Analisis Minat Siswa terhadap Ekstrakulikuler di SMAN 2 Rembang

Authors

  • Ananda Saputri Universitas PGRI Semarang
  • Muh. Isna Nurdin Wibisana Universitas PGRI Semarang
  • Donny Anhar Fahmi Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpo.v15i5.3465

Keywords:

Minat Siswa, Ekstrakurikuler Olahraga

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat minat siswa kelas XI SMA N 2 Rembang dalam berpartisipasi pada kegiatan ekstrakurikuler olahraga serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi minat tersebut. Penelitian ini menerapkan pendekatan metode campuran (mixed methods) yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dengan menggunakan instrumen penelitian berupa alat bantu pengumpulan data. bantu berupa kuesioner dan wawancara untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler olahraga cukup tinggi, yaitu sebanyak 69,74% siswa memiliki minat tinggi hingga sangat tinggi. Faktor-faktor yang memotivasi siswa datang dari dalam diri mereka sendiri, seperti kesadaran akan manfaat olahraga bagi kesehatan, dan dari luar, seperti dukungan dari sekolah dan penghargaan yang diberikan. Namun, sekitar 30,26% siswa memiliki minat yang rendah karena ada beberapa kendala seperti waktu yang tidak cukup, fasilitas yang kurang memadai, dan kurangnya motivasi. Untuk meningkatkan partisipasi siswa, disarankan sekolah meningkatkan variasi jenis olahraga, memperbaiki fasilitas, menyesuaikan jadwal, serta memberikan dukungan lebih baik dari guru dan orang tua.

References

Akhyar, Y. (2024). Implimentasi Program Sekolah Ramah Anak di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(2), 155–168.

Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. At-Ta`Dib, 5(1), 28–45. https://doi.org/10.32832/at-tadib.v5i1.19598

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492

Eka P, D. (2021). METODE PENGUMPULAN DATA DAN INSTRUMEN PENELITIAN. 2(4), 1147–1152.

Ekalia, & Fahmi, D. A. (2025). Jurnal dunia pendidikan. 1729–1736.

Intan Oktaviani Agustina, Juliantika Juliantika, Selly Ade Saputri, & Syahla Rizkia Putri N. (2023). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Dalam Pembinaan Dan Pengembangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(4), 86–96. https://doi.org/10.55606/jubpi.v1i4.2001

Ishlah Rusman, N., & Ardiansyah, M. (2025). STUDI TENTANG PENGELOLAAN PROGRAM EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 22 MAKASSAR STUDY ON EXTRACURRICULAR MANAGEMENT PROGRAMS AT SENIOR HIGH SCHOOL 22 MAKASSAR. https://jicnusantara.com/index.php/jiic

Jurnal, J., Ilmu, T., Isna, M., & Wibisana, N. (2020). Analisis Indeks Kelelahan dan Daya Tahan Anaerobic Atlet Futsal SMA Institut Indonesia Semarang. 5, 140–144.

Mahputra, A., Wisnu, H., Jasmani, P., Rekreasi, D., & Keolahragaan, I. (2019). Rendahnya Minat Siswa Terhadap Ekstrakurikuler Olahraga Dalam PJOK IDENTIFIKASI PENYEBAB RENDAHNYA MINAT SISWA TERHADAP EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMAN 11 SURABAYA. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/issue/archive75

Maryanto, M., Budoyo, S., Sumardiyani, L., & Wibisana, M. I. N. (2024). Implementasi Kode Etik Guru untuk Meningkatkan Profesionalisme Pendidik. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 15(1), 194–200. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i1.18127

Mushofa, M., Hermina, D., & Huda, N. (2024). Memahami Populasi dan Sampel: Pilar Utama dalam Penelitian Kuantitatif. Jurnal Syntax Admiration, 5(12), 5937–5948. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i12.1992

Nurfebrianti, I. P., Ermawati, D., & Setiawan, D. (2022). Analisis Sikap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3353–3357. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.835

Nurul, A. G. (2020). Problematics of Development of Interest in Dance in Extracurricular Activities in Sma Negeri 1 Sendana Sulbar. 1–27. http://eprints.unm.ac.id/19206/%0Ahttp://eprints.unm.ac.id/19206/1/JURNAL ANDI NURUL GHURFA.pdf

Pangestu, B., Parwata, I. G. L. A., & Wijaya, M. A. (2021). Minat dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 63. https://doi.org/10.23887/ijst.v3i2.31937

Pradana, A. A. (2021). Strategi Pembentukan Karakter Siswa Pada Jenjang Pendidikan Dasar Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 78–93. https://doi.org/10.51675/jp.v3i1.128

Rivaldi, M. A., Nurudin, A. A., & Nugraheni, W. (2022). Survei Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal SMA Negeri Se-Kota Sukabumi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 498–504. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1963

Saputri, N., & Sa’adah, N. (2021). Pengembangan Minat dan Bakat Peserta Didik melaluiKegiatan Ekstrakurikuler. Taujihat : Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 125–141. https://doi.org/10.21093/tj.v2i2.4268

Sari, Y. Y., Dhitia Putri Ulfani, Muhammad Ramos, & Padli. (2024). Pentingnya Pendidikan Jasmani Olahraga Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(2), 478–488. https://doi.org/10.52060/pgsd.v6i2.1657

Sulfikram, S., Baderiah, B., Makmur, M., Jasmin, N., & Sanusi, S. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Kegiatan Extrakurikuler Rohani Islam di SMAN 2 Palopo. Jurnal Pendidikan Refleksi, 12(3), 161–170.

Yunis Bangun, S. (2016). PERAN PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA PADA LEMBAGA PENDIDIKANDI INDONESIA. VI. http://ojs.unm.ac.id/index.php/

Downloads

Published

2025-10-30