Pengembangan Model Variasi Latihan Roll Belakang Cabang Olahraga Senam Lantai untuk Meningkatkan Kemampuan Roll Belakang pada Peserta Club Persatuan Senam Indonesia Kota Bima

  • Rusdin Rusdin STKIP Taman Siswa Bima
  • Sri Yanti STKIP Taman Siswa Bima
  • Anhar Anhar STKIP Taman Siswa Bima
  • Al Furkan STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model latihan yang dibuat layak dipergunakan di dalam club dan untuk mengetahui hasil latihan pengembangan model variasi latihan roll belakang cabang olahraga senam lantai untuk meningkatkan kemampuan roll belakang pada peserta club persatuan senam Indonesia kota bima. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis data Kualitatif dan Kuantitatif. Langkah yang ditempuh dalam pengembangan ini terdiri dari analisis kebutuhan, perencanaan pengembangan, pembuatan produk awal, validasi produk, uji coba produk kelompok keci, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Uji coba penelitian dilakukan terhadap 10 peserta club persani. Hasil akhir dari penelitian pengembangan ini berupa model variasi latihan roll belakang untuk meningkatkan kemampuan roll belakang. adapun hasil yang diperoleh berdasarkan hasil analisis data yang menunjukan hasil presentase kelompok kecil 83,75% dan kelompok besar 89,16% yang dimana dari hasil tersebut menunjukan hasil yang sangat baik. Dari hasil penelitian tersebut dapa disimpulkan bahwa model variasi latihan roll belakang layak digunakan di club persatuan senam Indonesia (Persani) Kota Bima dengan presentase hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar meningkatUji coba kelompok kecil dilakukan kepada 4 peserta club persani dan uji coba kelompok besar dilakukan kepada 6 peserta club persani kota bima.

Keywords: Model Variasi Latihan, Roll Belakang dan Senam Lantai

References

Budiwanto, S. (2012). Metodologi Kepelatihan Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.
Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. 1989. Educational Research : An Introduction, Fourth Edition. New York: Longman
Kurniawan. (2012). Buku Pintar Olahraga . Jakarta: Laskar Aksara
Mahendra, A. (2001). Senam . Yogyakarta: FIK UNY
Mulyaningsih, F. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Untuk SD/MI kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementrian Pendidikan Nasioanl.
Muhajir, &. S. (2014). Buku Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Nurdini. (2013). Optimal Pelatihan Ketahanan Otot, Kelincahan Serta Keseimbangan Dalam Olahraga Senam Lantai untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kemampuan Melakukan Senam dengan baik dan benar pada Siswa Kelas X Semester II SMK Maospati Kabupaten Magetan. Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Published
2021-12-30
Abstract viewed = 28 times
PDF downloaded = 17 times