Implementasi Model Jigsaw dalam Meningkatkan Sikap Gotong Royong pada Pembelajaran PJOK SMP

  • Insan Kamil Muttaqin Ramadhan Universitas PGRI Semarang
  • Danang Aji Setiawan Universitas PGRI Semarang
  • Rinto Hartadi Universitas PGRI Semarang

Abstract

Tingkat gotong royong kelas VIII D cukup rendah terlihat dari siswa yang masih belajaran kelompok namun masih memilih temannya untuk berkelompok tidak menerima jika berkelompok dengan teman yang tidak disukai. Mendefinisikan bagaimana pendekatan pembelajaran Jigsaw telah membantu siswa kelas VIII D mengembangkan rasa gotong royong yang lebih kuat ialah tujuan penelitian ini. Populasi penelitian ini terdiri dari semua 32 siswa di kelas VIII D. Data untuk penyelidikan ini dikumpulkan melalui penggunaan metode observasi, wawancara, sertra dokumentasi. Lembar observasi yang mengukur kapasitas untuk mengambil semangat kooperatif adalah alat yang digunakan. Mengurangi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan semuanya termasuk dalam analisis data. Rumus persentase untuk setiap aspek digunakan untuk menentukan data, yang kemudian dikategorikan tergantung pada persentasenya. Hasil observasi tingkat gotong royong siswa membaik setelah menggunakan model jigsaw yaitu, aspek menghargai sesama meningkat dari 44% menjadi 81%, aspek kerja sama 53% menjadi 84%, aspek empati 47% menjadi 69%, aspek musyawarah 53% menjadi 91%, aspek anti deskriminasi 50% menjadi 72%, Oleh karena itu, implementasi model jigsaw menunjukkan hasil baik karena dapat meningkatkan sikap gotong royong siswa pada pembelajaran pjok materi pencak silat. Jika tidak diberi upaya maka akan berdampak pada rendahnya solidaritas dan rasa kepedulian siswa yang berdampak juga tercapainya tujuan pembelajaran.

Keywords: Model Jigsaw, Gotong Royong, Pembelajaran PJOK

References

A’yun, Q., Pamungkas, M. B. A., Zahroh, I., Afandi, R. G., & Zulkarnaen, Z. (2023). Penerapan Nilai Iman, Takwa dan Akhlak Mulia Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 16(1), 9–20. https://doi.org/10.32832/tawazun.v16i1.8650

Amira Intania. (2024). Implementasi Kebijakan Program Gotong Royong ( Studi di Kecamatan Bukit Kecil Kota Palembang ), 24(2), 1132–1136. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i2.5242

Anggara Suganda, M., & Insan Kamil. (2023). Profil Kemampuan Vo2 Max Ektrakurikuler Sepak Bola Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga, 13(2), 15–20. https://doi.org/10.37630/jpo.v13i2.1243

Aprilyanti, S., Asbari, M., Supriyanti, A., & Fadilah, I. A. (2024). Catatan Pendidikan Indonesia: Evaluasi, Solusi, & Ekspektasi. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 31–34. https://doi.org/https://jisma.org

Aziz, I. (2021). Proses Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6158–6167. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1819

Camellia. (2023). Desain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk Menanamkan Nilai Karakter Mandiri, Kreatif dan Gotong-Royong. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(1), 74–83. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i1.8260

Erviana, R., Qomariyah, S., Nurafifah, S., Rizki, N. J., & Neneng, N. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Kerjasama Antar Siswa. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(2), 52–64.

Fatimah. (2022). Profil Interaksi Sosial Rendah Kelas Viii Di Sekolah Menengah Pertama Ummul Quro. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 5(6), 423–429. https://doi.org/10.22460/fokus.v5i6.9358

Fatonah, S. (2024). Penggunaan Model Teams Games Tournament untuk meningkatkan Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 24–29. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.367

Ferdy. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Dan Aktivitas Belajar Ipa Siswa Di Smk Negeri 2 Tondano. Soscied, 6(1), 11. https://doi.org/https://doi.org/10.32531/jsoscied.v6i1.637

Fristy, A. (2023). Analisis nilai-nilai bhineka tunggal ika untuk sekolah menumbuhkan profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 135–145.

Hasanah, P. N., Safitri, D., & Sujarwo. (2024). Analisis Pemanfaatan Pembelajaran IPS Berbasis Media Teknologi Dalam Menghadapi Society 5.0. Sindoro Cendekia Pendidikan, 3(12), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i12

Hayati, R. K. (2022). Penanaman Karakter Gotong Royong dan Tanggung Jawab melalui Metode Pembiasaan di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419–6427. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3248

Ikhlas, S. (2024). Visualisasi Data Penerimaan Santri Baru Sebagai Media Informasi Menggunakan Looker Studio. SISITI: Seminar Ilmiah Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 13(1), 151–157. https://doi.org/https://ejurnal.dipanegara.ac.id/index.php/sisiti/issue/archive

Muktamar, A., Yusri, H., Reski Amalia, B., Esse, I., & Ramadhani, S. (2024). Transformasi Pendidikan: Menyelami Penerapan Proyek P5 untuk Membentuk Karakter Siswa. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 5. https://doi.org/https://doi.org/10.62504/t3r1by91

Patmisari. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Mandiri dan Gotong Royong melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(2), 89–99. https://doi.org/10.54371/ainj.v5i2.411

Rien Anitra. (2021). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawdalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 8–12. https://doi.org/https://core.ac.uk/reader/389015320

Salahudin, S., & Furkan, F. (2024). The Role of Physical Education and Sports in Shaping the Nation’s Character. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.59923/champions.v2i1.91

Satriawan, R., Amar, K., & Fitriani, A. (2023). Permainan Tradisional Tapa Gala Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Karakter Gotong Royong dalam Implementasi Profil Pelajar Pancasila. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 3(2), 236–242.

Suciptaningsih. (2024). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Flipbook Pola Hidup Gotong Royong untuk Meningkatkan Antusias Belajar Siswa Kelas IV SD, 7, 7198–7205. https://doi.org/http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Suryatin. (2024). Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipas Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, 1–11. https://doi.org/http://repository.stkippacitan.ac.id/cgi/

Yani, M. T., Rosyanafi, R. J., Hazin, M., Cahyanto, B., & Nuraini, F. (2024). Profil Pelajar Pancasila dari Perspektif Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kabupaten Kediri. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 10(1), 1–8. https://doi.org/10.26740/jrpd.v10n1.p1-8

Yuning Eka Rahma Wati, Riyan Jaya Sumantri, Irwanto, A. D. C. (2024). Relationship of Emotional Intelligence to Basic Locomotor Movements in Early Children. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.59923/champions.v2i1.156

Published
2024-08-29
Abstract viewed = 22 times
PDF downloaded = 4 times