Pengaruh Model Latihan Menggunakan Karet terhadap Kecepatan Tendangan Depan Atlet Perguruan Beladiri Pencak Silat Nurul Husna Indonesia

  • Anhar Anhar STKIP Taman Siswa Bima
  • Setiawan Bipa STKIP Taman Siswa Bima
  • Mulyadi Mulyadi STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model latihan menggunakan karet terhadap kecepatan tendangan depan atlet perguruan beladiri pencak silat Nurul Husna Indonesia Kota Bima. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen designs dengan bentuk one-group pre-test – post-test design dengan populasi sampel sebanyak 10 atlet. Pengumpulan data menggunakan test tendangan depan selama waktu 1 menit, pengukuran serta data dianalisis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa model latihan menggunakan karet berpengaruh terhadap hasil kecepatan tendangan depan, hal ini dapat terlihat dengan n = 10 dan taraf nyata 0,05 didapatkan nilai t hitung sebesar 21, 490 dan nilai t table sebesar 2,262. Dengan demikian Ha diterima, Ho ditolak. Artinya ada pengaruh yang signifikan pada model latihan menggunakan karet terhadap kecepatan tendangan depan atlet perguruan beladiri pencak silat Nurul Husna Indonesia Kota Bima. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model latihan menggunakan karet efektif dalam meningkatkan kecepatan tendangan depan pencak silat. Dari model latihan tersebut terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil kecepatan tendangan depan atlet perguruan beladiri pencak silat Nurul Husna Indonesia Kota Bima.

Keywords: Model Latihan Karet, Kecepatan Tendangan Depan, Pencak Silat

References

Arikunto, S. (2010). In Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT, Rineka Cipta.

Harsono. ((2018)). Latihan Kondisi Fisik Untuk Atlet Sehat Aktif. Bandung: PT. Remaja RosdaKarya.

Hasan Alwi, d. ((2008). Pencak Silat Jakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. Jakareta.

Lubis, J. ((2004). Pencak Silat Panduan Praktis. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Netra. ((2010). Statistik Iferensia. Surabaya: PT. Usaha Nasional.

Sumadi, S. (2008). Metode Penelitian/. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Published
2023-06-20
Abstract viewed = 148 times
PDF downloaded = 214 times