Implementasi Model Pembelajaran Culturally Responsive Teaching pada Mata Pelajaran PJOK Kelas VII SMP

  • Amira Zerlin Harfia Universitas PGRI Semarang
  • Buyung Kusumawardana Universitas PGRI Semarang

Abstract

Penelitian di latar belakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Hal ini disebabkan karena aktivitas pembelajaran yang diberikan oleh guru seringkali bersifat monoton sehingga membuat peserta didik bosan dan berpengaruh pada minat belajar peserta didik. Penelitian dilakukan agar diketahui peningkatan minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran PJOK di SMP Negeri 15 Semarang. Aktivitas pembelajaran dilakukan dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas VII. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga tahapan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Cultural Responsive Thingking (CRT) materi Bola Basket yaitu menggunakan budaya daerah yang ada di kota Semarang. Budaya yang digunakan dalam pembelajaran yaitu menggunakan Bahasa Semarangan dan menyanyikan lagu daerah. Siswa reguler dan juga khususnya bagi ABK dapat berjalan dengan lancar. Dalam menerapkan metode pembelajaran ini pada mata Pelajaran PJOK, dapat mengajarkan peserta didik untuk melestarikan budaya daerah. Sehingga dengan hal tersebut guru bisa lebih kreatif dan inovatif dalam membuat metode dan pendekatan pembelajaran agar semua siswa dapat paham terhadap materi yang diajarkan. Kesimpulan dari implementasi pendekatan Cultural Responsive Thingking (CRT) bagi siswa dalam materi bola basket kelas VII SMP Negeri 15 Semarang tahun ajaran 2024/2025 adalah siswa dapat mengikuti pembelajaran PJOK materi bola basket dengan menggunakan budaya daerah yaitu bahasa daerah “Semarangan” dan menyanyikan lagu daerah bersama teman dan guru.

Keywords: Model Pembelajaran CRT, PJOK, SMP

References

Andersen, A.-L., & Rösiö, C. (2021). Continuing Engineering Education (CEE) in Changeable and Reconfigurable Manufacturing using Problem-Based Learning (PBL). Procedia CIRP, 104, 1035–1040.

Andrianto, R., Indahwati, N., Santika, S., Dhani, S., Wetan, J. L., Lakarsantri, K., Surabaya, K., & Timur, J. (2024). Pengaruh Culturally/Responsive.Teaching,(CRT)’terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Sepakbola. 104–112. https://doi.org/10.59024/simpati.v2i4.943

Budury, S., Khamida, K., & Huda, N. (2022). Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak dengan Bermain Permainan Tradisional. Wisanggeni: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 25–30.

Emi Novitasari, M. R. S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan KIIP Mataram, 11.

Irawan, E., Satriawan, R., & Amar, K. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Tapa Gala Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Siswa SDN Sumi 1 Di Masa Pandemi COVID-19. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES), 3(02), 77–88.

Khasanah, I. M. (2023). Efektivitas pendekatan culturally responsive teaching (crt) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II sekolah dasar. Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 7–14.

Lutfiana, D., Widiyatmoko, A., & Nasution, M. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Makanan Sehat dan Bergizi Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Pada Peserta Didik Kelas VII H SMP Negeri 16 Semarang.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Ramadhan, R., Priambodo, A., Marsudianto, M., Surabaya, U. N., Wetan, J. L., Lakarsantri, K., Surabaya, K., & Timur, J. (2024). Penerapan Metode CRT Untuk Memupuk Antusiasme Belajar Siswa Kelas IV Dalam Materi Aktivitas Permainan SDN Pakis 1 Surabaya Tahun Pelajaran 2024/2025. Student Research Journal, 2(5), 48–61. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v2i5.1536

Salahudin, R. S. (2021). Guru Penjaskesrek Perlu Memahami Agama Islam: Integrasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pendidikan Jasmani. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES).

Salahudin, S., Satriawan, R., & Muhammad, M. (2023). The Role of Swimming in Maintaining Body Health From an Islamic Perspective. Champions: Education Journal of Sport, Health, and Recreation, 1(3), 17–23. https://doi.org/10.59923/champions.v1i3.54

Satriawan, R. (2021). Peran Orangtua dalam Pembelajaran Penjas pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Kendo Kota Bima. Jurnal Pendidikan Olahraga, 11(2), 26–32.

Satriawan, R., Amar, K., & Fitriani, A. (2023). Permainan Tradisional Tapa Gala Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Karakter Gotong Royong dalam Implementasi Profil Pelajar Pancasila. Indonesian Journal of Physical Education and Sport Science, 3(2), 236–242. https://doi.org/https://doi.org/10.52188/ijpess.v3i2.464

Sofa Sari Miladiah, N. S. R. S. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di SMP Bina Taruna Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9.

Suherman, A. (2014). Implementasi Kurikulum Baru Tahun 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani (Studi Deskriptif Kualitatif pada SDN Cilengkrang) (Vol. 1).

Taher, T. (2023). Analisis keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa introvert dengan pendekatan culturally responsive teaching. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 21–27.

Trisiani, D., Maskhanah, S., Lestari, A. B., & Dewi, N. R. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Melalui Pendekatan Crt (Culturally Responsive Teaching) Dengan Alat Evaluasi Berbasis Kearifan Lokal Kesenian Gamelan Pada Materi Getaran Dan Gelombang.

Published
2025-02-23
Abstract viewed = 31 times
PDF downloaded = 20 times