Analisis Bibliometrik Tren Pendekatan STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan Abad ke-21 Siswa SMP Materi Bioteknologi di Indonesia

  • Azmy Natarra Dinanti Universitas Negeri Surabaya
  • Hasan Subekti Universitas Negeri Surabaya
  • Dhita Ayu Permata Sari Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren pendekatan STEAM untuk meningkatkan keterampilan abad ke 21 siswa SMP pada meteri bioteknologi. Database yang digunakan merupakan Google Schooler melalui aplikasi Publish or Perish dengan rentang tahun 2019-2024 diperoleh sebanyak 131 artikel riset. Berdasarkan tahun riset, tahun 2023 merupakan tahun paling produktif, sumber yang paling banyak yaitu repository.uinjkt.ac.id dengan publisher paling aktif yaitu digilib.unila.ac.id. Melalui aplikasi VOSviewer idapatkan hasil item biotechnology, challange, high school, problem, review, science, critical thinking skill, life merupakan tren yang paling tinggi diantara yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pemetaan, Tren, Bioteknologi

References

Dewanti, Y. R., Sitanggang, D. H., Farida, K., Setiabudi, A., Ferdinansyah, M., & Fadli, A. (2023). Motivasi Remaja Unggulan Di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 (Bersama SMA Tunas Markatin). Abdimas Awang Long, 6(1), 7-13.

Effendy, F., Gaffar, V., Hurriyati, R., & Hendrayati, H. (2021). Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Penggunaan Pembayaran Seluler Dengan Vosviewer. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 16(1). https://doi.org/10.35969/interkom.v16i1.92

Fatmah, H. (2021). Kreativitas Peserta didik Dalam Pembelajaran Bioteknologi Dengan PJBL Berbasis STEAM. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5 (1), 7–14.

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran STEAM Berbasis PJBL (Project-Based Learning) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis. Jurnal Inspiratif Pendidikan, X(1).

Hanifah, S., Abdillah, T. D. F., & Wachyudi, K. (2022). Analisis Bibliometrik Dalam Mencari Research Gap Menggunakan Aplikasi VOSviewer Dan Aplikasi Publish or Perish. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(7).

Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.18592/ptk.v9i1.9290

Karim, A. (2021). Analisis bibliometrik menggunakan VOSviewer terhadap trend riset matematika terapan di Google Scholar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 23-33.

Karim, A. (2022). Analisis Bibliometrik Menggunakan Vosviewer Terhadap Trend Riset Matematika Terapan Di Google Scholar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2). https://doi.org/10.21009/jrpmj.v3i2.22264

Kean Hin, K., Mohammad Yasin, R., & Amin, L. (2019). Teaching & learning of 21st century biotechnology in secondary school additional science. Researchgate, 64(3).

Lestari, W. Y., & Purnamasari, S. (2023). Analisis Bibliometrik Tentang Tren Penelitian Peta Konsep dalam Pembelajaran Sains menggunakan Vosviewer. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 818-825.

Lestari, W. Y., & Shinta Purnamasari. (2023). Analisis Bibliometrik Tentang Tren Penelitian Peta Konsep dalam Pembelajaran Sains menggunakan Vosviewer. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3). https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1162

Lestary, V. S., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2023). Analisis bibliometrik: fokus penelitian problem based learnig dalam pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1), 120-125.

Puspita, Y., Fitriani, Y., Astuti, S., & Novianti, S. (n.d.). SELAMAT TINGGAL REVOLUSI INDUSTRI 4.0, SELAMAT DATANG REVOLUSI INDUSTRI 5.0.Rafika, A. S., Putri, H. Y., & Widiarti, F. D. (2017). ANALISIS MESIN PENCARIAN GOOGLE SCHOLAR SEBAGAI SUMBER BARU UNTUK KUTIPAN. Journal CERITA, 3(2). https://doi.org/10.33050/cerita.v3i2.657

Utami, S. B., & Karlina, N. (2022). Analisis Bibliometrik: Perkembangan penelitian dan publikasi mengenai koordinasi program menggunakan VOSviewer. Jurnal Pustaka Budaya, 9(1), 1-8.

Yasin, R. M., Amin, L., & Hin, K. K. (2018). Teaching and learning of 21st century biotechnology in secondary school additional science. Teaching Science, 64(3), 27-36.

Yopy Ratna Dewanti, Dingot Hamonangan Sitanggang, Kania Farida, Arifin Setiabudi, M. Ferdinansyah, & Ahmad Fadli. (2023). Motivasi Remaja Unggulan Di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 (Bersama SMA Tunas Markatin). Abdimas Awang Long, 6(1). https://doi.org/10.56301/awal.v6i1.660

Zubaidah, Siti. (2019). STEAM (science, technology, engineering, arts, and mathematics): Pembelajaran untuk memberdayakan keterampilan abad ke-21 [STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Learning to Empower 21st Century Skills]. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September.

Published
2025-06-01
How to Cite
Dinanti, A. N., Subekti, H., & Sari, D. A. P. (2025). Analisis Bibliometrik Tren Pendekatan STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan Abad ke-21 Siswa SMP Materi Bioteknologi di Indonesia. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(2), 418-424. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.1563
Abstract viewed = 33 times
PDF downloaded = 35 times