Pengaruh Metode Audio Visual terhadap Hasil Pembelajaran Guling Depan pada Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengukur dampak metode audio-visual terhadap kemampuan guling depan siswa kelas 3 SDN 008 Samarinda Seberang dengan desain eksperimen pretest-posttest satu kelompok dan purposive random sampling dengan kriteria pengambilan sampel dilihat dari kelas yang memiliki mata pelajaran senam ditahun ini, kelas yang dipilihkan oleh guru olahraga, dan siswa yang bersedia menjadi sampel penelitian. Penelitian ini melibatkan 25 siswa dari total populasi sebanyak 113 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen penilaian gerak guling depan yang sudah di uji coba dan memenuhi syarat validitas serta reliabilitas. Teknik pengumpulan data pada penelitian dengan menilai gerak guling depan sebelum dan setelah treatment diberikan. Setelah mendapatkan data peneliti melakukan uji prasyarat analisis, selanjutnya pengujian hipotesis, dan uji efektifitas. Hasil analisis data menunjukkan bahwa metode audio visual dapat meningkatkan pembelajaran guling depan, dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode audio visual berpengaruh signifikan dan efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran senam lantai, yang bermanfaat bagi guru, siswa, dan sekolah. Disarankan agar metode audio visual tidak hanya diterapkan dalam pembelajaran guling depan, tetapi dapat diterapkan pada semua materi pembelajaran olahraga lainnya.
References
Ansori, Y.Z. (2020) ‘Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar’, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), pp. 177–186. Available at: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.308.
Endrawan, I. and Martinus, M. (2023) ‘Level of Physical Fitness of Elementary School Students in Class V’, Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), pp. 12–16. Available at: https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.52.
Fikriyah, S.N. (2021) ‘Analisis Perkembangan Fisik-Motorik Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar Negeri Tajem’, Edunesia Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), pp. 200–207. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.121.
Jusuf, J.B.K., Raharja, A.T. and Mahardila, N.A. (2019) ‘the Development of Ritmic Gymnastic Model To Improve Basic’, Journal of Teaching & Education, 1(1), pp. 72–85. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.30650/ajte.v1i1.205.
Mulyanisngsih, F. (2009) ‘Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK)’, Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1), pp. 53–60. Available at: https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1508994&val=468.
Nurbakti, N.H. (2020) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Senam Lantai Tanpa Alat Siswa Sekolah Dasar melalui Pendekatan Bermain’, PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3), pp. 36–45. Available at: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i3.28023.
Pranata, S.E.S. and Kuncoro, B.F.T. (2014) ‘Penerapan Multimedia Berbasis Komputer dan LCD Proyektor Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli Pada Anak Tunarungu (Studi pada Siswa Kelas X SMALB Tunarungu Dharma Wanita Sidoarjo’, Penddikan Olahraga dan Kesehatan, 2(3), pp. 653–656. Available at: https://core.ac.uk/download/pdf/230794042.pdf.
Putra, M.S.P. et al. (2023) ‘Pemanfaatan Audio Visual Dalam Pembelajaran Keterampilan Guling Depan Sekolah Dasar Kelas Rendah’, JURNAL PENDIDIKAN JASMANI KHATULISTIWA, 4(2), pp. 248–256. Available at: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jpjk.v4i2.74677.
Saitya, I. (2015) ‘Pentingnya Perencanaan Pembelajaran Pada Pelajaran pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan’, PIOR Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1), pp. 9–13. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.56842/pior.v1i1.53.
Salahudin, S. and Furkan, F. (2024) ‘The Role of Physical Education and Sports in Shaping the Nation’s Character’, Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 2(1), pp. 1–8. Available at: https://doi.org/10.59923/champions.v2i1.91.
Sari, Y.Y. et al. (2024) ‘Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar’, Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), pp. 478–488. Available at: https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1657.
Sasmarianto, S. and Kamarudin, K. (2023) ‘Motor Ability of Elementary School Students in Upper Class’, Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), pp. 6–11. Available at: https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.53.
Sulfemi, W.B. and Nurhasanah (2018) ‘Penggunaan Metode Demontrasi Dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ips’, Jurnal Pendas Mahakam, 3(2), pp. 151–158. Available at: https://doi.org/10.31227/osf.io/qrhsf.
Sumantri, R.J. et al. (2023) ‘Improving Volleyball Bottom Passing Learning Results Through Playing Ball Throwing’, Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), pp. 24–30. Available at: https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.34.
Widowati, A. and Rasyono (2019) ‘Pengembangan Bahan Ajar Senam Lantai Untuk Pembelajaran Senam Dasar Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Jambi’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.