Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Pencak Silat Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Maluku Utara

  • Fauji Maradjabessy STKIP Kie Raha

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi program pembinaan prestasi cabang olahraga pencak silat di pusat pendidikan dan latihan olahraga pelajar (PPLP) Maluku Utara. Metode penelitian yang digunakan evaluasi program model CIPP (Context, Input, Process, Product). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data meliputi: (1) subyek penelitian (pengelola, pelatih, atlet, Lebaga Pelatih Pengprov IPSI, Binpres Pengprov IPSI, dan Binpres KONI Provinsi Maluku Utara); (2) obyek penelitian (tempat, sarana prasarana, kegiatan dan proses latihan); dan (3) dokumen. Hasil penelitian menunjukan (1) Context, program pembinaan konteksnya sangat jelas, memiliki  latarbelakang dan visi misi  pembinaan yang baik sebagai wadah pembinaan olahraga pelajar  dibidang akademik dan menciptakan atlet pelajar yang dapat berprestasi pada level nasional. (2) Input program pembinaan, perekrutan pelatih dalam ketegori baik karena melihat track record dan lisensi yang dimiliki pelatih serta perekrutan atlet sudah baik berdasarkan kriteria dari Dispora. Sarana prasarana masih kurang dan  sebagian dalam kondisi tidak dapat digunakan. Pendanaan PPLP seluruhnya dibiayai APBN, (3) Process pembinaan, proses latihan masih kurang baik, latihan belum sesuai dengan program latihan yang telah tersusun karena proses latihan terkendala sarana dan prasarana. (4) Product, hasil prestasi atlet pencak silat PPLP dalam kategori kurang karena mengalami penurunan dan belum mencapai target yang telah  ditetapkan.

Keywords: Pembinaan prestasi, Evaluasi, Pencak silat

References

_____________. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Cet. IX. Rineka Cipta

Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. 2010. Penyajian Data dan Informasi Statistik Keolahragaan Tahun 2010. Jakarta: KEMENPORA RI.

Kementrian Pemuda dan Olahraga. 2008. Data Informasi Prestasi PPLP Tahun 2008. Jakarta: KEMENPORA

_____________. 2009. Data Informasi Prestasi PPLP Tahun 2009. Jakarta: KEMENPORA

_____________. Data Informasi Prestasi PPLP Tahun 2010-2014 Prestasi dan Cabang Olahraga Unggulan. Jakarta: KEMENPORA

Lubis Johansyah & Yulinar. 2014. Penerapan Nilai-nilai Filosofi Pencak Silat terdapap Perubahan Perilaku Siswa Sekolah Dasar. Jurnal IPTEK Olahraga. Vol. 16. No 1. 106-108.

Lutan Rusli. 2013. Pedoman Perencanaan Pembinaan Olahraga. Bandung: Remaja Rosda Karya.

_____________. 2005. Teori Belajar Keterampilan Motorik, Konsep dan Penerapannya. Bandung: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia

Miles B. Matthew & Huberman Michael A. 1992. Analaisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.

Published
2020-06-30
Abstract viewed = 698 times
PDF downloaded = 770 times