Pengaruh Latihan FITT Level Moderate untuk Motorik Kasar dan Halus pada Siswa Disabilitas

Authors

  • Eiodia Chandra Rohani Universitas PGRI Semarang
  • Muh. Isna Nurdin Wibisana Universitas PGRI Semarang
  • Galih Dwi Pradipta Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpo.v15i5.3524

Keywords:

FITT, Level Moderate, Motorik Kasar, Motorik Halus

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan keterampilan motorik bagi siswa penyandang disabilitas yang sering mengalami hambatan dalam aktivitas fisik sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program latihan FITT dengan level moderate terhadap peningkatan keterampilan motorik kasar dan halus pada siswa di SLB Dharma Mulia Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel terdiri dari 16 siswa (13 laki-laki dan 3 perempuan) dengan berbagai jenis disabilitas intelektual. Program latihan FITT dilaksanakan selama enam minggu dengan frekuensi dua kali per minggu. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan motorik kasar dan halus yang telah divalidasi oleh para ahli. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan motorik kasar (p < 0,05) setelah mengikuti program latihan. Demikian pula, keterampilan motorik halus mengalami peningkatan signifikan pada tangan kanan (p < 0,05) dan tangan kiri (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa latihan FITT dengan level moderate berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan motorik siswa disabilitas. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi guru pendidikan jasmani, pelatih, dan terapis dalam merancang program latihan adaptif yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik di sekolah luar biasa.

References

Firdaus, V. F., & Sidoarjo, U. M. (2019). Jurnal Fenomena 2018. January.

Irawan, J., Noval, W., Yuni Ambarsari, D., Shofika Wardani, F., Wijaya, E., Nuralim, P., Kirana Pratiwi, D., Nasuka, M., Fisioterapi, P., Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta, F., & korespondensi, P. (n.d.). Peningkatan Pengetahuan tentang Penerapan Frekuensi, Intensitas, Tipe, dan Waktu (FITT) dalam Olahraga Bersepeda pada Klub Gowes Puri Bolon Indah. Abdi Geomedisains, 2(1), 51–60. http://journals2.ums.ac.id/index.php/abdigeomedisains/[51]

Isna, M., Wibisana, N., & Royana, I. F. (2023). A Randomized Controlled Trial on the Effectiveness of FITT Principle In Increasing VO2 Max. Musamus Journal of Physical Education and Sport (MJPES) MJPES Musamus Journal of Physical Education and Sport, 6(1), 333–342. https://doi.org/10.35724/mjpes.v6i1.5786

Kresnapati, P., Fatkhu Royana, I., Hadi, H., & Wibisana, M. I. N. (2025). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF BAGI ABK TUNAGRAHITA DAN TUNARUNGU: STUDI DI SLB KARISIDENAN PEKALONGAN. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 6(2), 119–126. https://doi.org/10.53869/jpas.v6i2.343

Mulyana, D. (2017). Program latihan Koordinasi Sensomotorik Bagi Anak Usia Dini Dan Anak Berkebutuhan Khusus. Program Latihan Atlet, 1–155.

Nuraini, S., & Ilham, M. (n.d.). PENYULUHAN POLA HIDUP SEHAT DENGAN LATIHAN FISIK DI MASA PANDEMI COVID-19 BAGI MASYARAKAT DESA BOJONG KONENG, KABUPATEN BOGOR. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 2021). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm

Oleh, D., Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan, J., Negeri Yogyakarta, U., Kolombo No, J., & Yogyakarta, K. (2015). KEMAMPUAN MOTORIK KASAR DAN HALUS ANAK USIA 4-6 TAHUN Sujarwo dan Cukup Pahala Widi. Shaquila Awalia Fajri & Yudik Prasetyo Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(2), 96.

Ulfah, *, & Rizky, F. (2014). Indonesian Journal of Disability Studies Identifikasi Kebutuhan Siswa Penyandang Disabilitas Pasca Sekolah Menengah Atas.

Downloads

Published

2025-10-30