Analisis Faktor Pendukung Penerapan Pendidikan Jasmani Berbasis Islami (PJBI) dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor pendukung dalam penerapan Pendidikan Jasmani Berbasis Islami (PJBI) untuk membentuk profil pelajar pancasila di SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru Pendidikan Jasmani, siswa, dan orangtua, dipilih berdasarkan pertimbangan dan karakteristik tertentu. Penelitian ini menggunakan peneliti sebagai instrumen utama, yang terjun langsung ke lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kisi-kisi wawancara digunakan sebagai panduan dalam merumuskan pertanyaan. Analisis data ini terdiri dari empat alur kegiatan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi/menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini ternyata kepala sekolah, guru, dan orangtua sangat berperan penting dalam mendukung PJBI siswa di sekolah. Kesimpulannya, penerapan PJBI dalam membentuk karakter profil Pancasila membutuhkan dukungan moral dan finansial dari kepala sekolah, kompetensi guru olahraga, serta peran aktif orangtua. Kerjasama dan koordinasi antara semua pihak menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan jasmani berbasis Islami dan pembentukan karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Saran dari peneliti untuk dapat mengoptimalkan faktor-faktor pendukung penerapan PJBI agar pembentukan karakter profil pelajar pancasila di sekolah dapat dilaksanakan dengan maksimal.
References
Ari Ratna Juwita. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Fasilitas, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 16(1), 61–69. https://doi.org/10.21067/jppi.v16i1.6974
Ashabul Kahfi. (2019). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 5(2), 138–151. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/402
Bayu Ariyantara, A. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Wates Terhadap Proses Pembelajaran Permainan Bolabasket. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 5(6), 1–8. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pjkr/article/view/2449/2111
Djarwo, C. F. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 1–7. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/2790
Dwi Gunadi. (2018). Peran Olahraga Dan Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Ilmiah Spirit, 18(3), 1–11. https://doi.org/10.36728/jis.v18i3.777
Endah Listyasari. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA NegeriI Se-Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, 1(1), 9–16. http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v1i1.154
Fakhruddin, A. (2011). Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam Dalam Konteks Persekolahan. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 9(2), 199–212.
Febria Friskawati, G., & Sobarna, A. (2018). Faktor Internal Pencapaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP), 18(3), 327–335. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15004
Gustini Rahmawati. (2015). Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa di Perpustakaan sekolah di SMAN 3 Bandung. Journal of Library and Information Science, 5(1), 102–113. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307.g1601
Hasnah, S., Susanto, N., Syahrudin, S., Solehuddin, Moh., Yuniarti, E., & Irawan, I. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Untuk Membentuk Karakter Ulul Albab. Jurnal At-Ta’dib, 18(1), 18–27. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i1.9909
I BagusEndrawan, & Feri AjiGunawan. (2017). Survei Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 10(1), 13–22. http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi
I Nyoman Mastra. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Pendampingan Klasikal Dan Individual Di Sd Negeri 26 Ampenan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 26–36. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v5i2.755
Jeane Betty Kurnia Jusuf, Andri Tria Raharja, & Nanda Alfian Mahardila. (2019). The Development Of Ritmic Gymnastic Model To Improve Basic Movementand Interest In Rytmic Gymsastic. Acitya Journal of Teaching & Education, 1(1), 2655–9722. https://doi.org/10.30650/ajte.v1i1.205
Mahyuddin, R. (2019). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Kemampuan Atensi Pada Siswa SMA Negeri 3 Enrekang Kabupaten Enrekang. Proseding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Negeri Makassar. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.371
Marce, S., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Islamic Education Jurnal, 1(2), 76–81. https://siducat.org/index.php/dawuh/article/view/138/121
Novalia, R. (2023). Analisis Kemandirian Siswa Sesuai Profil Pelajar Pancasila melalui Pendekatan Project Based Learning di Sekolah Dasar. Bima Journal of Elementary Education, 1(2), 41–47. https://doi.org/10.37630/bijee.v1i2.1225
Nur Islami, D., Nugraha Setiady, I., Lahagu, M., & Rachman, T. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Dalam Pendidikan (Implementation of Pancasila Values In Education). Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 1(1), 293–302. https://www.journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/emas/article/view/368
Pratama, A. H., Nurtajudin, N., & Harvianto, Y. (2022). Kedisiplinan dan Tanggungjawab Siswa dalam Pengaturan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. Journal Discourse of Physical Education, 1(2), 84–96. https://doi.org/10.36312/dpe.v1i2.880
QurrotiA’yun, MuhammadErik, & MulianaAsyifa Putri. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Peran Orang Tua dalam Mendukung Anak. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(4), 1851–1862. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.601
Ramadhan, S., Betty, J., Jusuf, K., Santoso3, J. A., & Mahardhika, N. A. (2023). Minat Siswa Dalam Mengikuti PembelajaranPJOKPada Materi Permainan Bola Besar di SMP IT Madina Samarinda. Sport-Mu Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 72–80. https://doi.org/10.32528/sport-mu.v4i2.20672
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100–111. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501
Rifqi Hamzah, M., Yuniar Mujiwati, Intan Mazidha Khamdi, M. Ibnu Usman, & M. Zainal Abidin. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Rilastiyo Budi, D. (2021). Modifikasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pembelajaran Pendidikan Jasmani, 2(2), 1–20. https://doi.org/10.31219/osf.io/2ke9y
Ruhaniah, N., Farida, Y. E., Syarifah, U., & Agustiana, S. P. (2024). Analisis Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Basicedu, 8(1), 61–70. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6914
Salahudin, S., Satriawan, R., & Muhammad, M. (2023). The Role of Swimming in Maintaining Body Health From an Islamic Perspective. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 17–23. https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.54
Santoso, J. A., Julianur, & Andy Widhiya Bayu Utomo. (2022). Peran Penjas Dalam Implementasi Program Full Day School (FDS) Dilihat Dari Tingkat Kehadiran dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Modern, 7(2), 60–66. https://doi.org/10.37471/jpm.v7i2.384
Siregar, L. S. B. (2021). Islamic Education: Factors that Affect Teachers in Building Student’s Islamic Character. International Journal of Asian Education, 2, 2722–8592. https://doi.org/10.46966/ijae.v2i4.211
Soedjatmiko. (2015). Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Journal of Physical Education, Health and Sport, 2(2), 57–64. https://doi.org/10.15294/jpehs.v2i2.4588
Suriyati, C., & Dhobit Azhary Lubis, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kurikulum Merdeka Kata kunci. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(10), 7710–7716. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2996
Sutardi. (2017). Peningkatan Kompetensi Menyusun RPP Melalui Bimbingan Berkelanjutan Guru SD. Jurnal Ilmiah Manajer Pendidikan Program Pascasarjana, 11(4), 355–358. https://doi.org/10.33369/mapen.v11i4.3311
Toni Ardi Rafsanjani, M. A. R. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Terhadap Perkembangan Anak Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kriyan Jepara. Jurnal Studi Islam, 20(1), 16–29. https://doi.org/10.23917/profetika.v20i1.8945
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.