Evaluasi Awal Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa SD dengan Tes Foster: Implikasi terhadap Pembelajaran PJOK
Abstract
Masalah utama penelitian ialah kurangnya pemahaman guru PJOK tentang cara menganalisis dan memanfaatkan hasil Tes Foster dalam merancang program olahraga yang sesuai. Banyak guru hanya melihat tes ini sebagai formalitas untuk mengukur kebugaran fisik, tanpa melanjutkannya dengan mengintegrasikan hasil tersebut ke dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kesegaran jasmani siswa sekolah dasar menggunakan Tes Foster dan menganalisis implikasinya terhadap program pembelajaran PJOK. Tes Foster dipilih untuk melihat kesegaran jasmani siswa SD atau kondisi fisik, artinya seberapa cepat pulihnya siswa ke kondisi semula setelah diberikan beban pekerjaan atau olahraga. Metode menggunakan mixed-methods dengan populasi 6 SD di Kota Tasikmalaya serta sampel kelas atas tiap Sekolah. Penelitian ini akan memberikan pemahaman yang mendalam mengenai kesenjangan antara pengukuran kebugaran fisik siswa melalui Tes Foster dan pemanfaatannya dalam program pembelajaran PJOK. Berdasarkan hasil penelitian, rekomendasi dapat diberikan untuk meningkatkan kapasitas guru dalam memanfaatkan hasil tes, menyesuaikan kurikulum olahraga, dan mengoptimalkan kondisi fisik siswa.
References
Al Mubarak, Y. B. (2024). Development of Physical Literacy Media Based on Google Sites at SDN 26 Ampenan. Global International Journal of Innovative Research, 2(7), 1306–1319.
Chen, S., Gu, X., & Liu, Y. (2019). To move more but sit less: The roles of students’ attitudes and knowledge. European Physical Education Review, 25(3), 731–744.
Chen, S. P. (2023). The influence of interdisciplinary literacy on learning effects among college students : the mediating effects of online physical education on learning behavior. May, 1–8. https://doi.org/10.3389/feduc.2023.1100764
Endrawan, I., & Martinus, M. (2023). Level of Physical Fitness of Elementary School Students in Class V. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 12–16. https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.52
Fairclough, S. J., Clifford, L., Foweather, L., Knowles, Z. R., Boddy, L. M., Ashworth, E., & Tyler, R. (2024). Move Well, Feel Good: Feasibility and acceptability of a school-based motor competence intervention to promote positive mental health. PLoS One, 19(6), e0303033.
Fairclough, S. J., Dumuid, D., Taylor, S., Curry, W., McGrane, B., Stratton, G., Maher, C., & Olds, T. (2017). Fitness, fatness and the reallocation of time between children’s daily movement behaviours: an analysis of compositional data. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 14, 1–12.
Fairclough, S. J., Hurter, L., Dumuid, D., Gába, A., Rowlands, A. V, Cruz, B. del P., Cox, A., Crotti, M., Foweather, L., & Graves, L. E. F. (2022). The physical behaviour intensity spectrum and body mass index in school-aged youth: a compositional analysis of pooled individual participant data. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(14), 8778.
Fathiyati, T. N., Permana, R., & Saleh, Y. T. (2022). Instrumen Tes Literasi Jasmani Domain Kompetensi Fisik untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(1), 17–23. https://doi.org/10.23887/jiku.v10i1.43287
Flores, A. M. P., & Sánchez, V. M. M. (2018). Deporte, cultura y sociedad: un estado actual de la cuestión. Revista de Humanidades, 34, 11–38.
Istiadah, F. N., & Permana, R. (2023). Analysis of Physical Literacy Measurement in Physical Education for Early Childhood. 7(3), 598–607.
Kuntz, J. L., Young, D. R., Saelens, B. E., Frank, L. D., Meenan, R. T., Dickerson, J. F., Keast, E. M., & Fortmann, S. P. (2021). Validity of the exercise vital sign tool to assess physical activity. American Journal of Preventive Medicine, 60(6), 866–872.
McKim, C. A. (2017). The value of mixed methods research: A mixed methods study. Journal of Mixed Methods Research, 11(2), 202–222.
Mohan, R. (2023). Measurement, evaluation and assessment in education. PHI Learning Pvt. Ltd.
Nindias, A. M., & Rahman, H. A. (2019). Pemahaman guru pjok sekolah dasar tentang permainan rounders dalam pembelajaran pjok di Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. PGSD Penjaskes, 8(5).
Permana, R. (2020). TEORI DAN PRAKTIK: PENDIDIKAN JASMANI DI PERGURUAN TINGGI. Edupublisher.
Permana, R. (2023). Literasi Fisik di Sekolah Dasar (Anneu Fitriyanti, S.Pd. (ed.)). Edupublisher.
Permana, R., & Alfadh, H. (2021). Analisis Assesmen Literasi Jasmani Dengan Kebutuhan Pembelajaran Pjok Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Tasikmalaya. Prosiding Seminar Nasional Lppm Ump, 0(0), 221–226.
Permana, R., Isti’adah, F. N., Dewi, R. S., Nurkamilah, M., Fitri, S., Nofrizal, D., Purba, P. H., Pranata, D. Y., & Sari, L. P. (2024). Instrument for Assessing Physical Literacy Skills Competence in Primary School Tasikmalaya, Indonesia. Retos: Nuevas Perspectivas de Educación Física, Deporte y Recreación, 58.
Permana, R., Winarno, M. E., & Rahayu, S. (2023). Validity and Reliability Assessment Physical Literacy- Physical Competence Domain ( APL-PCD ) in East. 11(6), 1219–1226. https://doi.org/10.13189/saj.2023.110605
Plano Clark, V. L. (2017). Mixed methods research. The Journal of Positive Psychology, 12(3), 305–306.
Sophianingrum, M., Setiadi, R., Nugroho, P., & Apriliyani, D. (2020). Kajian Penyusunan Indikator Pembangunan Aspek Kesehatan di Kota Semarang. Jurnal Riptek, 14(2), 90–98.
Syamsuryadin Syamsuryadin, Sri Ayu Wahyuti, H. P. (2024). Cardiovascular Fitness Profile of Sleman Regency PLAPD Volleyball Athletes. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 2(1), 14–18. https://doi.org/10.59923/champions.v2i1.127
Timans, R., Wouters, P., & Heilbron, J. (2019). Mixed methods research: what it is and what it could be. Theory and Society, 48, 193–216.
Tomlinson, C. A. (2014). The differentiated classroom: Responding to the needs of all learners. Ascd.
Tsuda, E., Ward, P., Hastie, P., Ko, B., Santiago, J. A., Kim, I., Kim, J., & Ressler, J. D. (2024). Strategies for the teaching of content courses in physical education teacher education. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 95(6), 20–25.
Ward, P., & van der Mars, H. (2020). Confronting the challenge of continuous professional development for physical education teacher educators. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 91(1), 7–13.
Watkins, D., & Gioia, D. (2015). Mixed methods research. Oxford University Press, USA.
Williams, S. M., & Lacy, A. C. (2018). Measurement and evaluation in physical education and exercise science. Routledge.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.