Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V di UPTD SD Negeri Tapos 5 Kota Depok
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang diterapkan dengan guru di UPTD SD Negeri Tapos 5 Kota Depok. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan secara bertahap melalui dua siklus. Setiap siklus dilakukan secara bertahap mulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan diakhiri dengan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 31 siswa yang memiliki karakteristik berbeda dengan jumlah siswa laki-laki 15 siswa dan perempuan 16 siswa. Tahapan dilakukan sesuai prosedur Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan rata-rata pada siklus I sebesar 79,68 dengan persentase peningkatan siklus II sebesar 75,94% menjadi 85,48 dengan persentase sebesar 83,80% dengan peningkatan sebesar 7,86% pada kategori "Sangat Baik". Berdasarkan temuan pada saat penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di UPTD SD Negeri Tapos 5 Kota Depok pada mata pelajaran IPA pada materi gerak hewan vertebrata dan invertebrata. Hasil tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi siswa dan menjadi wawasan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah.
References
A.M, Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Apitria Anggun Pradana. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning Pokok Bahasan Jarak, Waktu Dan Kecepatan Siswa Kelas V MI PSM 1 Baron. In e-ISSN:2807-8632 Published by :FakultasTarbiyah dan IlmuKeguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya (Vol. 3, Issue 1).
Arbainah, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pendidikan Agama Islam Di Smks Bebunga Estate. Prosiding Pendidikan Profesi Guru …, 3(65), 58–67. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/1242
Aris shoimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz media.
Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2), 5000–5015. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1232
Budiyanto, R. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Pada Siswa di X IPS 1 Semester I di SMAN 1 Tulungagung Tahun. 1(1), 24–40.
Faisal. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Ipa 2 Materi Beriman Kepada Kitab-Kitab Allah Di SMAN 4 Jeneponto. E-ISSN: 2807-8632. Published by : Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya, 3(1), 115–123.
Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2097–2107.
Marnawati, Munirah, Usman, Nonci, & M Hajir. (2023). Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Terjemahnya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 05(1), 1–9.
Pratama, G. H., Sugandi, A. I., & Yuliani, A. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Menggunakan LKS Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas VII SMP Negeri 1 Margaasih. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6 (1), 301-310., 6(1), 301–310. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.11619
Priyanti, A. (2022). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 58–64. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.408
Valen & Satria, T. G. (2023). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 1–10.
Wahyuni, A. P., Reyhan, A., Purba, A., & Harahap, R. C. (2023). Pengaruh Pengembangan Metode Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD 1 Mardiatul Islamiyah. 05(03), 8456–8464.
Wardhani Ikawati. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Project Based Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 186–193.
Yurnengsih. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Baset Learning ( PBL ) di Kelas IX . 4 SMPN 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1143–1149.
Copyright (c) 2023 Bima Journal of Elementary Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.