Implementasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani: Studi Kasus di TK Al-Abror Kota Tasikmalaya
Abstract
Pendidikan jasmani pada anak usia dini sangat penting untuk meningkatkan perkembangan fisik, motorik, dan sosial emosional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pendidikan di TK Al-Abror Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran pendidikan jasmani di TK Al -Abror mencakup kegiatan untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar, halus, dan kinaestetik dengan menggunakan pendekatan aktif melalui permainan dan kelompok aktivitas. Konten pembelajaran dilaksanakan dalam tiga kategori utama: Keterampilan motorik kasar (berlari dan permainan tim), keterampilan motorik halus (menangkap dan melempar bola kecil), dan keterampilan kinaestetik (menari). Permasalahan yang dihadapi mencakup kedisiplinan anak, variasi kemampuan fisik anak, dan masalah kesehatan yang membatasi partisipasi mereka. Penilaian dilakukan melalui pengamatan kemampuan anak-anak dan umpan balik untuk meningkatkan rasa percaya diri anak-anak. Penilaian dilakukan melalui peningkatan kesehatan anak secara berkelanjutan.
References
Apriliani, S. R. A., & Utami, F. B. (2021). Peran Orang Tua dalam Menerapkan Kemampuan Literasi Kesehatan Anak Usia Dini pada Pandemi Covid-19 Dilingkungan RT. 04 RW. 26 Pekayon Jaya Bekasi Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3852-3562.
Babang, V. M. M. F. (2018). Aktivitas Pendidikan Jasmani Bagi Anak Usia Dini. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 6(1), 59–68. https://doi.org/10.33558/motion.v6i1.525
Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & CS, A. (2023). Peran Pendidikan Jasmani dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2538–2546. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4506
Hanum, R. (2019). Evaluasi Pendidikan Anak Usia Dini. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Harahap, M. R. (2024). Pengaruh Pendidkan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Bagi Kebugaran Tubuh Anak Usia Dini. 1, 18–24.
Hidayat, T. (2019). Pembahasan Studi Kasus Sebagai Bagian Metodologi Penelitian. ResearchGate, August, 1–13. https://www.researchgate.net/publication/335227300_Pembahasan_Studi_Kasus_Sebagai_Bagian_Metodologi_Penelitian
Luh, N., Sudewiyani, G., Zig-zag, B., Bendera, B. M., Mengambil, M., & Kasar, K. M. (2013). Peranan Pendidikan Jasmani Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Di Kelompok B Paud Terpadu Tri Dharma Santi Lebagu Kecamatan Balinggi Kabupaten Parigi Moutong. 94–105.
Muslihin, H. Y. (2020). Bagaimana Mengajarkan Gerak Lokomotor Pada Anak Usia Dini? Jurnal Paud Agapedia, 2(1), 76–88. https://doi.org/10.17509/jpa.v2i1.24390
Ngurah, G., Yudaparmita, A., Tinggi, S., Hindu, A., Mpu, N., & Singaraja, K. (2022). Keterampilan Gerak Dasar Anak Usia Dini Dalam Merdeka Belajar. 3, 21–30.
Nugraha, B. (2015). Pendidikan Jasmani Olahraga Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 557–564. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344
Nurhasanah, Nia, D. (2022). Seri 6 - Lingkungan Belajar Aman i. 10.
Paiman. (2009). Olahraga dan Kebugaran Jasmani Pada Anak Usia Dini. Cakrawala Pendidikan, XXVIII(3), 270–281.
Pratiwi, E. S., & Utsman, A. F. (2022). Perencanaan Pembelajaran Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. 2(2), 232–240.
Purwanto, D., & Baan, A. B. (2022). Pengaruh Aktivitas Pendidikan Jasmani Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5669–5678. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3158
Reista, S., Apriliani, A., Utami, F. B., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Panca, U., & Bekasi, S. (2021). Peran Orang Tua dalam Menerapkan Kemampuan Literasi Kesehatan Anak Usia Dini pada Pandemi Covid-19 Dilingkungan Rt.04 Rw.26 Pekayon Jaya Bekasi Selatan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3852–3862. www.covid19.go.id
Sujiono, B., Sumatri, M. S., & Chandrawati, T. (2014). Metode Pengembangan Fisik. Modul Metode Pengembangan Fisik, 1–21.
Utoyo, S., Juniarti, Y., Sari, N., & Mangge, K. (2020). Pendidikan Jasmani Untuk Anak Usia Dini: Pengembangan Fundamental Movement Skill (FMS)pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 404. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.605
Wicaksono, L. (2017). Pelaksanaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga Anak Usia Dini. Jiunal Pendidikan Anak, 274–282. https://core.ac.uk/download/pdf/294953011.pdf
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.