Motivasi Siswa Kelas VIII Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri 1 Kota Bima Tahun Ajaran 2017/2018

  • Mulyadi Mulyadi STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran Penjasorkes di SMP Negeri 1 Kota Bima Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Bima Tahun Ajaran 2017/20178 yang berjumlah 198 siswa sehingga disebut penelitian populasi. Uji coba dilaksanakan di SMP Negeri 13 Kota Bima, dengan koefisien validitas sebesar 0,950 dan reliabilitas sebesar 0,978. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran Penjasorkes di SMP Negeri 1 Kota Bima Tahun Ajaran 2016/2017 berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 5,56% (11 siswa), “rendah” sebesar 29,80% (59 siswa), “sedang” sebesar 30,81% (61 siswa), “tinggi” sebesar 28,79% (57 siswa), dan “sangat tinggi” sebesar 5,05% (10 siswa). Dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran Penjasorkes di SMP Negeri 1 Kota Bima Tahun Ajaran 2017/2018 dalam kategori sedang.

Keywords: Motivasi, Pembelajaran Penjasorkes, Siswa SMP Kelas VIII

References

Anas Sudijono. (2009). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hamzah, B. Uno. (2006), Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Di Bidang. Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Oemar Hamalik. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusli Lutan. (2000). Strategi Pembelajaran Penjas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Saifuddin Azwar. (2016). Tes Prestasi. Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sardiman, A.M. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta.
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Bina Aksara.
Published
2018-12-30
Abstract viewed = 81 times
PDF downloaded = 173 times