Komunikasi Interpersonal Pelatih Sepak Bola di Unit Kegiatan Mahasiswa Sepak Bola STKIP Taman Siswa Bima

  • Shutan Arie Shandi STKIP Taman Siswa Bima
  • Mulyadi Mulyadi STKIP Taman Siswa Bima
  • Furkan Furkan STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses komunikasi interpersonal ditinjau dari komunikasi verbal dan nonverbal pelatih sepak bola di UKM Sepak Bola STKIP Taman Siswa Bima. Subjek penelitian ini adalah atlet sepak bola yang ada di UKM Sepak Bola STKIP TAMAN SISWA BIMA. Objek penelitian ini berupa komunikasi verbal dan nonverbal pelatih dalam proses latihan. Setting penelitian mengambil tempat di UKM Sepak Bola STKIP Taman Siswa Bima. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan angket sebagai instrumen pengambilan data. Populasi penelitian adalah atlet UKM Sepak Bola STKIP Taman Siswa Bima yang berjumlah 60 atlet. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik isidental sampling yang teknik penentuan sampelnya berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti. Sampel yang saat itu ada berjumlah 30 atlet. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal pelatih sepak bola di UKM Sepak Bola STKIP Taman Siswa Bima pada kategori sangat rendah dengan persentase sebesar 13.33, kategori rendah dengan presentase sebesar 10, kategori cukup dengan presentase sebesar 23.33, kategori tinggi dengan presentase sebesar 26.67, kategori sangat tinggi dengan presentase sebesar 26.67. Berdasarkan nilai rata-rata komunikasi interpersonal pelatih sepak bola di UKM Sepak Bola STKIP Taman Siswa Bima berada pada kategori tinggi.

Keywords: Interpersonal Pelatih Sepak Bola, Unit Kegiatan Mahasiswa Sepak Bola

References

Agus M. Hardjana. (2003). Komunikasi Intrapersonal dan Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Kanisius.

Alex Sobur. (2009). Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Anas Sudijono. (2008). Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

____. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Anne Fox. (2009). Mengendalikan Konflik. Surabaya: Selasar Surabayan Publishing.

Arni Muhammad. (2005). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara. Deddy Mulyana. (2008). Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_____. (2010). Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Lailiyah Hidayati. (2010). Makna Komunikasi Nonverbal pada Anak Tunarungu. Madura: FISIB Universitas Trunojoyo.

Rosmawaty. (2010). Mengenal Ilmu Komunikasi. Bandung: Widya Padjadjaran.

Suranto Aw. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Published
2022-08-31
Abstract viewed = 36 times
PDF downloaded = 13 times