Media Audio Visual untuk Meningkatkan Literasi Peserta Didik Kelas X pada Materi Gerak Roll Belakang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi peserta didik kelas X dalam materi senam lantai “roll belakang” di SMK Yayasan Pharmasi Semarang menggunakan pembelajaran media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjeknya sejumlah 33 peserta didik kelas X. Data penelitian berupa data hasil belajar yang diperoleh dari guru pengampu mata pelajaran PJOK kelas X dan penilaian yang dilakukan pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media pembelajaran berbentuk audio visual mampu meningkatkan keterampilan literasi peserta didik dalam materi senam lantai “roll belakang” di kelas X SMK Yayasan Pharmasy Semarang. Kemampuan literasi peserta didik meningkat pada setiap siklus pembelajaran. Pada pra-siklus peserta didik dengan nilai tuntas sebanyak 16 dengan presentase 48,48%, penilaian pada siklus I peserta didik dengan nilai tuntas menjadi 24, dengan presentasi 72,72%. Dalam siklus II peserta didik yang mendapat nilai tuntas meningkat sebanyak 28 peserta didik dengan presentasi 84,84%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan literasi pada materi senam lantai gerak roll belakang peserta didik keas X SMK Yayasan Pharmasy Semarang.
References
Abdullah, W. M. (2020). Tingkat Kemampuan Tolak Peluru Gaya Menyamping Pada Peserta Didik Kelas Xii Di Sma Negeri 3 Klaten Tahun 2020. Universitas Negeri Yogyakarta.
Anhar, A. (2024). Basic Football Game Skills in Extra-Curricular Football Male Students. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 2(1), 9–13. https://doi.org/10.59923/champions.v2i1.124
Ashar, M. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada Permainan Bola Voli melalui Penerapan Modifikasi Pembelajaran di Kelas X. SMK Negeri 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman (Studi melalui PTK - 2018) Dr. Mhd. Ashar, S.Pd.,M.Pd. MENARA Ilmu, XIII(5), 67–74. https://doi.org/https://doi.org/10.33559/mi.v13i5.1352
Fernando, J. (2022). Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia ( JOKI ) available online at https://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/jok MEDIA PEMBELAJARAN BOLA VOLI INTERAKTIF. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia ( JOKI ), 2, 94–99. https://doi.org/https://doi.org/10.55081/joki.v2i2.587
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi., … Akbari, Q. S. (2017). “Materi Pendukung Literasi Numerasi.” In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud. (Vol. 8). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hipolitus Ilman Halawa, Joko Priono, & Rizki Kurniati. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Melalui Modifikasi Permainan Bola Voly Di Sekolah. Citius : Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan, 2(2), 102–108. https://doi.org/10.32665/citius.v2i2.1311
Humardani, F. T., Miyono, N., Artharina, F. P., & Mujilah, M. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas I SD N Sambirejo 02. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 4026–4038. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2572
Lubis, A. E., Ramadan, & Erna. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Service Bawah Bola Voli. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 6(2), 33–39. https://doi.org/https://doi.org/10.55081/jsbg.v6i2.470
Miftakhul Muthoharoh. (2019). Media PowerPoint dalam Pembelajaran. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 26(1), 21–32. https://doi.org/https://doi.org/10.29138/tasyri.v26i1.66
Natal, Y. R. (2020). Kebijakan Pemerintah Tentang Penyediaan Sarana Dan Prasarana Olahraga Pendidikan Di Smp Negeri Se-Kecamatan Bajawa. IMEDTECH (Instructional Media, Design and Technology), 4(1), 22. https://doi.org/10.38048/imedtech.v4i1.222
Pangkey, F. R., & Mahfud, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Roll Belakang Pada Anak Sekolah Dasar. Journal Of Physical Education, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i1.183
Resi Amelia Syarwah, Moh. Fauziddin, A. H. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 936–945. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v3i3.300
Rusdin, R., Sri Yanti, Anhar, A., & Al Furkan. (2021). Pengembangan Model Variasi Latihan Roll Belakang Cabang Olahraga Senam Lantai untuk Meningkatkan Kemampuan Roll Belakang pada Peserta Club Persatuan Senam Indonesia Kota Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga, 11(2), 20–25. https://doi.org/10.37630/jpo.v11i2.545
Salahudin, S., & Furkan, F. (2024). The Role of Physical Education and Sports in Shaping the Nation’s Character. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.59923/champions.v2i1.91
Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819–2826. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1012
Sasmarianto, S., & Kamarudin, K. (2023). Motor Ability of Elementary School Students in Upper Class. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 6–11. https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.53
Satriana, M., Haryani, W., Jafar, F. S., Maghfirah, F., Sagita, A. D. N., Sopia, S., & Septiani, F. A. (2022). Media pembelajaran digital dalam menstimulasi keterampilan literasi anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 408–414.
Shabrina, L. M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 916–924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041
Showab, A., & Djawa, B. (2019). Pengaruh Modifikasi Permainan Bola Voli Terhadap Kegembiraan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan2, 07(03), 307–312. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/30270
Sinulingga, A., Sagala, R. S., & Harahap, A. A. (2021). Training Model of Pencak Silat Learning based on Android Module Design. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 7792–7798. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/birci.v4i4.2698
Suhardi. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Melempar Pada Permainan Kasti Melalui Pendekatan Lempar Sasaran Pada Siswa Kelas Iv Sdn Somokaton I Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Negeri Semarang.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Wahidah, I. (2016). Kontribusi Manajemen Fasilitas Dan Mutu Layanan Terhadap Prestasi Olahraga Sepakbola (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP UNSIL Tasikmalaya). FKIP UNSIL Tasikmalaya, 01(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/sport.v1i1.180
Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Penggunaan Media Audiovisual Berbantu Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1652–1657. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.975
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.