Tingkat Kepuasan Ibu-Ibu dalam Menggunakan Sarana Prasarana di Okami Fitness Palembang
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpo.v15i5.3000Keywords:
Tingkat Kepuasan, Sarana dan Prasarana, Pusat Kebugaran, Ibu Rumah TanggaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kepuasan ibu-ibu dalam menggunakan sarana dan prasarana di OKAMI Fitness Palembang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan jumlah responden sebanyak 20 orang ibu-ibu yang merupakan anggota aktif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner sebanyak 20 pernyataan menggunakan skala Likert yang mencakup lima aspek: kualitas produk/layanan, harapan pelanggan, persepsi terhadap kinerja, harga, serta pelayanan dan interaksi dengan staf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan ibu-ibu secara umum berada pada kategori "Puas" dengan rata-rata skor 81,55%. Sebanyak 40% responden berada dalam kategori "Sangat Puas", dan 60% dalam kategori "Puas". Temuan ini didukung oleh observasi dan wawancara yang menunjukkan fasilitas yang lengkap, bersih, dan staf yang ramah. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa sarana dan prasarana di OKAMI Fitness telah memenuhi harapan pengguna. Peneliti menyarankan agar pengelola menambah fasilitas pendukung, memperbanyak kelas kebugaran wanita, serta mengembangkan sistem layanan berbasis digital.
References
Adegbija, M. V., & Fakomogbon, M. A. (2013). Instructional Media In Teaching And Learning: A Nigerian Perspective. Global Media Journal African Edition, 6(2). https://doi.org/10.5789/6-2-114
Ahmad, N., Septiyawan, D., & Puspitaningsari, M. (2023). The Effect of Circuit Games on Physical Fitness in Upper Class Students at SDN Tanggungan Gudo Jombang.
Arikunto, S. (2010). Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). PT. Rineka Cipta.Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revi). PT. Rineka Cipta.
Destriana, D., Aryanti, S., Octara, K., Solahuddin, S., Resah Pratama, R., & Destriani, D. (2023). Pelatihan Massage Kebugaran Bagi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Jurnal Pengabdian Masyarakat Bhinneka (JPMB), 1(3). https://doi.org/10.58266/jpmb.v1i3.50
Donnelly, J. E., Hillman, C. H., Castelli, D., Etnier, J. L., Lee, S., Tomporowski, P., Lambourne, K., & Szabo-Reed, A. N. (2016). Physical Activity, Fitness, Cognitive Function, and Academic Achievement in Children: A Systematic Review. Medicine & Science in Sports & Exercise, 48(6), 1197. https://doi.org/10.1249/MSS.0000000000000901
Lutan, R. dkk. (2002). Pendidikan Kebugaran Jasmani: Orientasi Pembinaan di. Sepanjang Hayat. Depdiknas.
Ramli, R. (2023). (Pdf) Gizi Kebugaran Dan Olahraga. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/373597654_Gizi_Kebugaran_Dan_Olahraga
Sugiyono. (2017). Penelitian Kuantitatif. Pemaparan Metodenpenelitian Kuantitatif, 2, 16.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Suci Virginia Hervaclara, Siti Ayu Risma Putri, Hikmah Lestari, Mutiara Fajar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan Olahraga yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensiĀ Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan Olahraga bersifat akademik. Jurnal Pendidikan Olahraga tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.








