Pengaruh Pendekatan Tarl dan Crt terhadap Keterampilan Lempar Tangkap Bola Permainan Softball

  • Alvi Oktafiana Dewi Universitas PGRI Semarang

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mengetahui pengaruh pendekatan tarl dan crt terhadap keterampilan lempar tangkap bola permainan softball pada peserta didik kelas XI PM 2 di SMK N 2 Semarang. Riset ini menggunakan jenis kuantitatif dengan desain penelitian pre-posttest design. Adapun sampel yang digunakan dalam riset ini yakni siswa kelas XI PM 2 di SMK N 2 Semarang yang berjumlah 36 orang. Sasaran yang diteliti berupa penilaian kognitif dan keterampilan bermain softball di kelas XI PM 2 di SMK N 2 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yaitu tes kognitif dan penialain keterampilan bermain softball. Uji normalitas, uji homogenitas dan uji t test merupakan beberapa analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan data uji t test maka diperoleh informasi bahwa nilai t hitung penilaian kognitif sebesar 18,368 > 2,030 dan niali signifikanasi sebesar 0,000 kurang dari 0,05. Artinya penggunaan pembelajaran dengan pendekatan Tarl Dan Crt terhadap kemampuan kognitif lempar tangkap bola permainan softball pada peserta didik kelas XI PM 2 di SMK N 2 Semarang. Kedua, data uji t test maka diperoleh informasi bahwa nilai t hitung penilaian keterampilan sebesar 40,368 > 2,030 dan niali signifikanasi sebesar 0,000 kurang dari 0,05. Artinya penggunaan pembelajaran dengan pendekatan Tarl Dan Crt terhadap kemampuan keterampilanf lempar tangkap bola permainan softball pada peserta didik kelas XI PM 2 di SMK N 2 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian dan uraian pembahasan maka disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Tarl Dan Crt terhadap keterampilan lempar tangkap bola permainan softball pada peserta didik kelas XI PM 2 di SMK N 2 Semarang. Dilihat dari kondisi situasi di lapangan, antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran PJOK meningkat melalui pendekatan pembelajaran Tarl dan Crt yang telah dilaksanakan di SMK N 2 Semarang. Metode pembelajaran dirasa mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik khususnya aspek kognitif dan keterampilan. Adapun saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini yaitu bagi guru hendaknya menggunakan model pembelajaran berbasis permainan berbasis digital mengingat sekarang ini peserta didik lebih suka menggunakan media teknologi. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan menggunakan variabel lain sebagai pembanding meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan peserta didik khususnya dalam pembelajaran PJOK di tingkat SMA.

Keywords: Pembelajaran Tarl dan Crt, Keterampilan Lempar Tangkap, Softball

References

Aldhe, A., Indahwati, N., & Tarigan, C. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Culturally Responsive Teaching (CRT) Terhadap Motivasi Belajar Passing Bola Voli. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 5(1), 384–394.

Anwar, K. (2019). Softball Training for Students and Physical Education Teachers in the Senior High School. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 15–19.

Hartanto, Y., Insanistyo, B., & Arwin, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments Untuk Meningkatkan Keterampilan Teknik Passing Kaki Bagian Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas X Teknik Informatika Smk Negeri 8 Bengkulu Utara. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(2), 68–74. https://doi.org/10.33369/jk.v1i2.3466

Irawan, B., Indahwati, N., & Taringan, C. A. (2024). Penerapan Pendekatan Cultularry Responsive Teaching (Crt) Pada Pembelajaran Passing Permainan Sepak Bola Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 5(2), 425–433.

Khasanah, K., Jayanti, A., & Suratman. (2023). Upaya Peningkatan Pembelajaran Bela Diri Pencak Silat Melalui Pendekatan TARL ( Teaching at The Right Level ) pada Kelas XI-2 SMA Negeri 10 Semarang. Motion : Jurnal Riset Physical Education, 1(1), 106–116.

Lasminawati, E., Kusnita, Y., & Merta, I. W. (2023). Meningkatakan Hasil Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Model Probem Based Learning. Journal of Science and Education Research, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.49

Maulana, V. S., & Guntur. (2024). Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Penjasorkes Tingkat SMA Se-Kota Magelang. Indonesia Berdaya, 5(2).

Nurkhoirini, R., Jayanti, A., Zhannisa, U. H., & Wibisana, N. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam Proses Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Olahraga, 14(4), 260–267.

Pratiwi, D. C., Saulina, H., Yusuf, M. E., Sabilila, O. P. A., & Dewi, Y. L. (2023). Penerapan Permainan Edukatif Pada Pendekatan Tarl Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Peserta Didik Kelas Iv SDN Polehan 1 Kota Malang. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan (JEBP), 3(8), 4. https://doi.org/10.17977/um066.v3.i8.2023.4

Ramadhan Ilham, H., Mujiono, E., & Raharjo, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Menggunakan Pendekatan Culturaly Responsive Teaching (Crt) Dengan Permainan Tradisonal Lompat Tali Karet Kelas Xi. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 2(2), 733–738.

Ramadhan, R., Priambodo, A., & Marsudianto, M. (2023). Penerapan Metode CRT Untuk Memupuk Antusiasme Belajar Siswa Kelas IV Dalam Materi Aktivitas Permainan SDN Pakis 1 Surabaya Tahun Pelajaran 2024 / 2025 Kebudayaan Republik Indonesia , khususnya oleh Menteri Nadiem Anwar Makarim , mandiri . Kebijakan ini me. Student Research Journal, 2(5), 48–61.

Wahyudi, M. A., Christina, S., & Hartati, Y. (2024). Pengaruh Modifikasi Permainan Softball dalam Peningkatan Keterampilan Gerak Motorik dalam Pembelajaran PJOK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 15136–15146.

Published
2024-12-31
Abstract viewed = 12 times
PDF downloaded = 8 times