Efektifitas Pelaksanaan Gerakan Jamu Jati Kendi Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di SMA Negeri 1 Donggo

  • Nurul Kusumawardana SMA Negeri 1 Donggo
  • Sri Suryani SMA Negeri 1 Donggo
  • Makarau Makarau SMA Negeri 1 Donggo

Abstract

Profil pelajar pancasila merupakan gagasan yang dibuat untuk membentuk karakater pelajar yang dilandasi oleh nilai-nilai pancasila. Oleh karena itu, pelajar pancasila adalah peserta didik yang mampu menunjukkan kompetensi dan karakter sesuai nilai-nilai Pancasila. Itu artinya peserta didik di SMA Negeri 1 Donggo diharapkan mampu untuk mengembangkan keenam dimensi profil pelajar pancasila yang diantaranya Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia; kemandirian; kerjasama; keragaman global; penalaran kritis; dan kreativitas melalui gerakan jamu jati kendi. Pelaksanaan Gerakan Jamu Jati Kendi dalam mewujudkan profil pelajar pancasila di SMA Negeri 1 Donggo dinilai sudah efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pantauan bapak/ibu guru di SMA Negeri 1 Donggo melalui buku kasus, buku monitoring dan pelaksanaan tata tertib sekolah yaitu peserta didik SMA Negeri 1 Donggo berkomunikasi dengan teman sejawat maupun rekan guru menggunakan bahasa yang sopan dan santun, peserta didik mengerjakan sholat dzuhur bersama, mengikuti kegiatan jum’at ta’lim, selalu bertadarus Al Qur’an lima menit setiap pergantian jam pelajaran, mengikuti kegiatan rohanis islam, berdzikir dan mengikuti rangkaian kegiatan sabtu budaya ceria.

Keywords: Jamu Jati Kendi, Profil Pelajar Pancasila

References

Alfiyyah Nur Hasanah, & Ikin Asikin. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Hadits Riwayat Imam Ahmad No 11472 tentang Etika Menjaga Lisan. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 11472, 44–50. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i1.981
Dewantara, A. (2018). A. H. N. G. R. (indonesia D. K. S. (2018). Alangkah Hebatnya Negara Gotong Royong (indonesia Dalam Kacamata Soekarno). https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjWxrKeif7eAhVYfysKHcHWAOwQFjAAegQICRAC&url=https%3A%2F%2Fwww.ojk.go.id%2Fid%2Fkanal%2Fpasar-modal%2Fregulasi%2Fundang-undang%2FDocuments%2FPages%2Fundang-undang-nomo
Diana, R. R. (2015). Pengendalian Emosi Menurut Psikologi Islam. Unisia, 37(82), 41–47. https://doi.org/10.20885/unisia.vol.37.iss82.art5
Ismail, S., Suhana, S., & Yuliati Zakiah, Q. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388
Kadri, H. A. L. (2020). Strategic Planning in Developing the Quality of Educators and Education Personnel. 4(2), 324–346.
Prasetya, P. A. (2021). Pengamalan Karakter Pelajar Pancasila Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Kelas Xii Smk Pada Masa New Normal. DIDAXEI, 2(2), 270–282.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Sobarningsih, N., Sugilar, H., & Nurdiansyah, R. (2019). Analisis Implementasi Standar Proses Pembelajaran Guru Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.1054
Sujadi, I. (2022). Inovasi Pembelajaran Matematika yang Menguatkan Literasi dan Numerasi untuk Mendukung Profil Pelajar Pancasila. Prosiding Mahasaraswati Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 22(22), 1–13.
Sukarno, M. (2019). Penguatan pendidikan karakter dalam era masyarakat 5.0. PROSIDING SEMINAR, 32–37.
Sutarna, N. (2018). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasioanal PGSD UNIKAMA, 2, 58–65. https://semnas.unikama.ac.id/pgsd/artikel.php
Wulandari, A., & Suyadi, S. (2019). Pengembangan Emosi Positif Dalam Pendikan Islam Perspektif Neurosains. Tadrib, 5(1), 51–67. https://doi.org/10.19109/tadrib.v5i1.3016
Zainuddin. (2021). Konsep Pendidikan Budi Pekerti Perspektif Ki Hadjar Dewantara. Journal of Social Community, 6(1), 8–25.
Published
2022-12-30
Abstract viewed = 198 times
PDF downloaded = 143 times