Pengaruh Musik Electronic Dance Music sebagai Media Stimulasi terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Praktek Pembelajaran Atletik
Abstract
Penelitian ini difokuskan untuk mengevaluasi pengaruh musik EDM terhadap motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah atletik di Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo. Desain eksperimental pre- and post-test quasi-nonequivalent control group digunakan pada metodologi penelitian ini. Sebanyak 60 mahasiswa jurusan Pendidikan, Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi menjadi subjek penelitian. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok: kelas eksperimen (31 mahasiswa) dan kelas kontrol (29 mahasiswa). Skor Total motivasi belajar diukur menggunakan kuesioner yang sudah dirancang dan divalidasi oleh ahli. Analisis statistik menggunakan uji t berpasangan dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan rata-rata motivasi belajar (sig. 0,001) pada kelompok perlakuan( Eksperimen) dengan mendengarkan musik EDM dan tidak ada perbedaan rata-rata motivasi belajar (sig. 0,930) pada mahasiswa kelompok kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan motivasi belajar mahasiswa setelah diberikan perlakuan, yang awalnya hanya diberikan pembelajaran konvensional dengan tidak ada musik EDM. Para mahasiswa menunjukkan semangat dan antusiasme yang lebih tinggi selama mengikuti proses pembelajaran saat kegiatan berlangsung. Oleh sebab itu bisa disimpulkan bahwa mahasiswa PJKR A 2023 Universitas Katolok Santo Agustinus Hippo sangat termotivasi untuk belajar ketika mendengarkan musik EDM.
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2442–9511. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800/http
Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Resume: Instrumen Pengumpulan Data.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel Dalam Penelitian. Pilar, 14(1), 15–31.
Amriddin, Muskananfola, I. L., Ferbriyanti, E., & Badi’ah, A. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (A. Munandar, Ed.). www.medsan.co.id
Anshari, U. (2024). Estetika Musik Sufi Hazrat Inayat khan. In KOLONI: Jurnal Multidisiplin Ilmu (Vol. 3, Issue 2).
Asrulla, Jailani, M. S., & Jeka, F. (2023). Populasi dan Sampling (Kuantitatif), Serta Pemilihan Informan Kunci (Kualitatif) dalam Pendekatan Praktis. 26320–26332.
Avandra, R., Mayar, F., & Negeri Padang, U. (2023). Pengaruh Musik Terhadap Motivasi Belajar Dan Emosional Siswa Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. 09(02), 2620–2629.
Farhan Arib, M., Suci Rahayu, M., Sidorj, R. A., & Win Afgani, M. (2024). Experimental Research Dalam Penelitian Pendidikan. Journal Of Social Science Research, 4, 5497–5511.
Iswandi. (2015). Refleksi Psikologi Musik Dalam Perilaku Masyarakat Sehari-Hari Iswandi.
Mahfud, M., Miftahul, S., Al, H., & Banjar, A. (2021). POPULASI DAN TEKNIK SAMPEL (Fenomena Pernikahan dibawah Umur Masyarakat 5.0 di Kota/Kabupaten X). https://www.researchgate.net/publication/352642302
Marito, A. S. (2024). Pengaruh Musik Terhadap Emosi Dan Kesehatan Mental Memahami Koneksi Musikal.
Melianti, E., Risdianto, E., & Swistoro, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Macromedia Director Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/jkf.3.1.1-10
Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185
Prihartanta, W., Perpustakaan, J. I., & Komunikasi, D. (2015). Teori-Teori Motivasi. In Universitas Islam Negeri Ar-raniry (Vol. 1, Issue 83).
Putraga Al Bahri, F., Studi Manajemen Informatika, P., Indonesia Teuku Nyak Arif, A. J., Krueng Raya, S., Kuala, S., & Aceh, B. (2019). Perancangan E-Kuisioner menggunakan CodeIgniter dan React-Js sebagai Tools Pendukung Penelitian. In Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI (Vol. 3). http://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti
Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikah, 14(1), 62–70.
Ridho Elvierayani, R., Indah Dzikriah, S., Dwi Arifani, R., & Afriyandani, R. (2021). Uji Beda Ekspor dan Import Indonesia-China Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid-19. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 1077–1085.
Rustamana, A., Wahyuningsih, P., Azka, M. F., & Wahyu, P. (2024). Penelitian Metode Kuantitatif. Sindoro Cendikia Pendidikan, 5(6), 1–10. https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i5.3317
Sintia, I., Danil Pasarella, M., & Andi Nohe, D. (2022). Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas Pada Kasus Tingkat Pengangguran Di Jawa.
Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015). Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis Web. Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik, 1–8.
Vidyawati, A., & Hasanah, M. (2019). Efektivitas Musik Klasik Untuk Menciptakan Suasana Hati Positif Pada Siswa Smp Semen Gresik. 14(1), 71–81.
Widiyono. (2022). Buku Referensi Betapa Menakjubkannya Terapi Musik Bagi Kesehatan (Erni Munastiwi, Ed.). Lima Aksara. https://limaaksara.com
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.