Pengaruh Screen Time terhadap Kemampuan Motorik Siswa SMP

  • Atika Nur Sakinah Universitas Negeri Surabaya
  • Nanik Indahwati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Era digital yang semakin meningkat dengan penggunaan perangkat elektronika misalnya gawai, laptop, dan komputer tidak bisa dilepaskan pada kehidupan sehari-hari pada semua kalangan, termasuk pada kalangan remaja. Meskipun menaruh kemudahan akses berita dan hiburan, peningkatan waktu layar diduga bisa berdampak negatif terhadap aspek fisik, salah satunya yaitu kemampuan motorik. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh antara screen time terhadap kemampuan motorik di SMP Negeri 23 Surabaya. Metode penelitian ini dengan Cross Sectional Study, menggunakan sampel sebanyak 129 anak dengan teknik stratified random sampling. Hasil penelitian dari uji korelasi menunjukkan antara screen time dan standing board jump memiliki kolerasi dengan nilai koefisien korelasi -0,170 pada signifikasi <0,01. Standing board jump dengan zig-zag run dengan skor (-0,711; p<0,01) dan medicine ball put (0,60; p< 0,01). Yang artinya screen time tidak berkolerasi secara langsung dengan kelincahan dan kekuatan tubuh bagian atas. Dari hasil penelitian menunjukkan korelasi antara screen time terhadap kekuatan tubuh bagian bawah pada usia remaja. Didapatkan nilai signifikasi p=0,000. Dengan tingkat korelasi bernilai r = -0,170 yaitu bernilai negatif yang artinya semakin meningkat nilai dari variabel bebas “screen time” maka nilai variabel terikat “kemampuan motorik” menurun.

Keywords: Screentime, Kemampuan Motorik

References

Brauchli, V., Edelsbrunner, P., Paz Castro, R., Barr, R., von Wyl, A., Lannen, P., & Sticca, F. (2024). Screen time vs. scream time: Developmental interrelations between young children’s screen time, negative affect, and effortful control. Computers in Human Behavior, 154(January). https://doi.org/10.1016/j.chb.2024.108138

Cadoret, G., Bigras, N., Lemay, L., Lehrer, J., & Lemire, J. (2018). Relationship between screen-time and motor proficiency in children: a longitudinal study. Early Child Development and Care, 188(2), 231–239. https://doi.org/10.1080/03004430.2016.1211123

Fadhli, N. R., Yudasmara, D. S., Taufik, Ludyana, E., & I’tamada, E. Z. (2022). Sedentary Screen Time and Gross Motor Skills of Indonesian Preschoolers in Urban Areas. Proceedings of the 5th International Conference on Sport Science and Health (ICSSH 2021), 45(Icssh 2021), 184–190. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.220203.031

Firdausi, N. Q., Nurida, A., & Triastuti, N. (2023). Literature Review Dampak Screen Time terhadap Obesitas Remaja. Indonesian Journal of Biomedical Science and Health, 3(1), 24–31.

Fitriana, F., Ahmad, A., & Fitria, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Remaja Dalam Keluarga. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 5(2), 182. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i2.7898

I Bagus, E. (2022). The Relationship of Running Agility and Speed with the Ability to Dribble the Student Participants in the Extracurricular Futsal Activities. The Relationship of Running Agility and Speed with the Ability to Dribble the Student Participants in the Extracurricular Futsal Activities.

Indahwati, N. (2024). Screen Time dan Pola Permainan Anak: Dampaknya Terhadap Perkembangan Motorik dan Kesehatan.

Jessica, byrd, & Wang. (2017). Journal of Electromagnetic Journal of Electromagnetic. 87–106.

Maharani, D. (2016). Akibat “Screen Time” Berlebihan pada Anak. Kompas.Com.

Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga (K. Mawardi (ed.)). UNESA UNIVERSITY PRESS.

Morrow, J. R., Mood, D. P., Disch, J. G., & Kang, M. (2022). Measurement and evaluation in human performance (5th ed.).

Neshteruk, C. D., Mazzucca, S., Vaughn, A. E., Jones, D. J., & Ward, D. S. (2020). Identifying patterns of physical activity and screen time parenting practices and associations with preschool children’s physical activity and adiposity. Preventive Medicine Reports, 18(August 2019), 101068. https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2020.101068

Novitasari, W., & Khotimah, N. (2013). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP INTERKSI SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN.

Oktavian, I., & Hakim, A. A. (2022). Kemampuan Motorik Aanak Sekolah Dasar Berdasarkan Perbedaan Status Sosial Ekonomi Keluarga. Jurnal Kesehatan Olahraga.

Rinaldi, M., & Sabari, M. (2019). Tingkat Kemampuan Motorik Siswa Kelas Atas Di Sekolah Dasar Negeri Gadingan Wates Tahun 2018/2019. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Olahraga, 1(2), 2–5.

RSUP, H. (2024). Dampak Screen Time terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Remaja. RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Sari, T. A. P., Novitawati, N., & Sulaiman, S. (2024). Pengaruh Interaksi Orang Tua: Screen Time terhadap Kemampuan Sosial Emosional dan Berbicara Anak Taman Kanak-Kanak. Journal of Education Research, 5(3), 3525–3535. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1420

Satriawan, R. (2019). The Effect of Physical Fitness on The Grade Point Average of Students of Physical Education at STKIP Taman Siswa Bima. Malaysian Journal of Movement, Health & Exercise, 8(2), 131–137.

Sitepu, S. B. (2019). Hubungan Durasi Bermain Gadget dengan Tingkat Kemampuan Motorik Halus pada Aanak Berusia 4-5 tahun D TK As Salam Kota Malang. Keperawatan Profesional.

Wang, X., & Cheng, Z. (2020). Cross-Sectional Studies: Strengths, Weaknesses, and Recommendations. Chest, 158(1), S65–S71. https://doi.org/10.1016/j.chest.2020.03.012.

Published
2025-02-28
Abstract viewed = 60 times
PDF downloaded = 80 times