Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah dengan Strategi Kombinasi antara Massed Practice dan Distributed Practice Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli

  • Alif Putra Pradana Universitas Negeri Malang
  • M.E. Winarno Universitas Negeri Malang

Abstract

Latar belakang penelitian ini ialah penguasaan keterampilan passing bawah bolavoli yang rendah pada peserta ekstrakurikuler bolavoli putra MTs Miftahush Shibyan kecamatan Bantur. Tujuan penelitian yang terlaksana yakni mencari tahu peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli dengan strategi kombinasi antara massed practice dan distributed practice. Penelitian ini menerapkan rancangan penelitian tindakan kelas yang langkahnya mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek yang diteliti ialah peserta ekstrakurikuler bolavoli putra di MTs Miftahush Shibyan sebanyak 10 peserta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah instrumen tes berupa keterampilan proses dan keterampilan hasil menggunakan tes AAHPERD. Sumber datanya peneliti peroleh lewat tes yaitu keterampilan proses serta keterampilan hasil passing bawah bolavoli dengan uji AAHPERD. Metode analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan sebagai catatan hasil wawancara pelatih serta catatan refleksi pelatih. Sedangkan analisis kuantitatif dalam penelitian ini adalah Teknik analisis data uji statistik deskriptif kuantitatif. Jenis analisis statistik yang menggunakan persentase untuk menggambarkan karakteristik suatu sampel atau populasi. Penelitiannya diperoleh hasil di siklus 1 menunjukkan peningkatan yaitu 66%, dan meningkat pada siklus 2 menjadi 92%. Dan hasil tes keterampilan passing bawah bolavoli AAHPERD pada siklus pertama terjadi peningkatan dengan persentase 42,5% dan setelah dilaksanakannya siklus 2 terdapat kenaikan menjadi 80,5%. Hasil penelitian mengarah pada kesimpulan bahwa menggunakan strategi kombinasi antara massed practice dan distributed practice mampu memacu peningkatan keterampilan passing bawah bolavoli hingga masuk dalam kategori sangat baik setelah dilakukannya 2 siklus.

Keywords: Passing Bawah, Massed Practice, Distributed Practice, Bolavoli

References

Budiman, I. A. (2023). Paradigma Baru Belajar Motoriik. Cirebon: Lovrinz.

Daryanto, Z. P., & Effendi, A. R. (2023). Futsal Playing Skill Level of Futsal Extracurricular Participants. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 1–5. https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.55

Daryanto, Z. P., Rustanto, H., Effendi, A. R., & Fuzita, M. (2016). Pengaruh Latihan Distribute Practice Dan Massed Practice Terhadap Kemampuan Pukulan Forehand Tenis Meja Pada Mahasiswa Putra. Jurnal Pendidikan Olah Raga, 5(1), 71–81.

Destriani, Destriana, & Giartama. (2021). Teknik Pembelajaran Permainan Bola Voli Mix. Palembang: Bening Media Publishing.

Ginanjar, A., Kharisma, Y., Ramadhan, R., Effendy, F., Agustin, N. M., & Oktriani, S. (2021). Mengetahui, Mengenal, Mempraktikkan, dan Merancang Sport Education Menggunakan Cabang Olahraga Bola Voli. Yogyakarta: Deepublish.

Imistauma, A., Kusuma, L. S. W., & Imran, A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli Dengan Pendekatan Pembelajaran Massed Practice. Gelora: Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP Mataram, 8(1), 37–48.

Junianto, C., & Winarno, M. E. (2017). Pengaruh latihan distributed practice terhadap keterampilan passing bawah bagi peserta ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 10 Malang. Universitas Negeri Malang.

Kardiyanto, D. W., & Sunardi. (2020). Kepelatihan Bola Voli. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Kasanah, H. (2016). Pengaruh metode latihan massed practice dan distributed practice terhadap keterampilan dasar passing bolavoli ditinjau dari fleksibilitas punggung dan tungkai siswa putra sd Kemiren Srumbung Magelang (Studi Eksperimen pada Siswa Ekstrakurikuler Bolavoli S. UNS (Sebelas Maret University).

Kristiyani, T. (2020). Self-regulated learning: Konsep, implikasi dan tantangannya bagi siswa di Indonesia. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Latif, M. I. (2023). Pengaruh Latihan Padat dan Terdistribusi dalam Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Siswa Kelas XI SMK Bhakti Putra Bangsa Purworejo. In Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR) (Vol. 8).

Mahendra, A. (2020). Metode Latihan Dan Kelentukan Pergelangan Tangan Terhadap Hasil Latihan Shooting Free Throw Bola Basket. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 9(1), 9–21.

Maulana, A., Pratiwi, E., & Asri, N. (2024). Buku Ajar Teori dan Praktik Bola Basket. Palembang: Bening Media Publishing.

Mubarok, I. S. H. (2022). Implementasi Ekstrakurikuler Science Club untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa Tentang Science di MI NU Nurus Shofa Karangbener Bae Kudus. IAIN KUDUS.

Priambodo, W., Kusuma, D. W. C. W., & Sakti, N. W. P. (2021). Pengaruh Latihan Massed Practice Terhadap Kemampuan Chest Pass Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bola Basket Sma Negeri 1 Gunungsari Tahun Pelajaran 2018/2019. Gelora: Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan IKIP Mataram, 6(2), 126–130.

Purwati, A. E., & Srihandayani, T. (2021). Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 4 PJOK. Bmedia.

Ramdhani, R., Haikm, H., & Hammado, N. (2022). Pengaruh Latihan Massed Practice Terhadap Keterampilan Jump Shoot Pada Atlet Bolabasket Eleven Basketball Club Makassar. Journal of Sport Education, Coaching, and Health (JOCCA), 3(2), 100–109.

Satriawan, R. (2022). Perbedaan Empati Siswa yang Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga dan yang Tidak Mengikuti Ekstrakurikuler Olahraga. Jurnal Pendidikan Olahraga, 12(2), 13–17.

Siregar, H. E. (2014). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pada Passing Atas Bola Voli Melalui Penerapan Metode Distributed Practice Pada Siswa Kelas X Mas Ypks Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2013/2014. UNIMED.

Suhendro, A. (2007). Dasar-Dasar Kepelatihan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sumantri, R. J., Afandi, R., Wati, Y. E. R., Mudayat, M., & Syarif, A. (2023). Improving Volleyball Bottom Passing Learning Results Through Playing Ball Throwing. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 24–30. https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.34

Susilawati, D., & Safari, I. (2018). Tes dan Pengukuran. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Syamsuryadin Syamsuryadin, Sri Ayu Wahyuti, H. P. (2024). Cardiovascular Fitness Profile of Sleman Regency PLAPD Volleyball Athletes. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 2(1), 14–18. https://doi.org/10.59923/champions.v2i1.127

Wafil, A., & Hidayat, T. (2014). Perbandingan Metode Massed Practice Dan Distributed Practice terhadap Hasil Belajar Sepak Sila (Studi pada Siswa Kelas V SDN Sambikerep 2 Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(2), 436–443.

Wardoyo, T. (2018). Meningkatkan keterampilan kombinasi passing atas dan passing bawah permaninan bolavoli melalui metode distributed practice pada peserta putra ekstrakurikuler SMK Negeri 5 Malang.

Yuning Eka Rahma Wati, Riyan Jaya Sumantri, Irwanto, A. D. C. (2024). Relationship of Emotional Intelligence to Basic Locomotor Movements in Early Children. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 2(1), 25–32. https://doi.org/10.59923/champions.v2i1.156.

Published
2024-08-30
Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 5 times