Pelatihan Shadow sebagai Solusi Melatih Teknik Dasar pada Olahraga Cricket untuk Menciptakan Atlet Berprestasi dari Jenjang Sekolah Dasar

  • I Putu Herry Widhi Andika Universitas Mataram

Abstract

Pelatih olahraga yang berkompeten harus menggunakan teori ilmiah keepelatihan olahraga dan harus bisa memberikan variasi dalam proses pelatihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji solusi melatih teknik dasar pada olahraga cricket untuk menciptkan atlet yang berprestasi. Penelitian ini termasuk penelitian kajian pustaka. Data yang dibutuhkan adalah artikel ilmiah yang telah terbit di berbagai jurnal. Pencarian artikel dilakukan menggunakan mesin pencarian cepat Google Scholar diperoleh 11.400 artikel dengan kata kunci. Kata kunci yang dimasukan adalah shadow training dan dimulai dari terbitan tahun 2020 hingga 2024. Artikel yang digunakan sebagai data primer adalah artikel yang terbit pada jurnal nasional, minimal terakreditasi nasional, dan jurnal internasional bereputasi. Terpilih 20 artikel sesuai dengan topik dimaksud di atas, kemudian artikel yang digunakan adalah artikel dari hasil penelitian eksperimen dan survey langsung. Berdasarkan hasil screening diperoleh 8 artikel yang eligible unutk dikaji. Hasil pengkajian menunjukkan bahwa pelatihan shadow sangat relevan dilakukan dalam melatih teknik dasar. Disarankan bagi pelatih untuk mencoba pelatihan shadow karena gerakan yang tidak sulit, mudah diingat dan berdampak pada teknik dasar bagi pemula dari jenjang sekolah dasar.

Keywords: Pelatihan Shadow, Olahraga Cricket, Atlet Berprestasi

References

Adam, A. I. (2021). Pengaruh Pelatihan Mental Imagery terhadap Peningkatan Teknik Shooting dalam Permainan Futsal pada Ektrakurkuler Futsal SDN Kebraon 1. Universitas PGRI ADI BUANA Surabaya.

Alwahidia, A., Supriatna, E., & Perdana, R. P. (2022). Pengaruh Latihan Shadow Menggunakan Lampu Reaksi Terhadap Kelincahan Kaki Atlet Pb. Asjad. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 12(3), 886–893.

Ananzar, D., & Mistar, J. (2022). Pengaruh Latihan Modifikasi Karet Ban Terhadap Kecepatan Tendangan Sabit Atlet Pencak Silat Kota Langsa. Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra, 5(1), 9–19.

Andika, I. P. H. W. (2022). Pengaruh Metode Pelatihan Beban Medicine Ball Throw dan Panjang Lengan terhadap Power Otot Lengan Atlet Cricket Buleleng. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(1), 1–15.

Andika, I. P. H. W., Yoda, I. K., & Dharmadi, M. A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 91–103.

Anggraeni, Y. F., & Purnomo, M. (2021). Analisis Manajemen Latihan Pb Suryabaja Tulungagung Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(3), 107–112.

Anhar, A. (2024). Basic Football Game Skills in Extra-Curricular Football Male Students. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 2(1), 9–13. https://doi.org/10.59923/champions.v2i1.124

Cahyaningrum, G. K., Naheria, N., & Cahyono, D. (2023a). Pengaruh Latihan Bola Reaksi Dan Shadow Bulutangkis Terhadap Waktu Reaksi Visual. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 3599–3605.

Daryanto, Z. P., & Effendi, A. R. (2023). Futsal Playing Skill Level of Futsal Extracurricular Participants. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 1–5. https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.55

Fadilla, M., Firdaus, K., Syamsuar, S., & Arnando, M. (2024). Pengaruh Latihan Kombinasi Ladder Drill Dan Shadow Terhadap Kemampuan Footwork Atlet PB. Telkom Padang. Jurnal JPDO, 7(2), 59–66.

Indrayana, B. (2017). Peranan kepelatihan olahraga sebagai pendidik, pelatih dan pembina olahraga di sekolah. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 13(1), 34–42.

Jamaludin, J., Subakti, S., & Kusuma, L. S. W. (2019). Meningkatkan Kompetensi Pelatih Beladiri Tarung Derajat Melalui Iptek Keolahragaan. Abdi Masyarakat, 1(1).

Pratama, S. A. (2021). Impact of Shadow Training on the Ability of Push Forward Punch Techniques in Table Tennis. Inspiree, 2(1), 8–16.

Rahman, T., & Warni, H. (2017). Pengaruh latihan shadow 8 terhadap agility pada pemain bulutangkis PB. Mustika Banjarbaru usia 12–15 tahun. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1).

Rifai, A., Bustomi, D., & Hambali, S. (2020). Perbandingan Latihan Footwork Dan Shadow Terhadap Kelincahan Atlet Tim Bulutangkis Pb. Setia Putra. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(1), 25–31.

Rumondor, W. I. A., Safari, I., & Akin, Y. (2022). Perbandingan Latihan Pantulan Ke Dinding Dengan Latihan Shadow Terhadap Peningkatan Pukulan Backhand Drive Tenis Meja. SpoRTIVE, 4(1), 421–430.

Sukesih, S. (2015). Penerapan Latihan Shadow Dalam Upaya Meningkatkan Kelincahan Pada Materi Permainan Bulutangkis. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1).

Sumantri, R. J., Afandi, R., Wati, Y. E. R., Mudayat, M., & Syarif, A. (2023). Improving Volleyball Bottom Passing Learning Results Through Playing Ball Throwing. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 24–30. https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.34

Syamsuddin, N., Musfira, N., & Hammado, N. (2020). Penerapan Pembelajaran Model Latihan Shadwo dalam Permainan Tenismeja di SMA Negeri 6 Kabupaten Tana Toraja. Dedikasi, 22(2), 221–229.

Syauki, A. Y., Yunanto, B., & Maesaroh, S. (2021). Analisis Penerapan Latihan Skipping untuk Meningkatkan Kecepatan Tendangan Atas pada Atlet Beladiri Karate. SPORTIF: Jurnal Pendidikan Jasmani, Kesehatan, Dan Rekreasi, 6(2), 61–75.

Tyan, N. A. (2021). Perbandingan Latihan Shadow dengan Latihan Multiball Terhadap Frekuensi Pukulan Forehand dan Backhand Tenis Meja Pada Ekstrakurikuler di SD Supriyadi Semarang. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(1), 71–77.

Yüksel, M. F., & Tunç, G. T. (2018). Examining the Reaction Times of International Level Badminton Players Under 15. Sports, 6(1), 20.

Yuzairi, R., & Aguss, R. M. (2022). Pengaruh Latihan Shadow Drilling Menggunakan Shuttlecock Terhadap Ketepatan Pukulan Smash Pada Pemain di PB Kafifa Lampung Tengah. Journal Of Physical Education, 3(2), 6–12.

Published
2024-12-31
Abstract viewed = 20 times
PDF downloaded = 18 times