Pengaruh Aktivitas Fisik terhadap Kesahatan Mental Siswa SMP

  • Yustika Anggiana Universitas Negeri Surabaya
  • Nanik Indahwati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas fisik terhadap kesehatan mental siswa SMP Lab School Unesa. Aktivitas fisik yang dilakukan siswa mencakup olahraga terstruktur seperti pola permainan lapangan dan game online. Aktivitas bermain diluar jam pelajaran seperti ekstrakurikuler bola voli, sepak bola ataupun basket. Metode: Penelitian ini menggunakan metode cluster sampling, Sampel ini terdiri dari 90 siswa. Data aktivitas fisik dikumpulkan melalui kuesioner International Physical Activity Questionnaire (IPAQ), Sedangkan data kesehatan mental dikumpulkan menggunakan kuesioner The Mental Health Quality of Life Questionnaire-MHQoL. Analisis statistik menggunakan uji non parametrik,yaitu Uji Man-Whitney U. Hasil secara statistik menunjukan (0,667 > 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa aktifitas fisik saja tidak secara langsung dapat menyebabkan kesehatan mental menjadi meningkat di SMP Lab School Unesa.

Author Biographies

Yustika Anggiana, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Jasmani,Kesehatan,dan Rekreasi, Universitas Negeri Surabaya

Nanik Indahwati, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Jasmani,Kesehatan,dan Rekreasi, Universitas Negeri Surabaya

Keywords: Aktivitas Fisik, Kesehatan Mental

References

Akademik, K., Pendidikan, M., & Inggris, B. (2024). Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif. 5 (September), 94–104.

April, N., & Ruimassa, A. A. (2023). Dunamis : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani Memahami Psikologi Perkembangan Remaja sebagai Upaya Merencanakan Pelayanan Pastoral yang Peka Kesehatan Mental Remaja. 7(2), 769–784. https://doi.org/10.30648/dun.v7i2.845

Ayu, I. G., Satya, P., Made, D., & Dwi, A. (2023). Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kesehatan Mental pada Remaja Jurnal ILKES ( Jurnal Ilmu Kesehatan ). 14(1), 11–19.

Bidang, D., & Olahraga, P. (2023). Kebugaran Jasmani dan Generasi Emas 2045 Kebugaran Jasmani dan Generasi Emas 2045.

Diorarta, R., & Mustikasari. (2020). Tugas Perkembangan Remaja Dengan Dukungan Keluarga: Studi Kasus. Carolus Journal of Nursing, 2(2), 111–120. https://doi.org/10.37480/cjon.v2i2.35

Herbert, C., & Meixner, F. (n.d.). Regular physical activity , short-term among university students : the results of an online and a laboratory study among.

Hikmah, J. (2017). STATISTIK DESKRIPTIF Leni Masnidar Nasution. 14(1), 49–55.

Istyanto, F., & Rahmi, S. A. (2023). Manfaat Aktifitas Fisik Terhadap Kesehatan Mental Berbasis Narrative Literature Review The Benefits Of Physical Activity On Mental Health : Narrative Literature Review. 14(02), 182–192.

Kemenkes RI. (2018). Artikel terkait. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, November, 1. https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/page/28/klasifikasi-hipertensi

Kemenkes RI. (2023). Menjaga Kesehatan Mental Para Penerus Bangsa. Kemenkes RI, 2–3. https://www.kemkes.go.id/id/rilis-kesehatan/menjaga-kesehatan-mental-para-penerus-bangsa

Kurniawan, F. (2020). E-Sport dalam Fenomena Olahraga Kekinian. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 15(2), 61–66. https://doi.org/10.21831/jorpres.v15i2.29509

Mutohir, T. C., Lutan, R., Maksum, A., Kristiyanto, A., & Akbar, R. (2023). Kebugaran Jasmani dan Generasi Emas 2045. Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementrian Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia, November, 110.

Prameswari, A. W., & Pratama, R. S. (2025). Peran Orang Tua dalam Mendorong Partisipasi Anak Usia Dini pada Aktivitas Olahraga. 134–146.

Priyati, N., Kuryanto, M. S., & Setiadi, G. (2023). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Dampak Penggunaan Game Online Mobile Legend pada Anak Usia Sekolah Dasar. 5(2), 1719–1734.

Raharjo, S. (2017). Panduan Lengkap Uji Analisis Regresi Linear Sederhana dengan SPSS. SPSS Indonesia, 2021. https://www.spssindonesia.com/2017/03/uji-analisis-regresi-linear-sederhana.html

Shalahuddin, M. A. (2021). Olahraga dan Aktivitas Fisik : Dampaknya Terhadap Kesehatan Mental dan Fisik. 2011, 8–14.

van Krugten, F. C. W., Busschbach, J. J. V., Versteegh, M. M., Hakkaart-van Roijen, L., & Brouwer, W. B. F. (2022). The Mental Health Quality of Life Questionnaire (MHQoL): development and first psychometric evaluation of a new measure to assess quality of life in people with mental health problems. Quality of Life Research, 31(2), 633–643. https://doi.org/10.1007/s11136-021-02935-w

Wang, X., & Cheng, Z. (2020). Cross-Sectional Studies: Strengths, Weaknesses, and Recommendations. Chest, 158(1), S65–S71. https://doi.org/10.1016/j.chest.2020.03.012

Wiese-bjornstal, D. M. (2019). Psychological predictors and Psychology of sport concuss.

Zhang, J., Peng, C., & Chen, C. (2024). Mental health and academic performance of college students: Knowledge in the field of mental health, self-control, and learning in college. Acta Psychologica, 248(August). https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2024.104351.

Published
2025-02-28
Abstract viewed = 28 times
PDF downloaded = 38 times