Strategi Bermain dalam Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Lompat

  • Mulyadi Mulyadi STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bermain dalam meningkatkan Gerak Dasar Lompat, metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan dengan pengambilan data Kuantitatif, dimana pelaksanaan penelitian ini melibatkan 2 orang guru pendidikan jasmani sebagai kolabolator dan peneliti ini juga dilakukan sebanyak 2 siklus. Penelitain dilaksanakan di SDN 19 Kota Bima pada siswa kelas IV. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan strategi bermain dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran gerak dasar lompat. Ini terlihat data kuantitatif yang didapat dari hasil pretes pembelajaran lompat pada tahap observasi didapat nilai rata-rata 52, disiklus I terdapat perolehan nilai rata-rata 63 dan nilai rata-rata siklus II yaitu 84 sehingga terlihat selisih nilai rata-rata pada siklus I dan pada siklus II adalah sebesar 18. Hal ini menyebabkan pada tahapan siklus II peneliti berhasil memperbaiki pendekatan dalam mengajar dengan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Keywords: Gerak Dasar Lompat, Strategi Bermain, Penelitian Tindakan

References

Syarifudin Aip, (1993). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdiknas
Mardiana Ade, (2008). Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.UT
Suharsimi Arikunto. Dkk.,(2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Abdul Rahman. (2011). Peningkatan Kemampuan Servis Bawah Bola Voly Melalui Pendekatan Bermain. Skripsi. Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta.
Rusli Lutan. (1988). Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Depdikbud.
Published
2019-12-30
Abstract viewed = 95 times
PDF downloaded = 56 times