Analisis Faktor Pendukung Penerapan Pendidikan Jasmani Berbasis Islami (PJBI) dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila

  • Syahrul Fazry Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Januar Abdilah Santoso Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur https://orcid.org/0000-0002-4825-1517
  • Jeane Betty Kurnia Jusuf Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor pendukung dalam penerapan Pendidikan Jasmani Berbasis Islami (PJBI) untuk membentuk profil pelajar pancasila di SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru Pendidikan Jasmani, siswa, dan orangtua, dipilih berdasarkan pertimbangan dan karakteristik tertentu. Penelitian ini menggunakan peneliti sebagai instrumen utama, yang terjun langsung ke lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kisi-kisi wawancara digunakan sebagai panduan dalam merumuskan pertanyaan. Analisis data ini terdiri dari empat alur kegiatan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi/menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini ternyata kepala sekolah, guru, dan orangtua sangat berperan penting dalam mendukung PJBI siswa di sekolah. Kesimpulannya, penerapan PJBI dalam membentuk karakter profil Pancasila membutuhkan dukungan moral dan finansial dari kepala sekolah, kompetensi guru olahraga, serta peran aktif orangtua. Kerjasama dan koordinasi antara semua pihak menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan jasmani berbasis Islami dan pembentukan karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Saran dari peneliti untuk dapat mengoptimalkan faktor-faktor pendukung penerapan PJBI agar pembentukan karakter profil pelajar pancasila di sekolah dapat dilaksanakan dengan maksimal.

Keywords: Pendidikan Jasmani Berbasis Islami, Profil Pelajar Pancasila

References

Ari Ratna Juwita. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Fasilitas, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 16(1), 61–69. https://doi.org/10.21067/jppi.v16i1.6974

Ashabul Kahfi. (2019). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 5(2), 138–151. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/402

Bayu Ariyantara, A. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 4 Wates Terhadap Proses Pembelajaran Permainan Bolabasket. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 5(6), 1–8. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pjkr/article/view/2449/2111

Djarwo, C. F. (2020). Analisis Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Motivasi Belajar Kimia Siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 7(1), 1–7. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jiim/article/view/2790

Dwi Gunadi. (2018). Peran Olahraga Dan Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Ilmiah Spirit, 18(3), 1–11. https://doi.org/10.36728/jis.v18i3.777

Endah Listyasari. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMA NegeriI Se-Kota Tasikmalaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana Administrasi Pendidikan, 1(1), 9–16. http://dx.doi.org/10.25157/adpen.v1i1.154

Fakhruddin, A. (2011). Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam Dalam Konteks Persekolahan. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 9(2), 199–212.

Febria Friskawati, G., & Sobarna, A. (2018). Faktor Internal Pencapaian Hasil Belajar Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK. Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP), 18(3), 327–335. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i3.15004

Gustini Rahmawati. (2015). Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa di Perpustakaan sekolah di SMAN 3 Bandung. Journal of Library and Information Science, 5(1), 102–113. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307.g1601

Hasnah, S., Susanto, N., Syahrudin, S., Solehuddin, Moh., Yuniarti, E., & Irawan, I. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Untuk Membentuk Karakter Ulul Albab. Jurnal At-Ta’dib, 18(1), 18–27. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i1.9909

I BagusEndrawan, & Feri AjiGunawan. (2017). Survei Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 10(1), 13–22. http://journal.binadarma.ac.id/index.php/jurnalbinaedukasi

I Nyoman Mastra. (2019). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Pendampingan Klasikal Dan Individual Di Sd Negeri 26 Ampenan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 5(2), 26–36. http://dx.doi.org/10.58258/jime.v5i2.755

Jeane Betty Kurnia Jusuf, Andri Tria Raharja, & Nanda Alfian Mahardila. (2019). The Development Of Ritmic Gymnastic Model To Improve Basic Movementand Interest In Rytmic Gymsastic. Acitya Journal of Teaching & Education, 1(1), 2655–9722. https://doi.org/10.30650/ajte.v1i1.205

Mahyuddin, R. (2019). Hubungan Tingkat Kebugaran Jasmani Dan Kemampuan Atensi Pada Siswa SMA Negeri 3 Enrekang Kabupaten Enrekang. Proseding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Negeri Makassar. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.371

Marce, S., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Administrator Dalam Peningkatan Kompetensi Guru. Islamic Education Jurnal, 1(2), 76–81. https://siducat.org/index.php/dawuh/article/view/138/121

Novalia, R. (2023). Analisis Kemandirian Siswa Sesuai Profil Pelajar Pancasila melalui Pendekatan Project Based Learning di Sekolah Dasar. Bima Journal of Elementary Education, 1(2), 41–47. https://doi.org/10.37630/bijee.v1i2.1225

Nur Islami, D., Nugraha Setiady, I., Lahagu, M., & Rachman, T. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Dalam Pendidikan (Implementation of Pancasila Values In Education). Ekonomi Manajemen Akuntansi Kewirausahaan, 1(1), 293–302. https://www.journal.lppmpelitabangsa.id/index.php/emas/article/view/368

Pratama, A. H., Nurtajudin, N., & Harvianto, Y. (2022). Kedisiplinan dan Tanggungjawab Siswa dalam Pengaturan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19. Journal Discourse of Physical Education, 1(2), 84–96. https://doi.org/10.36312/dpe.v1i2.880

QurrotiA’yun, MuhammadErik, & MulianaAsyifa Putri. (2023). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Peran Orang Tua dalam Mendukung Anak. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(4), 1851–1862. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.601

Ramadhan, S., Betty, J., Jusuf, K., Santoso3, J. A., & Mahardhika, N. A. (2023). Minat Siswa Dalam Mengikuti PembelajaranPJOKPada Materi Permainan Bola Besar di SMP IT Madina Samarinda. Sport-Mu Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 72–80. https://doi.org/10.32528/sport-mu.v4i2.20672

Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100–111. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501

Rifqi Hamzah, M., Yuniar Mujiwati, Intan Mazidha Khamdi, M. Ibnu Usman, & M. Zainal Abidin. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Rilastiyo Budi, D. (2021). Modifikasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Pembelajaran Pendidikan Jasmani, 2(2), 1–20. https://doi.org/10.31219/osf.io/2ke9y

Ruhaniah, N., Farida, Y. E., Syarifah, U., & Agustiana, S. P. (2024). Analisis Kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Basicedu, 8(1), 61–70. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6914

Salahudin, S., Satriawan, R., & Muhammad, M. (2023). The Role of Swimming in Maintaining Body Health From an Islamic Perspective. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 17–23. https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.54

Santoso, J. A., Julianur, & Andy Widhiya Bayu Utomo. (2022). Peran Penjas Dalam Implementasi Program Full Day School (FDS) Dilihat Dari Tingkat Kehadiran dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Modern, 7(2), 60–66. https://doi.org/10.37471/jpm.v7i2.384

Siregar, L. S. B. (2021). Islamic Education: Factors that Affect Teachers in Building Student’s Islamic Character. International Journal of Asian Education, 2, 2722–8592. https://doi.org/10.46966/ijae.v2i4.211

Soedjatmiko. (2015). Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Journal of Physical Education, Health and Sport, 2(2), 57–64. https://doi.org/10.15294/jpehs.v2i2.4588

Suriyati, C., & Dhobit Azhary Lubis, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Kurikulum Merdeka Kata kunci. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(10), 7710–7716. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2996

Sutardi. (2017). Peningkatan Kompetensi Menyusun RPP Melalui Bimbingan Berkelanjutan Guru SD. Jurnal Ilmiah Manajer Pendidikan Program Pascasarjana, 11(4), 355–358. https://doi.org/10.33369/mapen.v11i4.3311

Toni Ardi Rafsanjani, M. A. R. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Terhadap Perkembangan Anak Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kriyan Jepara. Jurnal Studi Islam, 20(1), 16–29. https://doi.org/10.23917/profetika.v20i1.8945

Published
2024-08-31
Abstract viewed = 6 times
PDF downloaded = 15 times