Analisis Keterlaksanaan Pembelajaran Atletik di SD

Authors

  • Iqbal Bayu Kurniawan Universitas PGRI Semarang
  • Fajar Ari Widiyatmoko Universitas PGRI Semarang
  • Bertika Kusuma P Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpo.v15i5.3427

Keywords:

Analisis, Pembelajaran, Atletik

Abstract

Pendidikan atletik di sekolah dasar, khususnya di kelas lima, sangat penting untuk kemajuan motorik, pengkondisian fisik secara keseluruhan, dan budidaya sportivitas. Dalam dunia pendidikan pasti tidak asing dengan sebutan guru yang bertugas sebagai pendidik di sekolah. Guru berperan menyediakan layanan pendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan sehingga dapat menggali kemampuan peserta didik dengan hasil yang baik. Fasilitas olahraga di SD Negeri 02 Badak menjadi sorotan utama dalam analisis ini. Terbatasnya fasilitas yang memadai dapat berdampak pada aktivitas yang dapat dilakukan dan pada kualitas pembelajaran atletik itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan pembelajaran atletik di kelas V SD Negeri 02 Badak. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kelemahan dalam pelaksanaan pembelajaran atletik, mengevaluasi penggunaan fasilitas yang ada, serta mengumpulkan perspektif dari guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah keterbatasan sarana dan prasarana yang tersedia di lingkungan sekolah sebagai salah satu kendala utamanya. Meskipun menghadapi berbagai kendala, siswa tetap menunjukkan keterlibatan yang cukup aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran atletik di SD Negeri 02 Badak sudah terlaksana dengan baik, didukung dari hasil wawancara terdapat guru membawa RPP dan dapat mengelola kelas dengan baik.

References

Deefath, V., Azka, A., & Pojok, S. D. N. (2025). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan dan Sportivitas Peserta Didik Melalui Pembelajaran Atletik Berbasis Nilai Karakter Kelas 4 SD Negeri Pojok 2. Jurnal Sains Student Research, 3(3), 703–711.

Efendi, A., Ambia, F., Abidin, Z., Muhammadiyah, U., Aceh, M., & Kuala, U. S. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Lompat Tinggi. 11(2), 127–140.

Faisal Kusuma Hadi. (2019). Evaluasi Pembelajaran Penjasorkes SMP Negeri di Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olahraga), 4(1), 6–11. https://doi.org/10.36526/kejaora.v4i1.615

Fathi, M., & Hidayat, W. (2023). Analisis Risiko Curah Hujan Tinggi terhadap Kelangsungan Kegiatan Belajar dan Mengajar di MTs Hudatul Falah. AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(3), 223–235.

Firmansyah, M., Masrun, M., & Yudha S, I. D. K. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156–159. https://doi.org/10.29303/e-jep.v3i2.46

Hidayat, D. F. (2025). METODE MONTESSORI SEBAGAI PIJAKAN CALON PENDIDIK DI FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM HASANUDIN PARE KEDIRI DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BAGI PESERTA DIDIK. Junral Penelitian Pendidikan, 11(1), 59–72.

Hidayat, H., Hendrayana, Y., Paramitha, S. T., & Permadi, A. A. (2020). EVALUASI PEMBELAJARAN PENJAS (ANALISIS KETERLAKSANAAN PEMBELAJARAN RENANG DI MTs SEKECAMATAN LELES KABUPATEN GARUT). Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 103. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8463

Juni Ervina Sari, Yusra Dewi Siregar, & Yusniah Yusniah. (2024). Pemanfaatan Bahan Rujukan Sebagai Referensi Mahasiswa Semester Akhir Di Perpustakaan Universitas Labuhan Batu ( ULB ). Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(2), 270–282. https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i2.1645

Mahrus, M. (2021). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran dalam Sistem Pendidikan Nasional. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 41–80. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.59

Pambudi, M. I., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 110. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11906

Putri, A. A., Ridhwan, A. S. N., Zahra, F. R., Handayani, N. A., Maharani, N. F., Rahmadini, R., & Mulyana, A. (2024). Menumbuhkan Minat dan Keterampilan Berolahraga melalui Pembelajaran PJOK di Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2750–2762. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1161

Rifka Alkhilyatul Ma’rifat, I Made Suraharta, I. I. J. (2024). ANALYSIS OF STUDENTS’ LEARNING INTEREST IN LEARNING RUNNING MATERIALS SHORT DISTANCEFOR STUDENTS MAN 1 KOTA MAKASSAR. 2, 306–312.

Ruhansih, D. S. (2017). EFEKTIVITAS STRATEGI BIMBINGAN TEISTIK UNTUK PENGEMBANGAN RELIGIUSITAS REMAJA (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X SMA Nugraha Bandung Tahun Ajaran 2014/2015). QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Sunaryati, T., Laelly, T. A., Febriyanti, U., & Apriliani, F. (2024). Analisis Komprehensif Terhadap Jenis-Jenis Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar : Tinjauan Literatur. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(4), 13339–13354.

Syafi’i, M. I., Mubarok, R., & Yuliana, Y. (2024). Strategi Pembiasaan Akhlak Terpuji Melalui Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.47435/jpdk.v9i1.2612

Yuliani, W. (2018). METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641

Downloads

Published

2025-10-17