, Lompat Jauh

References

Alifia, E., Muhammad, H. N., & Hidayat, T. (2023). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dan TGfU (Teaching Games for Understanding) terhadap Motivasi Belajar pada Materi Keterampilan Kebugaran Jasmani. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 745–761. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.6019

Bagas Pambudi, K., Pujianto, D., Eko Nopiyanto, Y., & Prabowo, A. (2024). Teaching Games For Understanding: Application of learning methods to volleyball material. Indonesian Journal of Sport, Health and Physical Education Science, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.58723/inasport.v2i1.147

Fernando, R., Zulrafli, Z., Jatra, R., Sasmarianto, S., Candra, O., & Permadi, A. A. (2024). Keefektifan Model Pembelajaran TGFU dalam Meningkatkan Performa Bermain Sepak Bola: Studi Kasus Mahasiswa Prodi Penjaskesrek Universitas Islam Riau. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 8(1), 169–177. https://doi.org/10.37058/sport.v8i1.9420

Ghorbanzadeh, B., Kirazci, S., & Badicu, G. (2024). Comparison of the effect of teaching games for understanding, sport education, combined and linear pedagogy on motor proficiency of children with developmental coordination disorder. Frontiers in Psychology, 15, 1385289. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1385289

Gustian, U., Gandasari, F. M., & Mahendra, A. (2024). Effectiveness of Teaching Games for Understanding (TGfU): Using a modified Kasti game to stimulate elementary school students’ motor skills. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 5(1), 54–63. https://doi.org/10.25299/esijope.2024.vol5(1).16335

Gustiawati, R., & Ismaya, B. (2020). Small-side game terhadap peningkatan kebugaran jasmani peserta esktrakurikuler sepak bola smpn 2 cilamaya kulon.

Hidayat, A. S., Badriah, L., & Maryati, R. (n.d.). Efektivitas kompetensi profesional guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. 10.

Irda Wahyuni Hasibuan, J. H. H. S. (2024). Motivasi, Pengajaran, dan Pembelajaran. https://doi.org/10.5281/ZENODO.10467151

Juniarsih, W., Maftuhah, Y., & Syamsiyah, S. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Simetri Lipat Dan Simetri Putar Melalui Media Sparkol. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 8–17. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i1.87

Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67

Ningsih, E. P. (n.d.). Analisis Peran Pembelajaran Berbasis Permainan dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa pada Pelajaran PJOK.

Nugroho, R., & Warmi, A. (2022). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa di smpn 2 tirtamulya.

Nuraini, A., Bayani, Q. N. N., Azahra, R. K. F., Habibah, R. I., Zahirah, S. N., & Mulyana, A. (n.d.). Analisis nilai-nilai karakter dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar.

Oktadinata, A., Adrizal, M., Munar, H., & Putra, A. J. (2024). Life skills in tarung derajat.

Pujianto, A. (2014). Persepsi guru pendidikan jasmani terhadap model teaching games for understanding (tgfu). Journal of Physical Education.

Rustandi, R., Sudrazat, A., & Rahman, A. A. (2024). Analisis tingkat motivasi siswa sekolah dasar dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepak bola di kecamatan situraja. 9.

Rustanto, H. (2023). Melatih kemampuan berpikir kritis dengan metode teaching games for understanding (tgfu) mata pelajaran penjasorkes siswa sekolah menengah pertama (smp) di kota pontianak. 12.

Sandika, A., & Mahfud, I. (2021). Penerapan Model Latihan Daya Tahan Kardiovaskuler With The Ball Permainan Sepak Bola SSB BU Pratama. Journal Of Physical Education, 2(1), 32–36. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.859

Sayuthi, H., & Maesaroh, S. (n.d.). Efektivitas program bantuan operasional sekolah dalam meningkatkan akses pendidikan.

Sumantri, R. J., Afandi, R., Wati, Y. E. R., Mudayat, M., & Syarif, A. (2023). Improving Volleyball Bottom Passing Learning Results Through Playing Ball Throwing. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 24–30. https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.34

Tyas, J. P., Kusuma, D. W. Y., Hadi, H., Hidayat, R., & Festiawan, R. (2023). The relationship between social interaction abilities and physical education learning participation of childrens with special needs on locomotor movements in inclusive elementary schools. Journal Of Sport Education (JOPE), 6(1), 49. https://doi.org/10.31258/jope.6.1.49-59

Wijaya, O. P., & Bukhori, I. (2017). Effect of learning motivation, family factor, school factor, and community factor on student learning outcomes on productive subjects. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 3(3), 192–202. https://doi.org/10.17977/um003v3i32017p192

Published
2024-08-06
Abstract viewed = 35 times
PDF downloaded = 40 times