Pengaruh Kekuatan Otot Lengan Terhadap Peningkatan Prestasi Renang Gaya Bebas

  • Syahdin Syahdin STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Kekuatan dalam hal ini kekuatan otot lengan dan otot tungkai,secara bersama berperan dalam menghasilkan gerakan maju dalam berenang.Tetapi berdasarkan pengalaman penulis, secara tersendiri otot lengan dan otot tungkai menghasilkan gerakan maju yang berbeda. Hal ini dapat dibuktikan secara sedarhana yaitu dengan percobaan berenang dengan hanya menggunakan satu variable (tungkai/lengan). Tujuan penelitian ini adalah“ untuk mengetahui ada tidaknya Hubungan kekuatan otot lengan dengan prestasi renang gaya bebas pada siswa Putra kelasXI MA Darul Hikmah Tente Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang dipakai ini adalah metodeAsosiatif”, yaitu penelitian yang dilakukan untuk meneliti hubungan antara dua peristiwa atau dua variable atau lebih yang telah terjadi dan kemudian didapat suatu teori yang dapat berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan, dan mengontrol suatu gejala. Dengan Populasi sebanyak 26 siswa Putra sehingga disebut sebagai penelitian Populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Dokumenter dan Tekniktes Perbuatan dan angket,Teknik analisa data menggunakan rumus Korelasi Product moment.Hasil penelitian didapat skor (r hitung )yaitu=0,452 dengan t tabel  0,388, dengan taraf hubungan sebesar 20%, maka dapat dinyatakan bahwa ada hubungan antara kekuatan otot lengan dengan pretasi renang gaya bebas pada siswa kelas XI MA Darul Hikmah Tente Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2015/2016.

Keywords: Otot Lengan, Renang Gaya Bebas

References

Asriyadin. (2017). Panduan Penulisan Jurnal STKIP Taman Siswa Bima. Bima: LPPM Taman Siswa Bima.
Azis, A., Yulianti, D., & Handayani, L. (2006). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Alat Peraga Sains Fisika (Materi Tata Surya) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kerjasama Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2), 94–99. https://doi.org/10.15294/jpfi.v4i2.162 Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta
Armbruster , D.A ; Allen , R.H; Billingsley , H.S. 1963. Swimming and Diving. St Louis: The CV Mosby Company
Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka . Jakarta
Engkos Kosasih. 1985. Olahraga Teknik dan Program Latihan. Akademi Pressindo. Jakarta.
http://aadensanjaya.blogspot.com/2012/02/latihan kekuatan otot lengan.html
Nunung Setiawan. 2004. Korelasi Antara Kapasitas Vital Paru dan Prestasi Renang Gaya Bebas Pada Atlet PELATDA Jawa Tengah Tahun 2003.SKRIPSI. Universitas Negeri Semarang.
Pate, R.R; Mc Clenaghan , B; dan Rotella, R. 1984. Dasar-dasar Ilmiah Kepelatihan. Terjemahan Kasiyo Dwijowinoto. IKIP Semarang. Semarang.
Pearce, E.C . Anatomi dan fisiologi untuk paramedis. Terjemahan Kartono Mohamad. Gramedia. Jakarta.
Sadoso Sumosardjuno. 1986. Pengetahuan Praktis Kesehatan Dalam Olahraga. Gramedia. Jakarta
Sujarwadi, Cs, 2010. Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional. Jakarta.
Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung.
Sukintoko dan Sukarno.1983. Renang dan Metodik. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
Sutrisno Hadi. 2002. Statistik Jilid II Cetakan-17. Andi Offset: Yogyakarta
www.sarjanaku.com/2012/02/fisiologi kinestika.com.html
Published
2020-06-30
Abstract viewed = 177 times
PDF downloaded = 118 times