Persepsi Siswa terhadap Kebijakan Larangan Praktik Renang dalam Pembelajaran PJOK di SMK
DOI:
https://doi.org/10.37630/jpo.v15i5.3260Keywords:
Persepsi Siswa, Kebijakan Pendidikan, Renang, PJOKAbstract
Kebijakan larangan praktik renang dalam pembelajaran PJOK di tingkat SMA Jawa Barat menimbulkan pertanyaan mengenai bagaimana siswa sebagai penerima langsung kebijakan memaknainya. Penelitian ini penting karena persepsi siswa dapat memengaruhi efektivitas implementasi kebijakan serta motivasi belajar mereka. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 100 siswa kelas X dan XI SMKN 1 Cipanas yang dipilih melalui purposive sampling. Instrumen berupa angket skala Likert 1–4 yang mengukur tiga dimensi persepsi siswa (kognitif, afektif, dan konatif). Instrumen diuji melalui uji validitas dan reliabilitas sehingga layak digunakan dalam pengumpulan data. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dengan rumus persentase, kemudian dikategorikan ke dalam lima tingkatan persepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan persepsi siswa berada pada kategori positif, menandakan adanya penerimaan yang cukup baik terhadap kebijakan tersebut. Keterbatasan penelitian ini adalah lingkup sampel yang terbatas pada satu sekolah, sehingga generalisasi hasil masih rendah. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan memperluas populasi dan menggunakan pendekatan kualitatif atau campuran untuk menggali lebih dalam faktor-faktor sosiokultural yang memengaruhi persepsi siswa. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pembuat kebijakan dalam merumuskan regulasi pendidikan yang lebih adaptif.
References
Adelia Putri, Putri Wulandari Nasution, Syarah Syarif, and Gusmaneli Gusmaneli. 2024. “Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam 2(2):221–27. doi:10.61132/jmpai.v2i2.194.
Ardiansyah, Risnita, and M. Syahran Jailani. 2023. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif.” Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam. doi:10.61104/ihsan.v1i2.57.
Fadhillah Quratul ‘Aini, Rahmi Yuli Andini Hasibuan, and Gusmaneli Gusmaneli. 2024. “Pendidikan Karakter Sebagai Landasan Pembentukan Generasi Muda.” Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora 3(4):54–69. doi:10.30640/dewantara.v3i4.3321.
Haryanto, Helmi Yudha, and Saifulloh Arif. 2021. “Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan.” Journal of Physical Activity and Sports (JPAS) 2(2):1–6. doi:10.53869/jpas.v2i2.131.
Komarudin, Komarudin, and Mardianto Prabowo. 2020. “Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid-19.” MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga 26(2):56–66. doi:10.21831/majora.v26i2.34589.
Lengkoan, Fergina, and Paula Audry Rombepajung. 2022. “Teachers’ Perception of Online Learning in The Pandemic Era.” Jurnal Lingua Idea 13(1):1. doi:10.20884/1.jli.2022.13.1.4301.
Nafisa, Divaliya, Haifa Hafsah Tsalisa, Iis Siti Nurbaiti, and Zahra Aulia Yusuf. 2024. “Pentingnya Pengembangan Keterampilan Fisik Pada Anak-Anak Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani , Olahraga , Dan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8:23450–59.
Petrass, Lauren A., Kate Simpson, Jenny Blitvich, Rhiannon Birch, and Bernadette Matthews. 2021. “Exploring the Impact of a Student-Centred Survival Swimming Programme for Primary School Students in Australia: The Perceptions of Parents, Children and Teachers.” European Physical Education Review 27(3):684–702. doi:10.1177/1356336X20985880.
Putri, April Yanti Dwi, Eddy Marheni, Nuridin Widya Pranoto, Fiky Zarya, Departement Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, and Universitas Negeri Padang. 2022. “Aspek Psikologi Atlet Olahraga Renang Kabupaten Rejang Lebong.” JORPRES (Jurnal Olahraga Prestasi) 18(1):2022–52.
Ramadhani, Danang, I. Made Sriundy Mahardika, and Nanik Indahwati. 2020. “Evaluasi Pembelajaran Pjok Berbasis Daring Terhadap Tingkat Pemahaman Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv - Vi Sd Negeri Betro, Sedati - Sidoarjo.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 7(1):328–38. doi: 10.58258/jime.v7i1.1817
Stanula, Arkadiusz, Andrzej Ostrowski, and Marcin Kaca. 2017. “Sprint Swimming Technique , Analysis of Somatic and Spatial-Temporal Coordination Variables Butterfly.” Journal of Human Kinetics 60(December):51–62. doi:10.1515/hukin-2017-0089.
Taqwim, Revandi Imana, M. E. Winarno, and Roesdiyanto Roesdiyanto. 2020. “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 5(3):395. doi:10.17977/jptpp.v5i3.13303.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fahmi Fahrizal, Taupik Rochman, Firdaus Hendri Prabowo Yudho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan Olahraga yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan Olahraga bersifat akademik. Jurnal Pendidikan Olahraga tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.