Revitalisasi Pendidikan Jasmani Menuju Indonesia Emas
Abstract
Rendahnya tingkat kebugaran jasmani menjadi salah satu hal bahwa belum tercapainya tujuan pendidikan jasmani di sekolah. Hal ini merupakan contoh tidak berdayanya olahraga sebagai instrumen pendidikan untuk membangun jiwa dan raga peserta didik sebagai sosok pribadi yang berkarakter. Tingkat kebugaran jasmani siswa menjadi salah satu indikator tujuan pendidikan jasmani yaitu sehat. Pendidikan Jasmani merupakan usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi peserta didik menjadi sehat, bugar secara jasmani berbagai macam aktifitas fisik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Studi literatur merupakan serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui teori-teori yang akan dibahas. Pendidikan jasmani memiliki peranan penting dalam membangun sumber daya manusia yang sehat kuat dan bugar melalui proses pembelajaran yeng menekankan pada literasi fisik. Kebugaran jasmani hanya dapat ditingkatkan melalui aktifitas fisik yang teratur, terencana dan terkukur serta berkelanjutan. Keberhasilan proses pembelajaran pendidikan jasmani dapat dilihat dari seberapa banyak partisipasi siswa dalam melakukan aktifitas fisik olahraga diluar waktu sekolah.
References
Bangun, S. Y. (2016). Kajian Pustaka & Pembahasan. VI. http://ojs.unm.ac.id/index.php/
Basoglu, U. D. (2018). The Importance of Physical Literacy for Physical Education and Recreation. Journal of Education and Training Studies, 6(4), 139. https://doi.org/10.11114/jets.v6i4.3022
Cadenas-Sanchez, C., Mena-Molina, A., Torres-Lopez, L. V., Migueles, J. H., Rodriguez-Ayllon, M., Lubans, D. R., & Ortega, F. B. (2021). Healthier Minds in Fitter Bodies: A Systematic Review and Meta-Analysis of the Association between Physical Fitness and Mental Health in Youth. In Sports Medicine (Vol. 51, Issue 12). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/s40279-021-01520-y
Darmawan, I. (2017). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Penjas. Journal JIP, 7(2), 143–154. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi
Dufour, F., Dube, F., & Granger, N. (2015). Assessment of Coating Quality in Cathodic Protection and Coating Systems. Journal of Educational Research, 3(6), 07–712. https://doi.org/10.12691/education-3-6-7
Dwiyogo, W. D., & Cholifah, P. S. (2016). Continuing Professional Development ( CPD ) for Physical Education Teacher in Elementary School through Blended Learning. International Conference on Education, 14, 948–955.
Dyson, B. (2014). Quality physical education: A commentary on effective physical education teaching. In Research Quarterly for Exercise and Sport (Vol. 85, Issue 2, pp. 144–152). Taylor & Francis. https://doi.org/10.1080/02701367.2014.904155
Erickson, K. I., Hillman, C., Stillman, C. M., Ballard, R. M., Bloodgood, B., Conroy, D. E., Macko, R., Marquez, D. X., Petruzzello, S. J., & Powell, K. E. (2019). Physical Activity, Cognition, and Brain Outcomes: A Review of the 2018 Physical Activity Guidelines. Medicine and Science in Sports and Exercise, 51(6), 1242–1251. https://doi.org/10.1249/MSS.0000000000001936
Fitriani, A., Setyowati, Y. D., & Arumsari, I. (2020). The Elevation of Physical Activity Knowledge and Behaviour Among Elementary School Children Following Practice Based Health Education. Journal of Independent Community, 4(4), 560–569.
Gil-Espinosa, F. J., Chillón, P., Fernández-García, J. C., & Cadenas-Sanchez, C. (2020). Association of physical fitness with intelligence and academic achievement in adolescents. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(12), 1–14. https://doi.org/10.3390/ijerph17124362
Gu, X., Chen, Y. L., Jackson, A. W., & Zhang, T. (2018). Impact of a pedometer-based goal-setting intervention on children’s motivation, motor competence, and physical activity in physical education. Physical Education and Sport Pedagogy, 23(1), 54–65. https://doi.org/10.1080/17408989.2017.1341475
Hartati. (2018). Profil Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP di Surabaya. LPPM Universitas Negeri Surabaya.
Heikinaro-Johansson, P., Hasanen, E., McEvoy, E., & Lyyra, N. (2017). Preparing physical and health education pre-service teachers to support students’ physical activity and wellbeing during the school day. Asia-Pacific Journal of Health, Sport and Physical Education, 0(0), 1–15. https://doi.org/10.1080/18377122.2017.1418181
Iyakrus, I. (2019). Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Prestasi. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2). https://doi.org/10.36706/altius.v7i2.8110
Kementerian Pemuda dan Olahraga RI. (2022). Laporan Nasional Sport Development Index 2022. Olahraga, Daya Saing Dan Kebijakan Berbasis Data. https://img-deputi3.kemenpora.go.id/files/document_file/2023/07/17/31/5716laporan-nasional-sport-development-index-tahun-2022.pdf
Koc, Y. (2017). The Effect of “Physical Education and Sport Culture” Course on the Attitudes of Preservice Classroom Teachers towards Physical Education and Sports. International Journal of Higher Education, 6(4), 200. https://doi.org/10.5430/ijhe.v6n4p200
Komarudin. (2015). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Sistem Pembangunan Dan Pembinaan Olahraga Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(1), 37-44. Yogyakarta: FIK UNY.
Liu, at al. (2016). A Conceptual Physical Education Course and College Freshmen’s Health-Related Fitness. Health Education.
Lleixà, T., González-Arévalo, C., & Braz-Vieira, M. (2016). Integrating key competences in school physical education programmes. European Physical Education Review, 22(4), 506–525. https://doi.org/10.1177/1356336X15621497
Nurrochmah, S. (2016). Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan. UM Press.
Popovici, I. M., Popescu, L., & Radu, L.-E. (2017). Evaluation of some physical fitness characteristics in 11-13 years old. Cypriot Journal of Educational Sciences, 12(1), 09. https://doi.org/10.18844/cjes.v12i1.532
Riyanto, P. (2020). Kontribusi aktifitas fisik, kebugaran jasmani terhadap hasil belajar pendidikan jasmani. Jpoe, 2(1), 117–126. https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i1.31
Saitya, I. (2022). Pentingnya Perencanaan Pembelajaran Pada Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1), 1–5. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Pior
Saputra, Y. M. (1997). Kinerja Guru Pendidikan Jasmani. 417–424.
Senturk, H. E., & Camliyer, H. (2016). A New Learning Model on Physical Education: 5E Learning Cycle. Universal Journal of Educational Research, 4(1), 26–29. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040104
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003).
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN OLAHRAGA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.