Efektivitas Penerapan Modul dan LKPD Berbasis HOTS dengan Model PBL pada Mata Pelajaran Ekonomi

Authors

  • Amriadi Amriadi Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Azis Universitas Negeri Makassar
  • Tuti Supatminingsih Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpi.v15i4.3513

Keywords:

Modul berbasis HOTS, LKPD, Problem Based Learning

Abstract

Rendahnya capaian peserta didik Indonesia dalam survei internasional seperti PISA mengindikasikan lemahnya keterampilan berpikir kritis, analitis, dan pemecahan masalah. Pada mata pelajaran ekonomi di tingkat Madrasah Aliyah, pembelajaran masih cenderung bersifat teoritis dan berpusat pada guru, sehingga peserta didik kurang mampu menghubungkan konsep dengan fenomena nyata. Pertanyaan utama yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan modul dan LKPD berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui model Problem Based Learning (PBL) efektif meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik. Penelitian ini menempatkan diri pada kajian inovasi pembelajaran yang mengintegrasikan desain bahan ajar berbasis HOTS dengan pendekatan PBL yang kontekstual, suatu kombinasi yang masih jarang dikaji dalam bidang ekonomi di madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen sederhana dengan desain One Group Pretest–Posttest. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas XI MA Arifah Gowa. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon peserta didik serta respon guru. Analisis data dilakukan dengan uji paired sample t-test, perhitungan N-Gain, dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan hasil belajar dengan rata-rata N-Gain 0,58 kategori sedang, keterlaksanaan pembelajaran sangat baik, serta respon peserta didik positif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi modul dan LKPD berbasis HOTS melalui PBL efektif menjadikan pembelajaran ekonomi lebih bermakna dan relevan dengan kehidupan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alayubi, Muh. A., Sappaile, B. I., & Upu, H. (2024). Development of Mathematics Literacy Teaching Module with Problem-Based Learning (PBL) Learning Model. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 14(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v14i2.28072

Alfi Mubarok, M. S., Rohmah, U. S., Wijayanti, A., Nurhalimah, S., Anggraini, R., & Dewanti, S. S. (2024). Analisis Kelayakan LKPD Berbasis HOTS untuk Memfasilitasi Peserta Didik pada Materi SPLDV. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 667–684. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.1980

Amalina, I. K., & Vidákovich, T. (2023). Development and differences in mathematical problem-solving skills: A cross-sectional study of differences in demographic backgrounds. Heliyon, 9(5). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e16366

Anggriani, R., Hakim, A. R., & Hairunisa, H. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Literasi Numerasi Menggunakan Model PjBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik Kelas V SDN Inpres Muku. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 101–110. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.438

Boom-Cárcamo, E., Buelvas-Gutiérrez, L., Acosta-Oñate, L., & Boom-Cárcamo, D. (2024). Gamification and problem-based learning (PBL): Development of creativity in the teaching-learning process of mathematics in university students. Thinking Skills and Creativity, 53. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101614

Maslihah, S., Waluya, S. B., Rochmad, Kartono, Karomah, N., & Iqbal, K. (2021). Increasing mathematical literacy ability and learning independence through problem-based learning model with realistic mathematic education approach. Journal of Physics: Conference Series, 1918(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1918/4/042123

Meriza, D., Hiltrimartin, C., & Hartono, Y. (2024). Development of Problem Based Differentiated Learning Comparison Materials in Junior High School. Mathematics Education Journal, 18(3), 447–468. https://doi.org/10.22342/jpm.v18i3.pp447-468

Miftah, R. N., & Setyaningsih, R. (2022). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PADA MATERI GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2199. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5780

Nasir, N. (2021). Description of the Importance of Culturing Mathematics Literature in Learning to Develop High-Level Thinking Skills.

Nasution, N. S., Halomoan Siregar, B., Matematika, P., Matematika, /, Matematika, F., Alam, I. P., & Medan, U. N. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI TINGKAT ADVERSITY QUOTIENT (AQ).

Sappaile, B. I., Nisak, S. K., Afandi, A., Anshoriyah, S., & Mardiati, M. (2024). Enhancing Critical Thinking Skills in Mathematics Education: Integrating Problem-Based Learning in Seconday Schools. International Journal of Educational Research Excellence (IJERE), 3(2), 731–737. https://doi.org/10.55299/ijere.v3i2.1085

Soraya, R., & Pamungkas, A. (2024). Training on Strengthening Literacy and Numeracy in the Learning Process For Teachers of SD Negeri 04 Kelapa Tujuh North Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Eksakta, 5, 2024–2025. https://doi.org/10.37638/PadamuNegeri.5.1.607

Susanti, E., Wulandari, T., Hapizah, Indaryanti, Isrok’atun, & Simarmata, R. H. (2025). Digital-Worksheets Based Creative Problem Solving to Support Students Mathematical Thinking for Audio-Visual Students. Mathematics Education Journal, 19(1), 23–46. https://doi.org/10.22342/jpm.v19i1.pp23-46

Syafruddin, I. S., Khaerunnisa, E., & Rafianti, I. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Mendukung Kemampuan Literasi Matematis pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3214–3227. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1727

Upu, H., Minggi, I., Juhari, A., & Syam, S. (2024). Pengembangan Modul Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika. In Indonesian Journal of Social and Educational Studies (Vol. 5, Issue 2).

Downloads

Published

2025-10-30