Hubungan antara Kondisi Ekonomi Siswa dengan Hasil Belajar Olahraga Siswa

  • Wildan Shofarrizqa Syahid Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yudy Hendrayana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Cariswan Cariswan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Burhan Hambali Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat indeks pembangunan olahraga siswa di MTs di Jawa Barat dilhat dari kondisi ekonomi siswa. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan melibatkan 266 siswa MTs se-Jawa Barat sebagai partisipan, terdiri dari 157 siswa laki-laki (59%) dan 109 siswa perempuan (41%), dengan rentang usia antara 13 hingga 16 tahun. Data dikumpulkan melalui angket atau kuesioner dan menggunakan teknik sampling jenuh serta analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan peralatan olahraga yang dibeli cukup tinggi, dengan 62% partisipan mengeluarkan nilai 166, sementara 38% siswa mengalami keterbatasan finansial dengan nilai 100 dari total sampel 266 siswa. Rata-rata pengeluaran untuk membeli kebutuhan olahraga adalah kurang dari 200 ribu rupiah, dimana 50% siswa menunjukkan nilai di bawah angka tersebut; perlengkapan yang paling banyak dibeli adalah sepatu (31%), diikuti dengan pembayaran untuk tempat latihan (26%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kondisi ekonomi berhubungan dengan kegiatan olahraga di MTs di Jawa Barat masih tergolong rendah.

Keywords: Kondisi Ekonomi, Hasil Belajar Olahraga

References

Ahsani, E. L. .., M. Emy, S. .. Laila, I. Chusnul, and A. Vina. 2021. “Pengaruh Sarana Prasarana Dalam Menunjang Prestasi Belajar Siswa Sd Di Sekolah Indonesia Den Haag.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 8(1):52–63.

Andri Arif Kustiawan. 2020. “Sport Development Index.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Andriana, Sopyan, Burhan Hambali, Prodi Pendidikan jasmani Kesehatan dan Rekreasi, and Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 2023. “Analisis Indek Pembangunan Olahraga Dilihat Dari Dimensi Tingkat Ekonomi Peserta Didik Smp Dan Sma Di Bandung Raya.” 4(3):2723–584.

Astrini, Dhien. 2021. “Korelasi Antara Gaya Belajar Siswa, Kondisi Ekonomi Keluarga Dan Kedisiplinan Siswa Dengan Prestasi Belajar Fisika.” OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika 5(1):1–11. doi: 10.37478/optika.v5i1.726.

Atika, Aisyah Nur, and Harun Rasyid. 2018. “Dampak Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Keterampilan Sosial Anak.” Pedagogia : Jurnal Pendidikan 7(2):111–20. doi: 10.21070/pedagogia.v7i2.1601.

Azis, Abdul, Dwi Yulianti, and Langlang Handayani. 2006. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Memanfaatkan Alat Peraga Sains Fisika (Materi Tata Surya) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kerjasama Siswa.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 4(2):94–99. doi: 10.15294/jpfi.v4i2.162.

Fajar, CM, and D. Mulyanti. 2019. “Meningkatkan Taraf Perekonomian Dan Kesejahteraan Melalui Perencanaan Investasi Pendidikan.” Jurnal Abdimas BSI 2(1):89–95.

Hamamy, Fauziyatul. 2021. “Hubungan Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Akademik Siswa Di Sekolah.” DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8(1):55. doi: 10.30997/dt.v8i1.3573.

Keolahragaan, Jurnal Ilmu. 2023. “JOKER.” 4(3):415–27.

Mahfud, Imam, Aditya Gumantan, and Reza Adhi Nugroho. 2020. “Pelatihan Pembinaan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga.” Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan 3(1):56. doi: 10.31851/dedikasi.v3i1.5374.

Marlinah. Lilih. 2021. “Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 2 Bulan Juli 2021 Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 2 Bulan Juli 2021.” Memnfaatkan Insentif Pajak UMKM Dalam Upaya Mendorong Pemuliahan Ekonomi Nasional 4(98):73–78.

Nasution, Ahmad Rosyadi, Amir Supriadi, and Agung Sunarno. 2021. “Survey Sport Development Index Di Kabupaten Mandailing Natal.” Jurnal Pedagogik Olahraga 7(2):17. doi: 10.24114/jpor.v7i2.31232.

Olahraga, Abstrak, and Kata Kunci. n.d. “KESADARAN MASYARAKAT BEROLAHRAGA UNTUK PENINGKATAN KESEHATAN DAN PEMBANGUNAN NASIONAL Oleh : Yudik Prasetyo Dosen Jurusan Pendidikan Kesehatan Dan Rekreasi FIK UNY.” 219–28.

Pradhana, Andy. 2016. “Analisis Sport Development Index Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk.” Jurnal Kesehatan Olahraga 4(4):2–7.

Pratiwi, Kadek Wiwin, I. Ketut Gading, and Putu Aditya Antara. 2021. “Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak.” Journal for Lesson and Learning Studies 4(1):33–38. doi: 10.23887/jlls.v4i1.33574.

Rahmat, Zikrur, Irfandi, and Munzir. 2021. “Analisis Konsepsi Manajerial Dan Kompetensi Kepala Sekolah Berlatar Belakang Guru Olahraga Se-Kota Banda Aceh.” Journal Coaching Education Sports 2(1):87–100. doi: 10.31599/jces.v2i1.529.

Salsabiila, Awwalu Meiliana, and Luqman Hakim. 2019. “Economic Education Analysis Journal Info Artikel.” Economic Education Analysis Journal 8(1):18–23.

Sudirman, and Wisnawati Budi. 2024. “Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis 1(1):1–17. doi: 10.70311/jpeb.v1i1.1.

Supit, Deisye, and Nathasya Moureen Gosal. 2023. “Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9(1):177–82. doi: 10.31949/educatio.v9i1.4557.

Sutarman, H. Otoy. 2007. “Vol. 4, No. 2 Februari 2007.” Uherman, E. (2007). HAKIKAT PEMBELAJARAN. EDUCARE, 4(2) 4(2).

Suyono, Akhmad. 2016. “Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Yang Dimediasi Oleh Fasilitas Belajar.” Journal of Accounting and Business Education 1(2). doi: 10.26675/jabe.v1i2.6014.

Widiansyah, Apriyanti. 2017. “Peran Ekonomi Dalam Pendidikan Dan Pendidikan Dalam Pembangunan Ekonomi.” XVII(2).

Wijianto, Wijianto, and Ika Farida Ulfa. 2016. “Pengaruh Status Sosial Dan Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Bekerja Bagi Remaja Awal (Usia 12-16 Tahun) Di Kabupaten Ponorogo.” Al Tijarah 2(2):190. doi: 10.21111/tijarah.v2i2.742.

Published
2025-02-28
Abstract viewed = 19 times
PDF downloaded = 6 times