Pendekatan Bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

  • Muhamad Fikri Multazam Setiawan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Carsiwan Carsiwan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Dzikry Abdullah Al Ghazala Universitas Pendidikan Indonesia
  • Resty Sriayu Rahmadayanti Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Pendekatan bermain dianggap sebagai metode yang efektif untuk mengatasi tantangan pembelajaran yang monoton dan kurang menarik dalam konteks Penjas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendekatan bermain dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani (Penjas) dan dampaknya terhadap peningkatan motivasi serta hasil belajar siswa. Penelitian ini dipandu oleh protokol PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analyses) dan menggunakan platform covidence untuk memfasilitasi proses peninjauan. Sumber data dilakukan melalui database Google Scholar dengan sumber artikel menggunakan aplikasi Harzing’s Publish or Perish. Dari 437 artikel yang di temukan, 10 artikel dipilih untuk dianalisis secara sistematis. Hasil dari tinjauan artikel yang masuk inklusi, bahwa pendekatan bermain merupakan salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga (PJOK).

Keywords: Pendekatan Bermain, Pendidikan Jasmani, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

References

Aditya, R., Nugroho, A., Hasil, P., & Menggiring, B. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Menggiring Bola Pada Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah, 7(2), 75–78.

Amirudin, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Pendekatan Bermain. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2). https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5711

Anderson, C., J. P., & S. T. (2020). Integrating play-based learning in physical education: A strategy for promoting cooperation and confidenc. Journal of Sport Education, 34(2), 22–34.

Anggraeni, D., & Sutiyarsih, S. (2018). Peningkatan hasil belajar gerak dasar melempar melalui pendekatan bermain. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 14(1), 11–17. https://doi.org/10.21831/jpji.v14i1.21340

Bhayangkara, C. D. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Gerak Lokomotor Dengan Pola Pendekatan Bermain Sd Al Hanief Kota Bekasi. Jendela Olahraga, 3(1), 57–66. https://doi.org/10.26877/jo.v3i1.2033

Bryant, P., & E. M. (2018). B Overcoming challenges in implementing play-based learning in physical education. International Journal of Educational Research, 77, 120–134.

Deci, E. L., & R. R. M. (2023). Intrinsic motivation and self-determination in human behavior. Springer Science & Business Media.

Fikri, M., Khairudin, Rasyid, W., & Astuti, Y. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Melalui Modifikasi Permainan. JP&O: Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 5(6), 74–82.

Griggs, J., & H. A. (2022). Challenges in sustaining play-based approaches in physical education: A critical review. Journal of Sport and Social Issues, 46(1), 34–45.

Harris, A., & K. S. (2017). (2017). The role of physical education in promoting health and social values. Journal of Physical Education, 45(3), 1–10.

McMahon, J., & S. R. (2022). Play as a motivator: Enhancing intrinsic motivation in physical education. . . Journal of Educational Psychology, 54(4), 1080–1092.

Panjaitan, K., & Fardana, N. (2023). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Permainan dalam Pembelajaran Penjas. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 7(1), 54–61. https://doi.org/10.31539/jpjo.v7i1.6857

Prasetyo, K. (2016). Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 196. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p196-205

Rachmawati, E., & A. N. (2019). Assessing the development of social attitudes and fitness concepts through physical education. Journal of Physical Education, 10(3), 45–46.

Rokhayati, A. (2016). Implementasi Pendekatan Taktis dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Terhadap Motivasi, Kebugaran Jasmani dan Kemampuan Motorik. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(2), 57. https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i2.5664

Saleh, A. E. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Lay Up Bolabasket Melalui Pendekatan Bermain One-Two Step Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 9 Semarang Tahun 2013. E-Jurnal Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(1), 1522–1528.

Semakur, Y. (2020). Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Gerak Dasar Lari Pada Siswa Kelas V Sd Katolik 041 Talibura. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 01(11), 1–8.

Suryani, R. (2017). The components of physical education learning outcomes: Cognitive, affective, and psychomotor aspects. Indonesian Journal of Physical Education, 5(2), 58–70.

Vaughn, D., M. L. , & H. S. (2019). The effect of play-based learning on student engagement and physical education outcomes. Journal of Sport Education, 38(1), 78–88.

Vygotsky, L. S. (1978). Interaction between learning and development. In Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press., 79–91.

Published
2025-04-30
Abstract viewed = 42 times
PDF downloaded = 36 times