Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam Proses Pembelajaran PJOK
Abstract
Kurikulum merdeka merupakan program yang diharapkan mampu memulihkan pembelajaran. Tujuan dari penelitian adalah untuk memahami bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Pendekatan TaRL dalam proses pembelajaran PJOK di SMA Negeri 10 Semarang Tahun 2024. Jenis penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Subjek dan informan sampel yang terlibat dalam penelitian ini ada empat, yaitu mencakup wakil kepala sekolah bidang kurikulum, sarana dan prasarana, guru PJOK, dan siswa SMA Negeri 10 Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mendapatkan hasil data profil, dan visi misi SMA Negeri 10 Semarang, identitas sekolah, data sarana dan prasrana, serta SMA Negeri 10 Semarang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka sejak tahun 2022/2023. Kesimpulan implementasi kurikulum merdeka di SMA Negeri 10 Semarang sudah terlaksana dengan baik meskipun ada hambatan dan tantangan yang dialami. Adapun saran perbaikan yaitu sarana dan prasarana perlu ditingkatkan dan pemberian arahan kepada peserta didik yang malas dalam pembelajaran.
References
Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Endrawan, I., & Martinus, M. (2023). Level of Physical Fitness of Elementary School Students in Class V. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 12–16. https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.52
Faradila, A., Priantari, I., & Qamariyah, F. 2023. (2023). Teaching at The Right Level sebagai Wujud Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Era Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Pendidikan Non Formal, 1(1), 10. https://doi.org/10.47134/jpn.v1i1.101
Fauzan, A. (2018). Manajemen Sarana Dan Prasarana Pondok Pesantren Shuffah Hisbullah Natar Lampung Selatan. IQRA’ (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan), 3(1), 255–256. Retrieved from https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/240
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Hasbiyallah, H., & Ihsan, I. M. N. (2019). Administrasi Pendidikan Perspektif Ilmu Pendidikan Islam. Administrasi Pendidikan. Proses, Bandung. Retrieved from https://digilib.uinsgd.ac.id/24690/
Hida, Y. (2022). Persepsi Guru Terhadap Aplikasi E-Raport (Studi Kasus SMP Negeri 1 Kabupaten Gorontalo). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 277–285. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/8153
Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan Pendidikan Jasmani dalam Pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67
Mubarokah, S. (2022). Tantangan Implementasi Pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level) dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 165–179. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.582
Mustafa, P. S. (2022). Peran Pendidikan Jasmani untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.6629984
Musya’adah, U. (2018). Peran Penting Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. AULADA: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, I(2), 2656–1638. Retrieved from https://e-journal.uac.ac.id/index.php/aulada/article/view/556
Nurholis, D., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Kurikulum 2013. Modeling: Jurnal Program Stufi PGMI, 9(1), 98–114. Retrieved from http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1132
Ramadan, F., & Imam Tabroni. (2020). Implementasi kurikulum merdeka belajar. Lebah, 13(2), 66–69. https://doi.org/10.35335/lebah.v13i2.63
Salahudin, S., & Furkan, F. (2024). The Role of Physical Education and Sports in Shaping the Nation’s Character. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.59923/champions.v2i1.91
Salim Salabi, A. (2022). Efektivitas Dalam Implementasi Kurikulum Sekolah. Education Achievement: Journal of Science and Research, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.51178/jsr.v1i1.177
Sari, R. M., & Masniari, S. (2024). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris & Bahasa Indonesia Di Sekolah Smp Swasta Nasional Petatal. Communnity Development Journal, 5(1), 2030–2035. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/25739
Sasmarianto, S., & Kamarudin, K. (2023). Motor Ability of Elementary School Students in Upper Class. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 6–11. https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.53
Suja’i, C. A. M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka dalam membangun karakter siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di smp nurul qomar. Hasbuna Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 147–170. Retrieved from http://journal.iaitasik.ac.id/index.php/hasbuna/article/view/143
Tridiana, R., & Rizal, F. (2020). Keterampilan Guru Abad 21 Di Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ). Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 221–231. Retrieved from http://journal.iaitasik.ac.id/index.php/hasbuna/article/view/143
Wulandari, G. A. P. T. W., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2023). Efektivitas Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 433–448. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-5
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.